Klook Travel merupakan travel platform asal Hongkong yang menyediakan tiket atraksi, aktivitas, dan tour di seluruh dunia. Klook bisa diakses melalui website maupun aplikasi di PlayStore dan iOS. Saya sendiri sudah tau Klook sejak beberapa tahun yang lalu, namun baru tahun ini saya memakai nya untuk membeli tiket wisata. Ternyata harga di Klook memang lebih murah dari yang lain, redeem voucher nya juga mudah, pelayanannya juga bagus. Selain itu ada banyak promo atau kode voucher yang ditawarkan juga, jadi bisa lebih murah lagi.

Waktu itu ketika saya sedang merencanakan liburan ke Taiwan, saya mencari tiket THSR dari Taipei ke Taichung. Saya cek harga di Klook lebih murah dibanding yang lain. Akhirnya saya beli lah tiket kereta tersebut di Klook. Lalu saya iseng liat-liat Klook ada jual apa lagi, akhirnya saya beli juga untuk Taipei 101 Observatory E-Ticket nya. Semua saya beli lewat aplikasi nya Klook.

Taipei 101

Pengalaman memakai Klook ini sangat mudah — begitu sampai di lokasi hanya tinggal menunjukkan voucher dari handphone aja. Lalu barcode yang ada di voucher tersebut tinggal di scan deh. Kebanyakan atraksi di Klook bisa langsung show on mobile, tapi ada juga beberapa yang harus print voucher.

Karena itulah saat saya ke Malaysia bulan Juni kemarin, saya memakai Klook lagi untuk membeli tiket wisata dan transportasi. Jadi ceritanya waktu itu saya mau beli tiket KL tower nya yang sekalian sama Sky Deck dan Sky Box. Dan saya cek cuma Klook yang jual tiket kombo tersebut. Sebenarnya agak ngeri juga beli tiket Sky Deck dan Sky Box ini, karena kalau cuaca nya buruk alias turun hujan, Sky Deck dan Sky Box ditutup. Jadi kita cuma bisa masuk ke Observatory nya saja, walau sudah beli tiket yang sekaligus sama Sky Deck dan Sky Box.

Tapi saya cek tiketnya valid sampai 31 Desember 2018. Jadi tidak perlu khawatir lagi, karena kalau di tanggal yang sudah kita booking untuk KL Tower itu turun hujan, bisa digunakan keesokan harinya saat cuaca cerah atau kapanpun sampai 31 Desember 2018. Akhirnya saya pun tetap memberanikan diri membeli tiket KL Tower beserta dengan Sky Deck dan Sky Box nya di Klook, karena memang harganya lebih murah dan dari pengalaman saya yang ke Taiwan juga memakai Klook lancar-lancar aja.

Karena saya pergi sama orangtua juga (cuma saya sendiri yang anak muda nya), saya pun mikir transportasi dari airport ke hotel dan sebaliknya gimana. Karena sepertinya bakalan super rempong kalau kami naik kendaraan umum dari Airport ke Hotel dan sebaliknya. Untungnya Klook juga menyediakan jasa transportasi ini. Akhirnya kami pun sewa jasa mobil dari Airport ke Hotel dan sebaliknya yang berkapasitas untuk 6 orang.

Pengalaman memakai Klook untuk atraksi di Malaysia ini juga sama memuaskan nya dengan yang di Taiwan. Untuk atraksi KL Tower, waktu itu saya booking untuk tanggal 17 Juni 2018. Kebetulan saat itu turun hujan, dan kami pun harus reschedule untuk keesokan harinya. Kalau keesokan harinya masih turun hujan, berarti tiket nya hangus karena kami tidak punya waktu lagi. Keesokan harinya tanggal 18 Juni 2018, saat pagi hari ada sedikit gerimis, tapi begitu sampai di KL Tower nya kami langsung disambut oleh cuaca cerah lagi. Kami pun diperbolehkan masuk ke Sky Deck dan Sky Box, sesuai dengan tiket yang sudah kami beli. Saat redeem voucher nya juga sudah terbukti tidak ada masalah walaupun saya booking untuk tanggal 17 Juni.

Lebih salut lagi malah dengan pelayanan untuk transportasi dari Kuala Lumpur Airport ke Hotel dan sebaliknya. Waktu itu sebelum kami berangkat ke KL, saya di WA oleh salah satu tim Klook Malaysia. Dia yang akan menyambut kami di Airport dan mengarahkan kami untuk bertemu dengan supir.

