Bagi kamu yang mau jalan-jalan di Perancis sendirian, tanpa Tour&Travel, dan kalau kamu mau naik kereta dari satu kota ke kota lainnya, kamu pasti harus mengurus tiket kereta nya sendirian. Nah berikut ini tips dan cara mendapat tiket kereta murah di Perancis.

Kereta di Perancis itu dioperasikan oleh SNCF. Tiket kereta bisa dibeli mulai dari 90 hari sebelum keberangkatan. Untuk membeli tiket kereta di Perancis, kamu bisa membelinya dari website Trainline, Raileurope, atau Voyages SNCF. Saya sarankan untuk membeli tiket dari Voyages SNCF, karena Voyages SNCF itu ialah website resmi dari SNCF nya. Harga yang ditawarkan Trainline kurang lebih sama dengan Voyages SNCF, tapi yang saya tidak suka dari Trainline ialah dalam satu kali booking cuma bisa untuk 5 orang. Kalau mau tambah orang lagi bisa sih, tinggal “Add to Cart” aja, tapi jadinya beda kode booking. Menurut saya sih agak ribet ya. Tapi enaknya, kalau Trainline itu cara pembayarannya bisa menggunakan Paypal, tidak hanya Kartu Kredit. Kalau Voyages SNCF hanya bisa menerima kartu kredit yang ada 3D Secure Payment nya.

Lalu kalau Raileurope itu karena travel agent, jadi dia harganya lebih mahal. Di bagian checkout nya juga jadi ada “biaya Booking” segala. Oh ya, Raileurope ini ada versi untuk negara ASEAN nya juga. Kalau kamu lebih memilih untuk beli tiket di Raileurope ASEAN, silahkan cek disini ya.

Di Perancis itu ada kereta cepat, ada juga kereta biasa. Kalau kereta cepat biasanya hanya melayani rute dari/ke kota besar di Perancis. Kalau kereta biasa itu melayani rute ke kota kecil di Perancis. Kereta biasa ini namanya TER, dioperasikan oleh SNCF juga. Kalau kereta api super cepat di Perancis ada 3 macam: TGV, iDTGV, dan Ouigo. Perbedaannya terletak di harga dan rute. Harga yang paling mahal ialah TGV. Sedangkan iDTGV dan Ouigo harganya lebih murah daripada TGV. Padahal sama-sama kereta cepat juga. Ouigo biasanya dibandrol seharga 10 Euro sekali jalan. Kalau TGV itu harganya sekitar 25 Euro sekali jalan. Karena iDTGV dan Ouigo ini harganya murah, jadi kalau beli tiket nya mepet-mepet hari H pasti jadi lebih mahal jatohnya. Jadi ini tips, kalau mau beli tiket kereta iDTGV atau Ouigo murah harus jauh-jauh hari belinya. Tiket kereta iDTGV atau Ouigo juga hanya bisa dibeli online.

Rute yang ditawarkan TGV biasanya dari kota besar ke kota besar lainnya. Ouigo juga sama seperti TGV, melayani rute dari kota besar ke kota besar lainnya, tapi yang membedakan ialah lokasi stasiunnya berbeda dengan TGV. Stasiun kereta Ouigo biasanya terletak di pinggiran kota, kalau stasiun kereta TGV itu di dalam pusat kota nya. Sedangkan iDTGV itu hanya melayani rute dari Paris ke sebelah selatan Perancis, atau sebaliknya. Cek disini untuk mengetahui rute iDTGV.

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, saya menyarankan untuk membeli tiket kereta langsung dari website resmi SNCF nya, yaitu Voyages SNCF. Kalau mau tiket kereta yang murah, tentu harus dari website resmi nya dan dalam bahasa aslinya yaitu French. Ya, di website Voyages SNCF itu kita bisa memilih Country nya, kalau pilih negara selain France, misalnya “Europe (other countries)”, bahasanya pun berubah menjadi English. Tapi harga tiket kereta dan cara mendapat tiket nya ikut berubah loh. Oleh karena itu, saya sarankan pilih yang France saja, walaupun harus menggunakan bahasa Perancis. Karena kalau kita pilih France itu anggapannya mereka sedang menjual tiket kereta untuk orang lokal Perancis, jadi harganya lebih murah gitu. Tapi tiket murah di Voyages SNCF France ini cepat habis juga, jadi begitu ada tiket murah harus langsung dibeli, kalau tidak tiket murah nya bisa keburu abis dan harganya jadi naik lagi.

