Membuat Visa Korea Selatan sebetulnya cukup mudah, asal semua dokumennya lengkap. Untuk membuat visa Korea Selatan, kita harus menyiapkan beberapa dokumen untuk diserahkan ke Kedutaan Korea nya. Visa Korea juga ada banyak macam nya. Kalau kamu ke Korea itu untuk jalan-jalan doang, itu artinya kamu pilih Visa Kunjungan Wisata dan Wisata Keluarga (C-3-9).

Sesuai dengan yang di tulis di official website nya Kedutaan Besar Korea untuk Indonesia, dokumen yang diperlukan untuk Visa Kunjungan Wisata dan Wisata Keluarga (C-3-9) ialah sbb:

  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  • Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto)
  • Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
  • Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja
  • Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
  • Fotokopi Bukti Keuangan:
    * Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21)
    * Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank

    ** Untuk tipe visa C-3 Multiple silahkan untuk melihat persyaratan Multiple Visa
    ** Jika berstatus mahasiswa harus melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua
    ** Ibu rumah tangga dan yang masih belum memiliki pekerjaan/penghasilan harus melampirkan bukti keuangan suami atau keluarga
    ** Bagi pengusaha yang ingin mengajak serta asisten rumah tangga, harus melampirkan surat sponsor dari Employernya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan)
    ** Dokumen yang telah dilampirkan jika dianggap masih belum lengkap oleh Consul maka pihak Kedubes Korea berhak untuk meminta tambahan dokumen

Nah, tipe visa juga bermacam-macam. Ada yang Single Visa, ada Multiple Visa, dan ada juga Double Visa. Single Visa itu artinya kamu bisa masuk ke negara itu cuma 1x saja dalam jangka waktu tertentu. Kalau Multiple Visa itu artinya kamu bisa masuk ke negara itu berkali-kali (tak ada batasan) dalam jangka waktu tertentu. Kalau Double Visa artinya kamu bisa masuk ke negara itu 2x saja dalam jangka waktu tertentu. Berikut biaya Visa nya sesuai dengan tipe visa:

  • Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) : Rp. 544.000,-
  • Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari) : Rp. 816.000,-
  • Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun) : Rp. 1.224.000,-
  • Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) : Rp. 952.000,-

Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea.

Kalau kamu cuma jalan-jalan saja di Korea selama kurang dari 90 hari, berarti kamu pilih yang Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) yang biayanya ialah Rp544.000.

Dari dokumen diatas terlihat ada Formulir Aplikasi Visa. Formulir bisa di download langsung di website nya Kedutaan Korea. Link nya silahkan lihat disini.

Lama proses pembuatan Visa ini yaitu minimal 4 hari kerja dihitung satu hari setelah hari penyerahan dokumen (Proses bisa lebih dari 4 hari kerja jika dokumen dianggap belum lengkap dan interview jika dibutuhkan). Setelah visa sudah di tempel di Passport kamu, masa berlaku Visa ini ialah 90 hari. Jika dalam 90 hari visa nya belum digunakan, maka visa dianggap hangus. Maka dari itu, kalau mau buat Visa Korea minimal 90 hari sebelum hari keberangkatan.

Waktu itu saya berangkat ke Korea nya bulan Oktober 2016. Jadi buat visa nya sekitar bulan Agustus 2016. Saat Agustus 2016 lalu itu saya menyiapkan semua dokumen yang diperlukan, yaitu Passport Asli dan Fotokopi nya, Formulir Aplikasi Visa yang telah diisi, Kartu Keluarga, Fotokopi Bukti Keuangan (Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank).

