Bagi yang suka jalan-jalan pasti tidak akan melewati kesempatan yang satu ini, TRAVEL FAIR! Travel Fair selalu diadakan setiap tahunnya, biasanya di awal tahun (Februari-Maret) dan akhir tahun (September-Oktober). Tapi untuk lebih jelasnya harus di cek di Internet, karena setiap saat jadwalnya bisa berubah-ubah. Saya sih liatnya di website ini: http://jadwalevent.web.id. Website itu menyediakan jadwal event, info pameran, acara dan promo terbaru di Indonesia. Nah, ini untuk jadwal pameran tahun 2017 di Indonesia: http://jadwalevent.web.id/jadwal-pameran-di-tahun-2017#.WOSHgG-GPIU.

Saya sendiri baru-baru ini saja ikutan Travel Fair, tepatnya baru dari tahun kemarin. Waktu itu saya datang ke Kompas Travel Fair tanggal 2-4 September 2016 lalu di JCC Jakarta. Saya sih sebenernya mau cari tiket pesawat ke Eropa untuk keberangkatan bulan September 2017. Tapi sayangnya, promo tiket nya itu berlaku cuma sampai Juni-Juli 2017. Alhasil, saya pun pulang cuma dengan membawa sekantong goodie bag yang isinya brosur-brosur semua. Saya pikir saya harusnya coba datang lagi ke Travel Fair tahun 2017, pasti promo nya ada yang sampai September 2017.

Nah, akhirnya saya pun datang ke Garuda Travel Fair (10-12 Maret 2017) di JCC Jakarta. Tapi sayangnya karena Garuda Indonesia tidak melayani penerbangan langsung Jakarta-Paris, jadi saya pulang lagi dengan membawa sekantong goodie bag yang isinya brosur-brosur semua. Garuda Indonesia itu hanya melayani penerbangan langsung Jakarta-Amsterdam atau Jakarta-London, untuk destinasi Eropa nya. Dan ketentuannya itu tiket promo harus dibeli PP, tidak bisa multicity. Sementara tujuan penerbangan saya ialah Jakarta-Paris, kalau bisa sih pulangnya dari Zurich-Jakarta. Padahal deal nya oke juga yang Jakarta-Amsterdam, cuma 7jtan PP (khusus pemegang kartu kredit BNI Premium). Kalau yang tidak punya kartu kredit BNI Premium, harganya 9jtan PP.

Tidak patah semangat, saya pun mencoba lagi datang ke Astindo Travel Fair (24-26 Maret 2017) di JCC Jakarta. Awalnya saya mengira saya pulang dengan goodie bag lagi tanpa tiket pesawat. Eh, ternyata malah di sinilah saya mendapatkan tiket pesawat yang saya inginkan! 😀

Jadi ceritanya.. saya itu sudah kepo-in dulu penerbangan apa saja yang akan hadir dalam Astindo Travel Fair 2017 di website mereka. Saya melihat ada Qatar Airways, Etihad Airways, Cathay Pacific, Thai Airways. Keempat maskapai penerbangan itulah incaran saya.

Saya pun akhirnya datang di hari terakhir, yaitu tanggal 26 Maret 2017. Begitu saya masuk ke Astindo Travel Fair, saya melihat booth nya Tour&Travel, karena tidak tertarik dengan itu saya pun jalan lagi dan saya langsung melihat booth nya maskapai penerbangan. Saya pun langsung tanya ke booth nya Cathay Pacific, deal nya cukup oke, yaitu dari harga Rp9.750.000 PP untuk destinasi Eropa (Amsterdam, Barcelona, Dusseldorf, Frankfurt, London Gatwick, Madrid, Manchester, Milan, Paris, Rome, Zurich). Terus katanya bisa beli tiket Multicity juga. Jadi perginya Jakarta-Paris, pulangnya Zurich-Jakarta. Persis seperti yang saya mau. Saya simpen dulu brosur nya, lalu saya coba tanya lagi ke booth lain.

Saya pun bertanya ke booth nya Qatar Airways. ternyata ini lebih mahal dibanding Cathay Pacific. Harga tiket Jakarta-Paris PP mulai dari Rp14.140.000. Kalau Amsterdam, mulai dari Rp11.573.000. Itu artinya, Qatar Airways sudah saya coret, karena Cathay Pacific lebih oke harga promo nya.

Lalu saya bertanya ke booth nya Etihad Airways. Deal nya cukup oke, harganya kurang lebih mirip sama Cathay Pacific. malah lebih murah yaitu Jakarta-Paris PP mulai dari Rp8.936.000. Kalau multicity juga bisa, Jakarta-Paris, Zurich-Jakarta. Tapi pas di cek tanggal keberangkatannya, ternyata harganya jadi sekitar 9jt sekian, saya lupa sih berapa angka pastinya. Itu artinya Etihad Airways vs Cathay Pacific, karena harganya yang kurang lebih mirip.