Jadi ceritanya, waktu itu saya mau beli tiket kereta TGV Paris – Bordeaux, saya cek di Voyages SNCF yang France harganya lebih murah daripada Voyages SNCF yang Europe (other countries). Karena waktu itu masih ragu mau beli tiket kereta ini apa tidak, jadi saya menunggu beberapa hari. Eh ternyata saat saya sudah yakin mau beli, harga tiket di Voyages SNCF France malah naik dan harganya jadi sama saja dengan yang Europe (other countries). Akhirnya saya pun beli tiket nya melalui Voyages SNCF yang Europe (other countries).

Pengalaman selanjutnya ialah waktu saya mau beli tiket kereta TER Bordeaux St.Jean – St.Foy La Grande, seperti biasa saya cek di Voyages SNCF yang France, dan harganya lebih murah daripada Voyages SNCF yang Europe (other countries). Kali ini saya mendapat pengalaman yang berbeda dari sebelumnya, yaitu cara mendapat tiket kereta nya berbeda. Mungkin ini kasusnya karena saya beli tiket kereta TER. Kalau yang Europe (other countries), cara mendapat tiket nya itu tidak ada pilihan yang “Print at Home”. Paling cuma bisa yang “Collection From an Automatic Ticket Machine”, dengan catatan harus menunjukan kartu kredit secara fisik saat di stasiun kereta nya nanti, dan pastikan di stasiun kereta nya ada Automatic Ticket Machine. Karena saya tidak mau ribet lagi saat di stasiun kereta nya, saya hanya mau yang bisa “Print at Home”. Untungnya saat saya cek di Voyages SNCF yang France itu ada pilihan “Print at Home”. Setelah beli tiket kereta di Voyages SNCF yang France, saya pun menerima email konfirmasi dari Voyages SNCF nya. Disitu ada link untuk mendapat e-ticket nya. Kata kuncinya “Billet Imprimer”. E-ticket ini bisa diprint, bisa juga di download di HP.

Harga dan Cara Pembayaran Tiket Kereta melalui voyages-sncf.com

Tapi untuk rute ke kota besar, Voyages SNCF yang Europe (other countries) ini cara mendapat tiket nya ada yang “Print at Home” juga sih. Sepertinya ini tergantung rute dan jenis kereta nya juga. Saat saya beli tiket melalui Voyages SNCF yang Europe (other countries) dari Paris-Bordeaux itu, saya dapat e-ticket nya melalui email.

Pertanyaan selanjutnya ialah “Bagaimana cara membeli tiket kereta dalam bahasa Perancis kalau kita tidak bisa berbahasa Perancis?” Ini persoalan mudah, cukup kira-kira saja harus memasukkan data apa, misalnya First Name, Last Name, Date of Birth, etc. Kalau bingung tinggal Google Translate saja 😀

Oh ya, kalau kamu berusia 12-25 tahun terkadang ada potongan harga untuk tiket kereta nya. Bagi yang berusia 60 tahun keatas juga terkadang ada potongan harganya. Bahkan ada juga dijual kartu diskon gitu, berlaku untuk 1 tahun. Cek disini untuk mengetahui ada kartu diskon apa saja. Tapi bagi saya yang jalan-jalan di Perancis nya cuma beberapa hari, ini tidak berguna sih buat saya. Menurut saya, tiket diskon seperti itu akan sangat berguna jika kamu tinggal di Perancis untuk jangka waktu yang lama.

4 COMMENTS

  1. Hi Mbak Jeane,

    Salam kenal mbak, saya Gunawan….
    Mohon info donk mbak… kalau naik kereta Api dari Toulouse-paris PP beli tiketnya bisa go show tidak mbak? terimakasih sebelumnya mbak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here