Karena saat itu saya status nya sebagai Freelance, saya tidak mempunyai SPT PPH-21. Untuk memastikan, saya pun menelepon langsung ke Kedutaan Korea bagian Visa nya. Saya bilang saya tidak punya SPT dan NPWP karena saya ini Freelance. Lalu dia bilang saya harus membuat Tourist Visa Application Letter yang ditujukan kepada Kedutaan Korea bagian Visa yang menyatakan bahwa saya tidak mempunyai SPT dan NPWP. Saya juga berjanji tidak akan mencari pekerjaan atau tinggal permanen di Korea, saya akan pulang ke Indonesia setelah liburan selesai. Selain itu, anggota keluarga yang tidak ikut pergi ke Korea juga harus membuat Statement Letter yang menjamin bahwa saya ini tidak akan macam-macam di Korea, bahwa saya akan pulang ke Indonesia setelah liburan selesai. Dalam hal ini, saya meminta bantuan Ibu saya untuk membuat Statement Letter ini.

Sebagai dokumen tambahan, saya juga melampirkan Fotokopi ID Card/KTP, Bukti Pemesanan Penginapan, Tiket Pesawat, dan Itinerary.  Sebenarnya sih untuk visa Korea, kita tidak perlu melampirkan itinerary, tiket pesawat, dan bukti pemesanan penginapan. Kalau visa Eropa sih wajib ya. Tapi karena teman seperjalanan saya menyarankan untuk melampirkan dokumen tambahan tersebut, saya pun ikutan melampirkan dokumen tambahan itu.

Setelah semua dokumen saya siapkan, saya pun ke Kedutaan Korea bagian Visa yang beralamat di Jl. Jendral Gatot Subroto Kav.57 Jakarta, untuk mengajukan permohonan visa Korea ini. Pengajuan Aplikasi Visa dimulai dari pk09.00 – 11.30 WIB. Saya pun datang ke Kedutaan Korea bagian Visa sekitar pk09.30. Waktu itu saya ditemani oleh seorang teman seperjalanan saya juga. Walaupun masih pagi, saya melihat sudah ada beberapa orang yang datang untuk mengajukan visa.

Setelah menunggu beberapa saat, tibalah saatnya saya dan teman saya yang menyerahkan dokumen-dokumen tersebut. Saat itu saya agak tegang-tegang sedikit karena petugas yang mengecek dokumen saya itu nanya beberapa pertanyaan, seperti pekerjaan saya itu apa, dan lain sebagainya. Sementara teman saya ini tidak ditanyai pertanyaan. Setelah itu, kami pun harus membayar biaya pengajuan visa sebesar Rp544.000. Ini dibayarkan harus secara cash atau tunai. Akhirnya kami pun menerima sebuah Tanda Terima. Tanda Terima ini harus kami pegang selama proses pembuatan visa. Jadi saat pengambilan passport nanti, kami harus membawa tanda terima ini.

Sebagai informasi, selama proses pembuatan visa ini paspor tidak boleh dipinjam. Lama proses pembuatan Visa ini minimal 4 hari kerja. Waktu itu kami mengajukan aplikasi visa nya tanggal 12 Agustus 2016, karena kepentok sama Hari Kemerdekaannya Korsel (15 Agustus) dan Hari Kemerdekaannya Indonesia (17 Agustus), jadi harusnya status aplikasi visa kami sudah bisa keluar di tanggal 22 Agustus 2016. Tapi anehnya pas tanggal 22 Agustus 2016, saya cek status aplikasi nya itu masih Pending.

Oh ya, untuk cek status aplikasi Visa Korea itu bisa di cek disini ya. Cukup masukan nomor Aplikasi atau nomor Receipt atau nomor Passport (untuk gampangnya sih masukin aja nomor Passport), nama yang tertera di Passport (biasanya sih ini kebalik namanya, Last Name dulu baru First Name), dan tanggal lahir. Lalu klik tombol Search. Nah, ketauan deh status aplikasi visa kamu itu sudah di approve, di tolak, apa masih pending.

