Transportasi di Beijing sangat nyaman dan murah. Untuk transportasi di dalam kota Beijing, ada 3 jenis transportasi umum yang dipakai yaitu bus, subway, dan taxi. Sedangkan transportasi pribadi juga ada, seperti sepeda gowes, sepeda listrik, dan mobil. Motornya sih jarang banget, bahkan mungkin tidak ada. Sepeda nya juga bisa kita sewa. Bahkan Beijing menyediakan fasilitas tempat parkir sepeda. Tarifnya 5 yuan per jam.

1. Bus

Beijing Bus

Tarif bus di kota Beijing saat ini ialah 2RMB(atau sekitar Rp4.000) untuk jarak 10km pertama, dan 1RMB untuk setiap 5km selanjutnya. Padahal dulu saat saya masih di Beijing tahun 2014, tarif awalnya ialah 1RMB. Sejak 2015, ada tarif baru dalam transportasi di Beijing.

Kamu bisa pakai cash atau bisa juga pakai kartu. Lebih baik sih pakai kartu, karena kartu ini multifungsi bisa dipakai untuk naik subway juga. Kalau cash, kamu bisa masukin ke kotak uang yang ada di depan, dekat supir. Atau bisa juga kasih langsung ke petugas bus yang biasa nongkrong di dekat pintu masuk bus yang di tengah. Kalau pakai kartu, kamu harus tap kartu saat kamu masuk bus, dan saat kamu keluar dari bus.

Supir Bus, tempat menaruh uang bus, dan mesin tap kartu yikatong
Yikatong
Yikatong

Kartu yang saya maksud diatas ialah Beijing Transportation Smart Card atau bisa juga dibilang Beijing Municipal Administration Traffic Card. Dalam bahasa Mandarin disebut Yikatong 一卡通, bisa dibeli di stasiun subway Beijing.

Bus di Beijing sih kebanyakan 2 tingkat, namun ada juga yang cuma 1. Saya sih demen banget naik bus di Beijing. Nyaman banget. Di bus nya juga ada tulisan kita sudah sampai mana, lalu next stop nya dimana. Bahkan sampai ada suara nya, jika sudah mau sampai ke suatu stop. Ada bahasa Mandarin dan bahasa Inggris nya.

Inside the bus

Bus di Beijing ini banyak nomornya. Kalau kita mau ke suatu tempat, kita harus tau rute bus ini kemana aja. Jangan sampai kita salah naik bus. Di halte bus nya tertulis dalam bahasa Mandarin rute bus yang lewat situ. Sayangnya tidak ada bahasa Inggris. Satu-satunya cara ialah cek lewat Baidu Maps. Baidu Maps kasih tau kita jika kita mau ke suatu tempat, kalau naik bus itu naik bus berapa, turun dimana, kalau transit juga kita selanjutnya naik bus berapa lagi. Itu semua lengkap. Gak perlu takut nyasar. Atau kamu juga bisa cek langsung di website nya Beijing Bus http://www.bjbus.com

2. Subway (Ditie 地铁)

Subway di China juga nyaman banget. Tapi subway cukup memusingkan juga pada awalnya, karena ada banyak exit. Di dalam Subway nya ada keterangannya sih sebetulnya, kalau exit A keluarnya dimana, exit B keluarnya dimana, dst. Saya sarankan sih, kamu browsing dulu di exit manakah tempat tujuan kamu itu. Jadi kamu gak usah bingung-bingung lagi cari exit nya.

Tarif nya saat ini naik dari 2RMB ke 4RMB, berlaku mulai dari 2015. Kita bisa pakai kartu sekali pakai atau kartu Yitongka. Sama seperti bus, kamu harus tap kartu nya saat kamu masuk dan setelah kamu keluar dari Subway.

Layar yang menunjukan keterangan mengenai kereta, waktu kedatangan kereta berikutnya

Untuk lihat peta Beijing, saya sarankan untuk memakai aplikasi Beijing Subway Map di handphone kamu. Kamu bisa install Explore Beijing Subway Map. Sangat mudah digunakan, dan useful juga.

Beijing Subway Map
Beijing Subway Map

Cara baca rute subway ini sebenarnya mudah. Lihat saja ada beberapa Line yang ditandai dengan berbagai macam warna. Line 1 (warna merah), Line 4 (warna biru muda), Line 2 (warna biru tua), dst. Kalau posisi kita berada di Line 4, saya ambil contoh Beijing Zoo (Dongwuyuan 动物园) Station, lalu kita mau ke Tiananmen East yang berada di Line 1. Caranya tinggal naik subway ke Line 1, transit di Xidan, lalu naik lagi ke Tiananmen East. Atau cara mudahnya, kamu cek di aplikasi Map nya, rute mana yang tercepat sampai ke stasiun Tiananmen East. Mungkin dia bilang kamu harus transit di Line 2 ke Xizhimen dan Fuxingmen, lalu sampai ke Tiananmen East.