Saat hari H, pesawat kami ternyata delay, lalu saat di airport juga kami harus antri lama menunggu imigrasi, dan ternyata ada masalah juga saat pengambilan koper. Pokoknya kalau di total-total, kami telat 2 jam dari waktu yang telah ditentukan. Perwakilan dari Klook nya sudah WA saya beberapa kali, dan saya pun menyuruhnya untuk sabar menunggu. Akhirnya kami pun bertemu, dan ia bantu mengarahkan kami untuk bertemu dengan supir nya. Ternyata mobil nya itu bisa untuk 10 orang. Kami sangat puas dengan pelayanan dan jasa transportasi Klook. Really such a nice experience and service!

Tampilan dashboard Klook

Setelah saya sudah redeem voucher di Klook, saya disuruh menulis review pengalaman saya di sistem review nya Klook. Ini opsional sih, tapi kalau nulis review akan dapat credits. Ada beberapa aktivitas kalau upload gambar di Klook akan dapat tambahan credits, salah satunya sewa jasa mobil dari Airport ke Hotel di Kuala Lumpur. Credits ini bisa digunakan untuk potongan harga jika membeli produk di Klook lagi, dan ada masa berlaku nya. Kalau credit saya berlaku sampai 31 Desember 2018 saja.

Metode Pembayaran yang ditawarkan oleh Klook ialah Credit Card, PayPal, atau Google Pay. Kalau saya sih biasanya pakai Credit Card. Mata uang yang diterima oleh Klook ialah SGD dan USD. Jadi kalau kita awalnya pilih IDR, saat di Payment Page itu langsung convert sendiri ke SGD atau USD.

Jadi, saya berani bilang bahwa Klook memang terpercaya karena saya sendiri juga sudah membuktikannya. Kalau di Indonesia sendiri, Klook harus bersaing dengan Passpod sebagai kompetitor barunya. Saya sendiri sudah pernah memakai Passpod untuk beli tiket wisata, aktivitas, maupun tur. Dan saya cek harga di Passpod juga sangat bersaing dengan Klook.

Oh ya, saya cek di Klook juga ada jasa sewa modem wifi untuk di beberapa negara, seperti Taiwan, South Korea, Malaysia, dll. Pernah kepikiran apa sewa modem wifi di Klook saja daripada di Passpod, karena dari segi harga Klook lebih murah. Tapi yang jadi pertimbangan saya ialah Passpod itu dari Indonesia. Kalau Klook harus ambil modem nya saat di airport negara tujuan tersebut. Ya setiap orang punya preferensi nya masing-masing. Baca disini untuk pembahasan lebih lanjut mengenai Passpod vs Klook. 😀

18 COMMENTS

  1. Klo sya bayar pakai CC temen saya , apa CC itu nanti jg ditanyakan waktu di destinasi , misal pintu masuk disney land. Trimakasih

    • Hi Mellisa,
      Untuk tiket wisata ada beberapa yang harus ditukerin dlu jadi tiket fisik di counter, ada juga yang bisa langsung masuk.
      Kalau yang langsung masuk, ada beberapa yang jalur sendiri nya klook juga deh kayanya. Tapi banyakan sih ga ada antrian khusus untuk Klook nya.
      Harus dibaca deskripsi masing2 atraksi nya gitu hehe

  2. hi kak mau nanya dong kalo bayar di klook pake credit card gaperlu kode OTP gitu ya ? masukin nomor kartu kredit trus langsung dapet email pembayaran berhasil ? thankyou

  3. Halo, mau nanya kalo kita beli saat kita di luar negeri pembayaran dengan kartu kredit, apakah kode otp kartu kreditnya tetep masuk atau tanpa otp? Terimakasih

  4. Halo, mau nanya tiketnya berupa apa y?!
    Bisa gak kita memesankan tiket wisata untuk orang lain. Sedangkan kita tidak ikut kesana?
    Thanks

    • Hai Jonas,
      Tiketnya biasanya berupa e-ticket. Ada yang bisa langsung masuk dengan tunjukkin langsung dari HP, ada juga yang perlu dituker dengan tiket fisik.
      Kalau mau pesenin buat orang lain itu bisa. Kita nya tidak ikut kesana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here