Waktu itu karena status aplikasi saya masih Pending, saya langsung menelepon ke Kedutaan Korea bagian Visa untuk memastikan status aplikasi saya itu. Ternyata dia bilang, dokumen saya belum sempat di cek. Tapi dia janji hari itu juga, status nya sudah bisa dipastikan. Nah, lain hal nya dengan teman saya. Pihak kedutaannya bilang kalau dokumen teman saya itu masih ada yang kurang, jadi harus dilengkapi lagi. Teman saya ini tidak menyertakan Surat Keterangan Kerja. Jadi teman saya harus balik lagi ke Kedutaan Korea bagian Visa untuk menyerahkan Surat Keterangan Kerja nya dia.

Untungnya saya sih tidak ada masalah. Beberapa jam setelah saya menelepon, status aplikasi visa saya sudah di Approve 😀 Saat itu karena saya berhalangan hadir saat pengambilan Passport di Kedutaan Korea, Papa saya lah yang mewakili saya untuk pengambilan Passport ini. Saya pun memberikan Tanda Terima tersebut ke Papa saya untuk ia bawa ke Kedutaan Korea. Sebagai informasi, pengambilan Visa dimulai pk13.30 – 16.30.

Karena ada teman saya yang statusnya masih Pending, akhirnya Tanda Terima tersebut dibalikin lagi oleh petugas Kedutaannya. Jadi nanti teman saya harus bawa Tanda Terima tersebut setelah status aplikasi nya sudah di approved. Papa saya pun pulang dengan membawa Tanda Terima dan Passport saya yang di dalamnya sudah ditempel Visa Korea 😀

Setelah teman saya menyerahkan Surat Keterangan Kerja itu status nya langsung berubah yang tadinya Pending menjadi Approved. Dia pun kemudian balik lagi ke Kedutaan untuk menyerahkan Tanda Terima tersebut dan mengambil Passport nya yang sudah ada Visa Korea nya.

Akhirnya visa kami sudah ditangan. Itu artinya kami hanya tinggal menunggu hari H keberangkatan. Segala macam persiapan pun sudah kami lakukan. Baca persiapan kami selengkapnya ke Korea Selatan, disini.

112 COMMENTS

  1. Sore mba.. boleh dikirimkan g surat tidak punya spt itu yg d tujukan kekedubes bagian visa sama statement letterny? Makasi

  2. Halo Jeane.. Thank God banget ketemu blogpost ini.. karena lagi bingung banget karena status kerjanya juga lagi freelance.. boleh minta contoh surat Tourist Visa Application Letter (yang ditulis sendiri) dan Statement letter (dari ibu) ? Sama mau tanya di form aplikasi visanya dipilih yang self-employed atau unemployed ya? Thank youuuu 🙂

    • Halo cici! Udah aku sent ya ke email. Silahkan di cek 🙂
      Terus untuk di form aplikasi visanya, waktu itu sih aku pilih yang self-employed. Pas serahin dokumen ke kedutaannya sempet ditanyain self-employed nya ngapain, terus aku jawab aja Freelance. Gitu aja sih hehehe, ga di tanya apa2 lagi.

      • Hello jeane…aq rncna mw liburan k korea….tpi aq bingung mw buat statement letter orang tua to kelengkpan visaq…n ap prlu jga buat statment letter pribadi…bole kah aq minta cnthnya…dan aq bingung ap hrs booking penginapan trs…sdgkn d form kn d minta tempat tinggal qita d sna…klo tdk melmpirkan ap tdk ap2…trma kasih dan mohon bantuannya

  3. Hy sis.. Bole mnt tourist visa application letter nya tdk pnya spt sm statement letter yg ditndtgni ibu sis? Thanks 🙂 rencana bulan 10 ini saya jg mau pigi ke korea. Moga moga visa nya keluar.

  4. Kak Jeane, boleh minta contoh surat yg menyatakan freelancer dan belum ada spt nya kah? trims kak… aku kemarin email ke gmail nya kaka ^^

  5. Ci…
    Blh mnt tourist visa application letter nya yg tdk pnya spt sm statement letter?
    Thank you so much ci..ak mau ajuin awal sept ini..

