Korea Selatan adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi bagian Selatan Semenanjung Korea. Di sebelah utara, Korea Selatan berbatasan dengan Korea Utara, dimana keduanya dulu bersatu sebagai sebuah negara hingga tahun 1948. Ibukota negara Korea Selatan ialah Seoul. Kota kedua terbesar setelah Seoul di Korea Selatan ialah Busan. Busan merupakan kota pelabuhan dan metropolitan di sebelah tenggara di Korea Selatan.

Banyak orang yang cinta banget sama Korea Selatan. Entah itu karena K-Pop atau K-Drama nya. Kalau saya sih punya alasan saya sendiri. Saya juga yakin kamu juga punya alasan kamu sendiri mengapa kamu suka Korea Selatan dan ingin berlibur kesana. Nah, buat kamu yang ingin berlibur ke Korea Selatan, berikut ialah panduan singkat wisata ke Korea Selatan. Ini semua berdasarkan pengalaman saya berlibur ke Korea Selatan pada bulan Oktober 2016 lalu.

Kemana aja sih kalau di Korea Selatan itu? Dan berapa lama?

Biasanya sih kalau berlibur ke Korea Selatan, pilihannya ada 2, yaitu Seoul & Busan, atau Seoul & Jeju Island. Yang pasti sih kamu harus ke Seoul ya. Sisanya terserah saja. Soalnya ada banyak hal yang harus kamu lakukan di Seoul. Terus jumlah hari yang dibutuhkan biasanya sekitar 10 hari. Kalau saya sih waktu itu 10 hari di Korea Selatan cuma keliling Seoul saja, sama ke Nami Island dan Mt. Seoraksan di Kota Sokcho. Baca itinerary saya selengkapnya disini.

Kapan waktu terbaik mengunjungi Korea Selatan?

Nah, ini sih sebenarnya subjektif ya. Kalau menurut saya pribadi sih, jawabannya ialah saat Autumn, alias musim gugur, yaitu sekitar bulan Oktober- awal November. Tapi Spring, atau musim semi, juga sepertinya oke. Asal jangan pas Summer, atau musim panas. Karena katanya pas Summer itu panas banget cuacanya.

Memangnya di Korea Selatan itu ada berapa musim?

Korea Selatan itu ada 4 musim, yaitu Spring (musim semi), Summer (musim panas), Autumn (musim gugur), dan Winter (musim dingin). Spring itu biasanya dimulai dari akhir bulan Maret sampai awal bulan Mei. Summer dimulai pada bulan Juni hingga Agustus, dan puncak musim panas adalah bulan Agustus. Autumn di Korea dimulai pada bulan September hingga bulan November, dan puncak Autumn nya ialah saat akhir Oktober sampai awal November. Saat puncak Autumn inilah kamu bisa melihat indahnya daun-daun musim gugur yang berwarna merah dan kuning. Winter di Korea biasanya dimulai antara bulan Desember hingga bulan Februari, dengan suhu terdingin yang muncul pada bulan Januari.

Mata uang Korea Selatan apa? Harus bawa berapa duit untuk berlibur ke Korea Selatan?

Mata uang Korea Selatan itu ialah Won (KRW). 1 KRW itu sama dengan 12 IDR (Indonesian Rupiah) untuk tahun 2016-2017. Itu sih kurang lebih nya ya. Untuk angka pasti nya, cek aja di xe.com. Kalau kamu berlibur ke Korea Selatannya 10 hari, kamu harus bawa sekitar Rp10.000.000. Uang yang kamu bawa itu tergantung berapa lama kamu disana nya. Coba baca budgeting saya saat berlibur ke Korea Selatan lalu, disini.

Transportasi nya bagaimana? Nyaman tidak?

Nyaman banget! Kemana-mana tuh gampang kalau di Korea Selatan, apalagi di Seoul. Bersih, enak, nyaman. Plus, kamu juga bisa cuci mata 😛 Ada banyak oppa ganteng memakai jas yang berangkat/pulang kerja naik subway. Karena saya lebih banyak explore Seoul, saya share mengenai transportasi di Seoul ya. Kita bisa naik subway dan bus untuk di dalam kota Seoul nya. Google Maps bisa dibuka di Korea Selatan juga, jadi kalau mau naik subway dan bus bisa pakai Google Maps ini.

Soal tempat menginapnya bagaimana? Apakah harus di hotel?

Big no no deh kalau menginap di hotel di Korea Selatan, karena Guesthouse di Korea Selatan itu juga bersih dan nyaman banget, tidak kalah sama hotel. Guesthouse di Korea Selatan juga jumlahnya semakin lama semakin banyak, apalagi di Seoul. Guesthouse nya itu nyaman banget, tidak seperti di China yang mostly kotor dan jorok. Tapi tetap harus liat review nya ya. Keuntungan menginap di guesthouse itu selain nyaman, bersih, murah, kita juga jadi bisa kenalan sama turis lain yang sedang jalan-jalan di Korea Selatan. Kalau kamu berlibur ke Seoul, saya saranin sih menginap di daerah Hongdae. Hongdae itu kawasan anak muda di Seoul, mungkin karena ada Universitas juga disana, yaitu Hongik University. Baca pengalaman saya menginap di guesthouse di daerah Hongdae Seoul, disini.

Bahasa yang mereka gunakan itu apa?

Ya sudah tentu, bahasa Korea! 😀 Tapi tenang saja, bagi kamu yang tidak bisa bahasa Korea seperti saya, cukup dengan mengandalkan bahasa Inggris sudah membuat kamu survive kok disana. Kalau kamu bisa bahasa Mandarin itu nilai plus lagi. Karena banyak dari mereka yang bisa berbahasa Mandarin juga. Tapi mostly, Mandarin nya Taiwan bukan yang dari China. Kebanyakan sih yang bisa bahasa Inggris atau Mandarin itu cuma anak-anak muda Korea nya saja. Jadi kalau kamu misalnya nyasar dan mau tanya jalan, lebih baik kamu tanya ke anak muda gitu. Biasanya mereka bisa sih bahasa Inggris sedikit-sedikit. Nah, kalau kasusnya kamu lagi belanja di sebuah pasar tradisional dimana mereka tidak bisa bahasa Inggris dan kamu tidak bisa bahasa Korea, mau tidak mau harus pakai Bahasa tubuh! 😀

Kalau soal makanan bagaimana ya?

Masakan Korea itu mostly pedas dan asam. Tau Samyang dong? Korean instant noodle yang lagi nge-trend banget di Indonesia saat ini. Tau kan kalau itu tuh pedes nya luar biasa? Nah, kira-kira seperti itu lah masakan Korea. Kalau di lidah saya sih cocok-cocok saja ya. Tapi kalau di lidah orang tua saya sih kurang cocok. Baca makanan khas Korea yang harus kamu coba di Seoul.

Pengurusan Visa nya bagaimana? Ribet ga?

Well, sebenernya asal semua dokumennya lengkap sih ga jadi masalah ya. Coba baca pengalaman saya membuat visa Korea Selatan, disini.
Itulah panduan singkat mengenai Korea Selatan yang bisa saya bagikan, Apakah kamu setelah baca ini langsung kepengen liburan ke Korea Selatan? Atau sekarang memang sedang mempersiapkan liburan ke Korea Selatan? Nah, coba baca selengkapnya mengenai Persiapan saya ke Korea Selatan, disini.

Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan tanya di kolom comment dibawah ini ya 🙂

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here