Kamu juga bisa cek di website Beijing Subway nya langsung http://www.bjsubway.com

3. Taxi

Di Beijing ada banyak taxi, mulai dari taxi asli sampai taxi gelap. Tarifnya mulai dari 10RMB dan bertambah 2,4RMB per km setelah 5km. Tapi kalau taxi gelap, kita harus menawar harganya. Kita juga bisa memesan taxi online. Biasanya saya menggunakan Baidu Maps untuk memesan taxi. Jadi ketika kita mau pergi subuh-subuh, kita pasti bisa mendapatkan taxi.

25 COMMENTS

  1. Kalau beli simcard yang paling bagus apa ya untuk internet and ,apa diairport bisa beli? *Mau solo soalnya* 😀

    • Hai Tonny.
      Itu ga semua pake bahasa China kok. Kalau yang Beijing Subway ada yang bahasa Inggris nya, kalau kamu buka dibagian pojok kanan atas ada tulisan “English”.
      http://www.bjsubway.com/en/
      Kalau mau naik bus emang agak susah karena pake bahasa China. Bisa sih pake Google Maps, tapi harus install dan aktifin dulu VPN dari Indonesia.

  2. hi jeane salam kenal ya mungkin bisa dibantu. aku mau tanya nih klo dari bandara ke daerah dongsi kita ber 5 lebih hemat naik taxi atau naik airport express ya? thx

  3. Hi Jeane, mau nanya kalo di Shanghai kan ada Nanjing Road yang menjadi pusat keramaian turis yang datang ke Shanghai buat shopping dan jalan-jalan, atau Bukit Bintang di Kuala Lumpur, nah kalo di Beijing kawasan yang seperti Nanjing Road itu namanya apa yah? Trusss jika setiba di bandara Beijing, bisa beli kartu Yitongka dimana yah? Jika naik train dari bandara maka turunnya nanti di station apa? Tx.

  4. Hay jen, salam kenal :))
    November nanti aku akan tiba d beijing pukul 2 dini hari, apakah memungkinkan klo aku ingin naik MRT ke salintun?
    Dan apakah beijing akan sangat dingin di pertengahan november?

    • Hi Raisa, salam kenal juga 🙂
      Kalau udah subuh gitu, lebih baik naik taxi sih. Tapi ada biaya tambahan kalau sudah midnight.
      Pertengahan November biasanya udah dingin, bisa sampai minus juga.

  5. Hai Jeane, salam kenal
    Saya & istri rencana ke Beijing & Shanghai, April 2019. Karena masih awam, butuh panduan nih 😀
    – Area yang strategis untuk menginap (buat cari makan & jalan2 ke GreatWall, Shilinxia Resort dll)
    – Transportasi dari Beijing ke Shanghai

    Thanks yah

    • Hi Simon, salam kenal jg 🙂
      Untuk penginapan aku rekomen daerah Xidan. Xidan juga emg tempat shopping, oke buat cari makan dan shopping. Dan letaknya emang di tengah2 kota juga, jd gampang kemana2. Lalu untuk transportasi dari Beijing ke Shanghai naik high speed train aja, bisa booking online di ctrip.com

  6. Hai jeane…salam kenal ya☺
    Saya dan teman kantor ( kita berempat) akan ke beijing jumat tgl 16 nov sampe airport jam 07.30 pagi ..rencananya check in dulu di hotel di donghua market setelah itu mau ke mesjid nuijie..lebih bagus naik taksi ato subway ..trus kalo subway naik dr titk mana berhenti dimana yg terdekat, kalo naik bus dah pasti susah karena gk ada englishnya kan..
    Thanks ya..

    • Hi Fahmi,
      Kalau aku bantu cek di internet, donghua market itu maksudnya donghuamen night market kah? kalau iya, stasiun subway terdekat nya di Wangfujing. Dari situ ke Niujie Mosque, bisa naik subway dari Wangfujing turun di Caishikou Station, transit dulu di Xidan.

  7. Hai Jeane, thanks sharingnya.
    Saya transit dari sore jam 18 dan terbang lagi besoknya jam 15.
    Kalau jalan malam setelah landing bagusnya kemana ya?
    Kalau besok paginya ingin ke great wall, bagusnya pakai taksi atau sewa mobil dan berapa biayanya? Karena kayaknya kalau angkutan umum nggak ngejar & ribet bawa-bawa koper.
    Thanks ya

    • Hii Djono,
      Kalau jalan-jalan malam enaknya sih ke night market gitu ya. Ada di Wangfujing, Qianmen, dsb.
      Kalau besok paginya sih aku rasa better sewa mobil setengah hari. Harganya aku juga kurang tau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here