  6. Hallo Ci, Aq bole minta tourist visa application letter dan statement letter nya ci?
    Aq rencana Sept awal ni mau ajuin visa koreanya.. 🙂 Thankyou ya 🙂

  7. Dear Jeane, wah seneng banget baca blogpost kamu banyak ngebantu aku yang mau apply visa Korea bulan ini, aku freelancer juga hehe jadi agak bingung2 siapin dokumennya. Boleh minta di-email jugakah tourist visa application letter dan statement letter dari ortu nya?
    Thank you 🙂

  8. hallo, boleh infoin saya Tourist Visa Application Letter untuk yg tidak punya SPT sperti apa ? lalu untuk di lampirkan pada saat pengajuan visa kan ? thankss

  9. halo mba boleh minta dikirimkan Tourist Visa Application Letter juga ? karena aku kebetulan tidak punya spt dan akan ke korea november ini, terimakasih banyak 🙂

  10. Hallo Jeane, terima kasih ya tulisan kamu sangat membantu saya. Btw, apa saya noleh minta di email juga tourist visa application letter dan statement letter dari ortu nya?
    Thanks before Jeane 😊

  11. hi, kak jeane, saya ada rencana mau ke korea juga dan saya pergi tidak ikut tour
    , tapi saya juga kerjaan freelance, katanya harus ada pph n spt, npwp gitu tapi saya tidak punya.
    jadi boleh minta kakak kirimkan tourist visa application letter dan statement letter nya kak?
    dan kak, mau nanya juga.. kerja freelance kan gak ada slip gaji, jadi gimana itu ya?. thanks ya

    • Halo Aulia,
      Contoh surat nya sudah aku kirim ke email ya.
      Iya, karena freelance jadi tidak butuh surat sponsor. Terserah kamu dibiayai oleh siapa, bisa orangtua bisa oleh diri kamu sendiri. Kalau aku waktu itu dibiayai oleh diri sendiri 🙂

  12. Your comment is awaiting moderation
    hi, kak jeane, saya ada rencana mau ke korea juga dan saya pergi tidak ikut tour
    , tapi saya juga kerjaan freelance, katanya harus ada pph n spt, npwp gitu tapi saya tidak punya.
    jadi boleh minta kakak kirimkan tourist visa application letter dan statement letter nya kak?
    dan kak, mau nanya juga.. kerja freelance kan gak ada slip gaji, jadi gimana itu ya?. thanks ya

  13. Halo say bisa minta dikirimkan contoh tourist visa application letter nya ga? Statement letternya jg klu boleh,,Terimakasih 😊

  14. Halo Ci Jeane! Thank you so much for writing this, informatif sekali tulisannya, apalagi bagi orang yang baru mau coba-coba traveling (aku salah satunya, hehe). Kebetulan aku juga berencana untuk traveling ke Korea, dan lagi cukup khawatir karena statusku saat ini seorang freelancer. Bolehkah aku minta dikirimkan contoh Surat Pernyataan Freelance melalui email? Terima kasih banyak ya sebelumnyaa 🙂

  15. Hay kak Janne,
    Kebetulan aku lg mau apply visa korsel, berangkat tgl 17 januari 2018.
    Ada beberapa hal yg pengen aku tanya kak:
    1. Kalo pengajuan visa apakah dapat diwakilkan? Karena aku tinggal sulawesi
    2. Pengajuan visa bisa h-20 sebelum tgl keberangkatan? Atau itu sudah mepet?
    3. Kalau misalnya pengajuan visa ditolak, apakah ada jeda waktu tertentu utk pengajuan lg atau bisa langsung apply lagi besoknya?
    Thanks b4 kak

    • Halo Sicylian,
      Aku jawab satu2 yah.
      1. Pengajuan visa bisa diwakilkan. Waktu itu juga temen aku yang ikut trip juga mewakili temen-temen lainnya gitu. Kalau pas pengambilannya juga bisa diwakilkan, asal bawa tanda terima nya aja.
      2. Pengajuan visa baiknya sih 1 bulan deh sebelum keberangkatan.
      3. Nah kalau yang ini, aku denger sih katanya 3 bulan baru bisa apply lagi. Tapi coba cross check dulu aja sama pihak kedutaannya.

