Ketika mencari penginapan di Taipei, kebanyakan orang termasuk saya ingin menginap di daerah ramai seperti Ximending. Awalnya kami mencari penginapan di airbnb, tapi ternyata airbnb juga harganya 11 12 sama hotel. Harga penginapan di Taipei emang rata-rata sih mahal juga. Awalnya budget penginapan kami ialah 100-200rb/orang/malam. Akhirnya kami coba browsing-browsing, dan nemu beberapa pilihan hostel yang review nya bagus, bersih, lokasinya strategis, dan harganya oke.

Setelah perdebatan panjang lebar, akhirnya kami memutuskan untuk menginap di Meander Hostel. Walaupun harganya menurut saya terbilang lumayan mahal, yaitu 300rb/malam/orang, tapi ini hostel yang udah paling oke dibanding yang lain. Kami pun memesan nya langsung via website nya.

Sebelum Hari H

Meander Hostel

Kami dari awal udah bilang kalau kami akan ke Taichung 2 hari 1 malam. Apakah boleh kalau koper kami dititip di lobby hostel nya, karena kami akan balik menginap di Meander Hostel lagi sepulangnya dari Taichung. Mereka pun mengijinkan kami melakukannya. Jadi saat ke Taichung itu, kami hanya membawa tas kecil saja untuk menginap 1 malam disana. Koper kami yang gede itu ditaro di lobby hostel.

Kami memesan 1 kamar mixed dorm isi 4 orang dengan shared bathroom, pas buat kami yang memang berempat. Kami diharuskan membayar DP dengan mata uang USD, yang kalau di rupiahin itu sekitar 368rban/orang. Sisanya akan dibayar saat disana memakai NTD, yang kalau di rupiahin itu sekitar 2jtan/orang. Jadi total biaya kami menginap di Meander Hostel selama 8 malam ialah sekitar 2.368.000. Kalau dibulatkan ke 2.400.000 totalnya, ya jadi kira-kira sekitar 300rb/orang/malam.

Check-in Hostel

Lobby Meander Hostel

Saat hari H, kami sampai di Meander itu sudah malam sekitar pk11.30. Karena kami sudah bilang juga sebelumnya kalau kami akan sampai larut malam, jadi staff Meander nya sudah menyiapkan kunci di depan hostel nya untuk kami. Kami pun kemudian late check-in. Disini tidak boleh bawa sepatu ke kamar, dan harus diganti dengan sendal yang disiapkan oleh Meander nya. Jadi di lobby ada shoe cabinet gitu.

Ketika check-in sudah selesai, kami diajak “tur keliling” sebentar oleh staff Meander nya. Kamar kami ternyata ada di lt 4, dan harus pakai tangga. Untung kami berempat terdiri dari 2 cewe dan 2 cowo. Jadi cowo-cowo itu yang bantu angkat semua koper kami. Kami akhirnya sampai di lt 4. Ternyata ini modelnya mirip kos-kosan gitu. Kami pun masuk ke dalam kamar kami, beberes sebentar, dan kemudian pergi lagi untuk menikmati Taipei malam hari.

Pros & Cons

Taipei Map at Lobby Meander Hostel

Karena kami menginap disini selama 8 malam di Taipei, kami jadi merasa ini seperti rumah kami sendiri selama berada di Taipei. Berikut pros dan cons menginap di Meander Hostel Taipei.

Pros

Our room at Meander Hostel

1. Kamarnya luas, bersih, bagus, dan nyaman. Ranjang nya juga lumayan gede. Kasur nya juga empuk. Ada Universal power plug adapter juga, jadi tidak perlu bawa plug adapter lagi dari Indo. Disediakan loker juga untuk masing-masing orang. Ada wifi dan AC juga disini.

Room Facilities

2. Walaupun kamar mandi luar, tapi kamar mandi nya bersih dan bagus. Ada hot water nya juga. Di kamar mandi disediakan hair dryer, cotton buds, tissue, dan yang paling saya suka itu full dengan kaca. Jadi gampang kalau mau dandan 😛

Shared Bathroom

3. Lokasinya strategis karena berada di dekat MRT Ximen Station. Jalan kaki sekitar 10 menit dari MRT Ximen Station exit 6. Persis di seberang hostel ini ada restoran hotpot yang terkenal juga dan selalu ramai, bernama “Yaxiang Stone Huoguo 雅香石頭火鍋”. Ada juga restoran dekat hostel untuk breakfast yang enak banget dan recommended bernama “麦而美”.

Ximen Station Exit 6

4. Staff nya baik dan ramah. Kami cukup sering mengobrol dengan staff nya Meander untuk nanya-nanya seputar Taipei. Orang Taiwan yang kami temui kebanyakan sih memang baik dan ramah-ramah semua. Bahasa Inggris mereka juga bagus 🙂

Common Area Meander Hostel

5. Suasananya enak buat nongkrong-nongkrong dan kenalan sama turis lain. Di lantai 1 deket lobby nya itu ada common area. Disitu kita bisa main games, nonton TV, sambil duduk-duduk di kursi atau sofa. Turis yang sering kami liat sih kebanyakan bule-bule gitu. Ada 1 bule yang kami sempat ngobrol saat breakfast. Seru denger cerita perjalanan si bule itu di Taiwan. Dia juga yang merekomendasikan restoran untuk breakfast “麦而美” itu.

Foto-foto ala kadar nya 😛

6. Interior nya lucu, kebanyakan dari kayu-kayu gitu. Bisa buat background foto-foto OOTD. Tapi sayangnya kami malah tidak banyak foto-foto di Meander nya.

Cons

1. Tidak ada elevator. Jadi agak susah aja bawa naik turun koper nya, apalagi kalau koper nya berat.

2. Walaupun kamar nya modern dan bagus, namun sebenarnya bangunannya itu sendiri sudah tua.

Pros nya lebih banyak dari pada Cons nya. Kesimpulannya, Meander Hostel ini saya rekomendasikan sebagai penginapan yang oke di Ximending, Taipei. Menurut saya dengan harga Rp300.000 per malam per orang itu sebanding dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here