Lanjut lagi ke booth nya Thai Airways. Daaann.. akhirnya saya pun menemukan deal yang paling oke disini. Katanya harganya sekitar 7jtan PP, bisa multicity Jakarta-Paris, Zurich-Jakarta. Tapi untuk harga pasti nya harus di cek di Travel Agent yang hadir di Astindo Travel Fair itu juga.

Saya pun langsung ke booth nya Travel Agent disana. Kalau di Travel Fair itu ada banyak sekali Travel Agent yang hadir, misalnya seperti Bayu Buana, Dwidaya, Panorama, Golden Rama, dll. Jadi sistem nya itu, kalau mau tanya informasi mengenai penerbangan bisa tanya ke booth nya maskapai penerbangan, lalu beli tiket nya di Travel Agent, setelah beli kita harus ke booth maskapai penerbangan itu lagi untuk konfirmasi. Waktu itu sih saya asal aja pilih Travel Agent, saya pilihnya Dwidaya Tour. Saya bilangnya mau cek harga tiket pesawat Thai Airways untuk Jakarta-Paris, Zurich-Jakarta di bulan September tanggal sekian sampai sekian. Ternyata ada promo nya di harga Rp7.700.000, tapi tiket promo itu tidak ada di tanggal yang saya inginkan. Akhirnya si mba nya menyarankan tanggal sekian sampai sekian, yang ada harga promo nya. Setelah diskusi dengan keluarga, akhirnya saya pun beli tiket pesawat Jakarta-Paris, Zurich-Jakarta di tanggal yang disarankan tersebut yaitu akhir bulan September sampai awal bulan Oktober 2017. Transit di Bangkok nya juga tidak lama, pas perginya transit cuma satu setengah jam, lalu pas pulangnya transit cuma dua setengah jam. Jadi tidak terlalu capek di perjalanan pesawat. Lagipula, kami sekeluarga memang suka dengan Thailand. Suka dengan makanannya dan negaranya. Jadi harusnya oke juga sih kalau naik Thai Airways.

Eh setelah mau di booking, si mba nya tiba-tiba bilang ternyata harga tiket nya itu ialah Rp6.290.000/orang. Mungkin dia tadi salah cek apa gimana gitu. Aaahh, ini murah bangeettt! *joget joget* 😀 Seneng banget ternyata harganya bisa semurah itu. Europe… I’m coming~ 😀

Setelah beli tiket, saya mendapat hadiah dari Dwidaya. Ada pulpen dan tempatnya gitu. Oke juga sih. Tiket nya sih nanti akan dikirimkan via email. Jangka waktu nya ialah satu minggu. Kalau dalam satu minggu belum dikirim, kita bisa ke kantor nya Dwidaya untuk print tiket nya itu. Sekarang sih saya sudah mendapatkan tiketnya via email 😀 Oh ya, disini juga kita bisa request makanan untuk di pesawat nanti. Tapi kalau seat, itu nanti pas web check-in. Saya juga sempat tanya, “Kalau misalnya visa saya ditolak, bisa refund tiket pesawat ga?”. Lalu si mba Dwidaya nya bilang, “Bisa saja. Tapi ga bisa 100% ya, paling 50% gitu. Dan kamu juga harus bawa Surat Penolakan resmi dari Kedutaannya ke kantor Dwidaya.” Dalam hati saya berkata, “Semoga visa kami sekeluarga diterima. Semoga tidak ada halangan ke Eropa.”

Setelah itu, saya pun ke booth Thai Airways nya lagi untuk konfirmasi. Si mba nya bilang, “Dapet murah kan, mba? lagi promo sih, jadi bisa murah banget. Dalam satu pesawat itu kan antar orang bisa beda-beda harga tiket nya. Kalau dapet yang promo, harganya murah. Kalau beli nya bukan pas promo, itu harga normal.” Lalu dari Thai Airways kasih saya hadiah juga, ada pulpen, lalu tas dari kain juga yang ukuran nya super besar, ada goodie bag juga. Super happy!! Thanks, Thai Airways 😀 Thanks juga buat Astindo Travel Fair yang sudah menyelenggarakan event ini.

FYI, nanti ada Garuda Travel Fair (phase 2) tanggal 22-24 September 2017 di JCC Jakarta. Dicatat yaa tanggalnya, tapi pantau terus aja di Internet kapan jadwal pastinya. Takutnya bisa berubah tanggal nya itu. Good luck berburu tiket pesawatnya! 😉

3 COMMENTS

  1. Haii, mau tanya dong apa Astindo Travel Fair ramenya seperti SQ Travel Fair bahkan GATF?
    Trus kita harus ke booth maskapai baru ke travel agent yha (ga bisa langsung ke travel agent)?
    Thnx

    • Hai Jessica,
      Iya rame nya itu seperti GATF. Ga harus ke booth maskapai dulu kok, bisa aja langsung ke travel agent nya. Cuma kalau ke booth maskapai nya dulu, jadi bisa tanya-tanya harga promo nya start from berapa, dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here