  16. Hallo ci..yaampuunn bersyukur bngt setelah sekian lama scroll baca blog orng akhir’na nemu yg problem’nya sama *thanks God
    Cici,,,bole d share jg 2 document pernyataan yg cici sebutin??? Thank you so much ya ci sebelumnya.. GBU

  17. Hallo Kak… slmat mlm.
    Aku lqi ad problem ni soal SPT PPH
    soal’y sya tdk pnya SPT.
    Kbtulan sya mw nqajuin visa pd awal januari, rencna mw trip ke korea thn dpn kak.
    Aq boleh tdk minta tourist visa application letter (srat tdk pnya spt) dan statement letter’y (dri kluarga) kak? Mhon bantuan’y
    Trima ksih ^^

  18. Mbak aku boleh minta contoh pernyataan tidak punya spt nya jg gak ? Semua dokumenku udah lengkap. Cuma spt aja yg gak punya. Katanya itu wajib. Aku jd pusing mikirinnya. Untung nemu blog ini.

  19. Hello kak

    Boleh aku minta contoh statement letter sama tourist visa application letternya?

    Aku udh kerja ada npwp tp kerja belum setaun, jd gaada spt nya, harap2 cemas mau apply 😖

    Thankyouu

  20. Halo kak Jeane,

    Aku juga boleh minta ya dua letter itu, kebetulan posisinya kaya teman-teman yang lain, freelance.
    Maaf merepotkan sebelumnya kak
    Oiya makasih banyak infonya, sangat membantu, semoga sehat dan sukses selalu 🙂

  21. Halo kak Jeane, terima kasih banyak sudah share info tentang apply visa terutama bagian SPT ini
    kebetulan masalah yang aku hadapi mirip, pas googling nemu blog ini ^^
    kalau boleh aku mau minta contoh tourist visa application letter (tidak punya SPT) dan statement letter keluarga ya kak. terima kasih banyak bantuannya.

  22. Halo Kak, aku bulan depan juga mau ajuin visakorea nih tapi ga punya spt npwp hehe boleh minta tolong kirimin tourist visa application letter juga ga? Oh iya Makasih jg infonya di blog ini bermanfaat bgt 😊

  23. kaaa, infonya berguna bangeet. makasih yaa
    aku niatnya mau ke korea sama adikku, cuma dia belum bekerja dan baru lulus kuliah, jadi aku nanti jadi sponsor keuangannya. bolehkan aku minta contoh surat2 yang dibutuhkan sama adikku? seperti Tourist Visa Application Letter dan sponsor statement letter?

    lalu ka, untuk rekening banknya, berarti adikku tinggal copy punya ku ya? atau dia tetap menyertakan punya dia?

    makasih kaa

    • Hai Nadine,
      Sudah aku kirim ke email mu yah 🙂
      Untuk rekening bank, kalau dia memang punya tabungan yang cukup sih pake punya adikmu itu saja. Kalau tabungannya ga cukup, tinggal copy dari kamu juga gapapa. Bilang aja kamu yang sponsorin adikmu itu.

