Beijing Subway
Beijing Subway

Jika kamu berkunjung ke Beijing yang merupakan ibukota negara tirai bambu, kamu tidak boleh melewatkan kesempatan belanja disini. Saya pernah tinggal di Beijing selama kurang lebih 6 bulan, dan inilah tempat belanja favorit saya selama di Beijing.

1. Xidan Shopping Center

Xidan Shopping Center ini ada subway nya sendiri, yang bernama Xidan Station. Xidan Station terletak di Line 1 (warna merah) dan Line 4 (warna biru muda).

Di Xidan ini ada 2 macam pusat perbelanjaan, ada Xidan murah dan ada Xidan mahal. Ketika kamu keluar dari subway Xidan, di sebelah kiri mu adalah Xidan mahal, sedangkan sebelah kanan adalah Xidan murah. Lihat saja kalau ada brand Zara dkk, itu berarti Xidan mahal. Sebaliknya, Xidan murah terlihat seperti Mangga Dua. Saya pernah belanja baju di Xidan murah. Penawaran harga awalnya tidak terlalu tinggi, jadi kita nawarnya juga lebih enak. Bisa ditawar sampai setengah atau lebih dari harga awal. Misalnya, dia bilang harga baju itu 200 kuai. Kita bisa tawar 50-100 kuai.

2. Silk Market

Silk Market ini juga ada stasiun subway nya, yang bernama Yong’anli 永安里. Yonganli Station terletak di Line 1 (warna merah).

Silk Market merupakan pusat perbelanjaan yang sangat terkenal bagi para turis mancanegara. Saat saya kesana, hampir semua pembeli adalah orang asing. Penjual nya pun bisa berbahasa Inggris. Disini juga kemampuan tawar menawarmu akan terlatih, mengapa? karena penawaran harga awalnya yang sangaaatt tinggi dan kita harus menawarnya serendaaah mungkin. Bayangkan, dari 1000++ kuai sampai 100-200 kuai.

Awalnya, si penjual bilang harganya 1300 kuai. Waktu itu pertama kali saya kesana diajak oleh sepupu saya yang sedang sekolah di Beijing. Ia pun mengajarkan saya cara belanja di Silk Market ini. Ia menawar dari harga 50 kuai. Lalu tawar menawar terus sampai beberapa lama, dan akhirnya terjadi kesepakatan harga di 200 kuai. Capek sih, tapi seru juga. Satu tips lagi, si penjual akan lebih mau menjual harga murah kalau kita bisa tawar dalam bahasa Mandarin. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk belajar bahasa tawar menawar dulu yaa 😀

Silk Market inilah tempat favorit saya untuk belanja. Walaupun harus tawar-tawaran cukup lama dan terbilang mahal, tapi saya menyukai model baju nya yang bervariasi. Disini juga ada tas, dompet, sepatu, dsb yang semuanya branded super KW. Mangga dua banget deh, tapi lebih gila nawarnya disini. LOL

3. Wudaokou Clothing Market

Wudaokou merupakan suatu daerah di Beijing yang terkenal dengan orang Korea nya. Banyak orang Korea disini, banyak juga toko-toko dan restoran Korea. Kalau di Jakarta, mungkin bisa dibilang Senopati. Di Wudaokou, ada satu pusat belanja fashion yang terkenal, kebanyakan sih korean fashion. Wudaokou ada stasiun subway nya sendiri, yang bernama Wudaokou Station, berada di Line 13 (warna orange). Kalau mau ke pusat belanja nya itu, harus naik bus dulu dari depan stasiunnya. Lalu sekitar 2-3 stop sampai di pusat belanja ini.

Belanja di wudaokou shichang ini juga enak, seperti di Xidan, penawaran harga awalnya tidak terlalu tinggi tidak seperti di Silk Market. Begitu saya masuk sini, saya merasa ingin mencoba baju-baju di setiap toko. Lucuuu lucuuu bajunya. Korea abis deh. Bagi kalian yang suka korean fashion, inilah tempatnya untuk berburu baju-baju korea.

4. Tianyi Wholesale Market

Tianyi bisa dijangkau dengan naik subway maupun bus. Saya sih dulu lebih sering naik bus hehe. Kalau subway, turunnya di Fuchengmen Station, Line 2 (warna biru).

Tianyi adalah surga bagi kalian pecinta pernak pernik lucu. Saya sering belanja untuk oleh-oleh disini. Murah, berkualitas, dan banyak variasi nya.

Tianyi Market with Christmas Decoration
Tianyi Market at Night

Empat tempat belanja diatas adalah favorit saya. Xidan, tempat belanja fashion favorit kalau lagi males nawar. Silk Market, tempat belanja fashion terfavorit. Wudaokou, tempat belanja favorit untuk korean fashion. Tianyi, tempat belanja favorit untuk pernak pernik lucu.

Sebetulnya masih ada lagi beberapa pusat perbelanjaan di Beijing, seperti Wangfujing, Sanlitun, Qianmen, Dongwuyuan Shichang (Zoo Market), dll. Tapi setiap orang punya selera belanja nya masing-masing. Saya sudah share tempat belanja favorit saya di Beijing. Bagaimana dengan kamu? 🙂

1 COMMENT

  1. ci… boleh minta kontak personal nya ga, buat tanya2 uhuhuhuh…
    soalnya desember besok aku ke beijing + harbin sendirian (solo travel) hahaha…

    xie xie,
    dysta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here