Dengan persiapan yang seadanya, kami pergi ke Harbin dari Beijing menggunakan bullet train. Harbin merupakan kota kecil di China. Tempat wisatanya pun tidak banyak, yang menarik dari kota ini ialah Harbin Ice and Snow Festival nya dan Snow Sculpture nya di Sun Island. Harbin adalah kota yang wajib dikunjungi saat winter ketika berada di China. Oleh karena itu kami memutuskan pergi dari tanggal 16 Januari 2015-19 Januari 2015, 4 hari 3 malam di Harbin.

Saat di Beijing, kami sudah prepare perlengkapan musim dingin untuk di Harbin. Kami juga sudah tau tempat-tempat yang akan kami kunjungi selama di Harbin, namun belum menyusun jadwalnya. Rencananya mau susun di kereta, tapi tidak satu pun dari kami yang membawa bolpoin/pensil. Jadi akhirnya kami putuskan untuk let it flow saja saat di Harbin sana. Penginapan juga sebetulnya sudah di booking melalui Ctrip.com. Kami memilih penginapan yang bisa bayar cash langsung di tempat, jadi tak perlu deposit atau jaminan kartu kredit. Tapi ternyata ada waktu terakhir kapan harus check-in nya. Sedangkan kami pasti sampai Harbin itu telat dari waktu yang ditentukan. Jadi, penginapan yang sudah kami booking itu pun harus di cancel. Dan waktu itu solusinya cuma kepikiran naik taxi saja untuk mencari penginapan saat kami tiba di Harbin nanti. Kami memang awalnya rencana untuk naik taxi selama di Harbin.

Begitu sampai di stasiun kereta Harbin sekitar pk23.00, kami bertemu dengan Travel Agent lokal yang ada di stasiun kereta tersebut. Alhasil mereka menawarkan jasa supir dan mobil untuk membantu kami mencari hotel pada malam itu. Kami pun mengiyakan penawaran jasa itu, karena sudah larut malam juga, kami khawatir akan sulit mendapat hotel dengan argo yang sudah pasti jalan terus. Lagipula supir dan travel agent nya terlihat meyakinkan dan bisa dipercaya. Namun saat itu kami masih belum mengiyakan akan menggunakan jasa mereka untuk hari-hari selanjutnya. Kami pun tawar-tawaran harga di mobil sama supir yang merangkap jadi local guide itu. Kami akhirnya mendapat harga 200-250RMB/day (atau sekitar Rp400.000-500.000/hari), entah benar atau tidak katanya sih itu harga termurah selama sejarah Travel Agent tersebut. Awalnya si supir kesannya agak “ngamuk” ketika saya bilang mau harga segitu. Tapi saya terus mengeluarkan jurus-jurus andalan, seperti “我们是学生嘛!我们没有那么多钱” yang artinya “kami itu pelajar, tidak punya banyak duit”. Akhirnya si supir menelepon bos nya saat kami sudah di hotel, entah ada angin apa si bos nya mengiyakan harga tersebut. Si supir juga sampai geleng-geleng kepala, tidak menyangka bos nya akan mengiyakan penawaran harga kami itu. Akhirnya kami memutuskan untuk menyewa supir beserta mobil nya untuk 2 hari ke depan. Karena di hari terakhir itu kami mau mencoba jalan-jalan sendiri, naik taxi di Harbin. Tempat wisata yang ingin kami kunjungi itu kami beritahukan ke si supir, sehingga ia bisa menyusun itinerary nya.

Malam itu, kami menginap di Yanda Hotel 燕达宾馆. Hotelnya itu hotel bintang 2 atau 3. Harganya cukup murah, sekitar 100-200RMB (atau sekitar Rp200.000-Rp400.000) untuk single room yang berisi 2 orang. Toiletnya juga bersih. Baca review nya di Ctrip.com dalam bahasa Mandarin http://hotels.ctrip.com/hotel/777873.html

Bedroom in Yanda Hotel
Fasilitas TV
Toilet in Yanda Hotel
Room Rate Yanda Hotel
Yanda Hotel 燕达宾馆

Itulah hari pertama kami di Harbin. Berikut jadwal perjalanan kami selama 3 hari selanjutnya di Harbin:

Hari kedua, 17 Januari 2015:

Main ski di Yufeng Ski Resort
– Mengunjungi Harbin Ice and Snow Festival di malam hari

Hari ketiga, 18 Januari 2015:

– Winter activities, seperti naik kuda dan ‘boat’ diatas salju, dll.
– Mengunjungi Sun Island International Snow Sculpture
– Menonton pertunjukan Beluga dan Anjing Laut di Harbin Polarland
– Mengunjungi Russian Village
– Numpang Foto di St.Sophia Church
– Jalan Jalan Malam ke Zhongyang Dajie, atau Zhongyang Street

Hari keempat, 19 Januari 2015:

– Makan Siang di Robot Restaurant
– Balik ke Beijing

Baca selengkapnya di 6 Hal yang Harus Dilakukan Di Harbin.

10 COMMENTS

    • Hai Hilda,
      Kalau diliat dari peta sih, kira-kira 384 meter dari Yanda Hotel ke terminal bus. Kayaknya sih agak jauh juga yaa. Aku waktu itu dianterin sama supir sih, jadi kurang tau juga deket apa gak nya sama bus atau stasiun mrt :))

  1. Hi Mbak Jean

    Kalau boleh tau kira kira habis berapa untuk 4 hari 3 malam all in di harbin.
    kalau tidak keberatan.

    oh ya bulet train ke beijing kira kira brapa ya mbak

    • Halo Giovanni,
      Kalau ke ski resort sih setau aku ga ada tiket masuknya. Bayarnya untuk main ski nya aja, biasanya per jam gitu. Tiap ski resort beda2 harganya, tergantung kamu mau main ski di ski resort mana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here