  24. Hello! Thank You buat informasinya.. kemaren sempet bingung juga karena saya freelance juga.. Boleh minta tolong dikirimkan contoh surat Tourist Visa Application Letter dan statement letternya? Thank You

  25. Hai Jeane
    Aku boleh minta dikirimkan ke email surat Tourist Visa Application Letter dan statement letternya? Thank You 😀

    Reply

  26. Hallo kak, thanks banget buat info apply visa korea nya. Bisa minta tlg dikirimkan contoh tourist visa application letter dan statement letter yg di ttd ortu. Terima kasih

  27. Hi 🙂 akhirnya nemu freelancer yg apply visa Korea 😀
    sy freelancer jg tp sdh pny SPT & npwp, jd kl boleh mau minta tolong dikirimin contoh statement letter dr org tua & contoh surat yg menjelaskan ttg pekerjaan kita kl ada hehehe, krn ga ada surat kerja dr kantor >.< rencana bln dpn mau apply visa Korea.
    Thank you ^^

  28. hi cici😊 seneng bgt ketemu blog yang ceritain pengalaman pengajuan visa korea tp utk freelancer. aku bulan depan rencananya mau ke Korea utk ke-2 kalinya, tp kali ini aku udh resign dan udah pasrah bgt klo freelancer kaya aku pasti ditolak karna gk jelas atau dikira mau cari kerjaan disana:( tp ternyata ada secercah harapan setelah aku baca blognya cici😇😁 hehe

    cici, boleh juga dikirimkan tourist visa application letter (ketrrangan kita freelancer dan tidak ada spt) kemudian statement letter nya? makasih banyak ya ci. GBY:)

  29. Halo, seneng banget deh bisa nemu blog ini. Kebetulan aku skrg guru les private gitu, kira2 kasusnya sama kan ya kalo mau apply? Boleh minta contoh surat2 yang diperluin itu? Terima kasih sebelumnya ya 🙏😊😊

  30. Hellooo kak, thank you untuk info nyaa. Aku rencana pergi ke Korea bulan april ini, sekarang lagi proses untuk ngumpulin dokumen, aku ga punya spt juga kak. Boleh lihat contoh surat pernyataan tidak ada spt nya kak? Thank you 😊

  31. Halo Ci .. Thank God banget ketemu blogpost ini.. karena lagi bingung banget karena status kerjanya juga lagi freelance.. boleh minta contoh surat Tourist Visa Application Letter dan Statement letter nya ? Thank youuuu ci sebelumnya. GBU🙂

  32. hai ci ak boleh minta contoh surat kalau ga punya spt dan npwpnya ga soalnya saya jg freeland kerjanya dan akhirnya saya nemu blog cici yg bs bantu ak buat apply visa korea.

  33. halo jeane, aku ada rencana ke korea buat bulan mei dan blum bekerja, jadi gak punya spt. Boleh tolong Tolo kirimin surat pernyataan and Tourist Visa Application nya ? Thank You

  34. Halo Jeane,
    Terima kasih sharingnya yg sangat membantu. Boleh kirim contoh tourist visa application letter dan statement letter nya? Terima kasih ya

  35. Hallo Jeane, Btw, apa saya boleh minta di email juga tourist visa application letter dan statement letter dari ortu nya?
    thankyou

  36. halo, stress bgt ini lusa uda waktunya berangkat ke korea visa belom jadi2 🙁 tiap kali telpon ke kedutaan dia dengan nyolotnya suru cek di web, tapi di web masih under review terus. Boleh tanya gak dulu ci jeane juga status di web masih pending tapi ternyata udah jadi ya visanya? itu ada nomor telpon khusus buat nanya ke kedutaannya ga sih? sy biasa telpon nomor yg di website tapi ya itu selalu suruh refer ke website…

    Thank you

      • Agak mepet sih mmg applyny krn ngumpulin dokumennya dulu, sy apply sekitar 2 mgg lalu sih… nanti coba telp lg deh kl gt… ap mending lgsg nanya ke kedutaannya ya?

        Thanks

  37. Hai.. terima kasih atas infonya tentang apply visa ke Korea nya. Saya ada rencana utk ke Korea bln Mei nanti namun saya hanya freelance. Apakah saya boleh minta contoh tourist visaa pplication letternya?

