Setelah sebelum nya saya membahas mengenai Transportasi di Dalam Kota Beijing, sekarang saya ingin menjelaskan mengenai apa saja transportasi dari Beijing ke luar kota atau luar negeri, begitu pula sebaliknya.

1. Pesawat

Beijing mempunyai bandara International yang bernama Beijing Capital International Airport. Bandara ini mempunyai 3 terminal utama. Katanya sih terminal ketiga itu merupakan “The Second Largest Airport Terminal in The World” setelah Terminal 3 nya Dubai International Airport.

Terminal 3 Beijing Capital International Airport
A Model of Armilliary Sphere in Terminal 3 Beijing Capital International Airport
Take the Train to T3D (Domestic) or T3E (International) Departure

Pada saat itu, saya memakai Cathay Pacific untuk penerbangan dari Beijing-Jakarta. Namun transit dulu di Hongkong. Kalau mau yang direct, kamu bisa naik Garuda Indonesia, yaitu sekitar 7 jam perjalanan.

2. Kereta

China Bullet Train

Kereta di China itu ada banyak macamnya, di klasifikasikan berdasarkan kecepatan dan layanan yang ditandai dengan label nomor dan huruf yang berbeda. Kita bisa milih mau kereta yang huruf depannya G, D, C, Z, T, K, atau bahkan ada juga yang hanya nomor saja tidak ada huruf nya. Nah, yang namanya High Speed Train/Bullet Train itu yang huruf depannya G, D, dan C. Tapi yang paling bagus dan paling cepat ialah G, atau yang biasa disebut Gaotie 高铁. Gaotie ini yang menghubungkan kota-kota besar di China, misalnya Beijing-Shanghai, Beijing-Xian, dll. Kalau kereta D, lebih lambat dari G dan lebih murah juga tapi sama-sama termasuk kereta cepat.

Anyway FYI, saat ini sedang berlangsung proyek High Speed Train dari Jakarta ke Bandung kan.. Nah, China Railway Corporation akan membangun kereta jenis Gaotie ini. Semoga bisa selesai pada 2019 mendatang.

Beijing Railway Station

Stasiun kereta di Beijing sendiri ada 4 stasiun, yaitu Beijing Railway Station, Beijing West Railway Station, Beijing South Railway Station, dan Beijing North Railway Station. Pastikan kamu akan berangkat/tiba di stasiun kereta yang mana ya, karena tempatnya beda-beda. Kalau kamu dari Beijing mau ke Shanghai, pasti kamu perginya lewat Beijing South Railway Station, karena secara logika juga Shanghai terletak di sebelah selatan nya Beijing.

3. Bus Antar Kota

Dari Beijing-Harbin, Beijing-Tianjin, dst, selain dapat ditempuh dengan menggunakan kereta, bisa juga dengan menggunakan bus. Katanya sih harga bus nya ini cukup mahal. Oleh karena itu, biasanya orang akan menggunakan kereta untuk berpergian dari/ke Beijing. Saya sendiri juga belum pernah menggunakan bus antar kota ini.

14 COMMENTS

  1. Halo mau tanya dong, kl dr beijing ke hongkong yg paling murah itu naik apa ya? Atau negara lain yg terdekat dan murah ongkosnya dr beijing kira-kira apa? Aku mau ke tianjin 5 minggu tp visa ku double entry, jd agak bingung hrs ke negara mana buat extend visa otomatis. Thank you

    • Hi Aulia,
      Kalau dari Beijing ke Hongkong sih aku saranin naik pesawat aja. Coba aja cari2 tiket promo nya biar lebih murah hehe. Kalau mau ke negara lain yang dekat dari Beijing sih, Korea ya. Cek tiket nya di skyscanner.com.

  2. Hallo Sist,
    Maj tanya, sy mau ke Beijing tgl 11 Okt besok, pswt sy dr Shanghai Pudong, dan waktu tiba di Beijing kl naik bullet train jam 22.30. Sy takut miss last subway, kl naik taxi dr Beijing south railway station ke Dongshi aman ga ya? Taxi yg pakai argo letaknya disblh mana & harganya kira2 brp.

  3. Sis mau tanya..KLo dari shenzhen ke Harbin ga ada kereta langsung ya?Saya harus naik kereta dari mana ya spy tidak kelamaan djalan dan dpt menghemat waktu?Makasi sis

  4. sis nanya dong,
    aku sudah pesan tiket pp jkt – beijing – jkt, tapi aku lupa kl aku bakal visit ke shanghai (secara bakal 15 hari di china, sayang kl cuma beijing saja.
    berhubung aku sudah beli tiket pp, bantu saran dong lebih hemat mana tuker jadwal penerbangan atau bolak balik beijing – shanghai?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here