  38. Hallo Jeane..

    Terima kasih banyak yah info nya.. membantu sekali.. aku kebetulan lagi bingung krn harus berangkat ke Seoul untuk urusan kerjaan n mau ajak suami tapi dia freelancer dan full time dad.. Aku minta tolong dikirimin contoh application letternya yah.. Btw, love your blog 😍

  39. Hi Jeane, thanks a lot buat informasinya yang begitu detail. btw boleh jg dong nih minta dikirimin ke email contoh application & statement letternya 😀

  40. Semoga visa ku dilancarkan juga ya kayak punya cici :v

    ci Jeane, aku minta tolong dikirimin keterangan tidak punya spt tahunan, tourist application letter & statement nya dong :3 xiexie ya:3

  41. Kak bisa tlg dikirimkan cntoh surat keterangan tdk py spt sma statement letternya jg. Saya juga seorang guru privat rencana mau kekorea takut juga masalah visa. Makasih sebelumnya

  42. Kak bisa tlg dikirimkan cntoh surat keterangan tdk py spt sma statement letternya jg. Dan dokumen yg mendukung untuk guru les privat? Makasih sebelumnya

  43. Hy. Thank God I found this Blog. Gila masalah ya sama bgt. Please kirimin contoh surat keterangan SPT + statement letter ya Ka. Oia kalo minimum tabungan yg kita harus punya kira2 brpa ya Ka?
    Thank before. 🙂

  44. Halo mba..
    Senengnya nemu blog mba ini, abis galau bgt mau urus bisa korea tp ga pnya spt.. bole minta contoh surat tdk pnya SPT mba? Kalau ibu rmh tangga perlu buat surat ini kah? Thank you 🙏🏼

  45. How lucky i am, i found this blog.
    Halo kak, boleh minta contoh surat tdknpunya spt nya gak kak? Makasihhh 😊

  46. Waa senengnya tiba2 nemu blog ini. Aku mau dong tolong dikirimin contoh application letter dan statement letternya blh yah. Btw love your blog, inspiring!:)

  47. Hai kak..
    Aku juga lagi kebingunan ngurus visa korea selatan ini..
    Boleh minta di-email juga tourist visa application letter yang menyatakan tidak mempunyai spt dan statement letter dari ortu nya kak?
    Terima Kasih

  48. Haloo kak jeane, thank you untuk artikel yang sangat informatif. Boleh tolong email Tourist Visa Application Letter dan statement letternya ngga kak? hehe thank you so much kakkk!

  49. Thanks God i found your blog!
    aku juga rencana mau ke korea kak, but aku baru punya NPWP maret kemarin which is berarti SPT nya start next year..
    boleh minta contoh surat statement letter and tourist visa application letter nya kah kak ?

  50. Mba tolong aku juga mau dikirimi email tourist visa application letter dan statement letter orang tua nya yaa
    Saya bingung dan agak takut mau apply visa sendiri :’)
    Terimakasih sebelumnya 🙂

  51. Halo sis, jadi kerja freelance itu ga masalah yah asal memang ada bukti pendapatan? Apakah ada minimum tabungan berapa yang ada di akun saat apply Visa?

    Jadi kan harusnya diminta surat keterangan kerja dan sponsor kalau karyawan, tapi kalau freelance jadi yang dibuat adalah apa saja yah? surat keterangan dari orang tua dan soal pekerjaan gimana?

    Untuk SPT yang tidak punya, cuman tulis surat pernyataan tidak punya SPT yah dan dimaterai?

    Info akan sangat berarti, terima kasih.

    • Hi Kam,
      Iya lampirkan aja rekening koran nya selama 3 bulan, untuk min tabungan tergantung kamu berapa lama di Korea nya.
      Kalau freelance harus bikin surat keterangan kalau kamu adalah freelance. Untuk yang tidak punya SPT juga harus melampirkan surat pernyataan tidak punya SPT. Materai tidak perlu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here