TER adalah kereta api andalan di Prancis yang menghubungkan kota besar dan kota-kota kecil di berbagai pelosok Prancis. TER merupakan kereta regional, bukan high speed train seperti TGV.

Waktu itu saya berkesempatan naik kereta regional TER ini dari Bordeaux ke St. Foy La Grande. Ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari cerita Naik Kereta Cepat TGV Paris – Bordeaux. Jadi begitu sampai Bordeaux, kami langsung lanjut naik kereta TER Bordeaux – St. Foy La Grande. Di Bordeaux nya malah tidak sempat jalan-jalan dulu, jadi di Bordeaux hanya numpang transit saja.

Awalnya kami tidak ada rencana untuk naik kereta TER ini, karena rencananya dari Bordeaux sudah ada yang jemput untuk ke tempat tujuan kami di daerah Dordogne. Tapi ternyata karena tidak ada yang bisa menjemput, jadi kami harus naik kereta ke St. Foy La Grande, baru abis itu ada yang menjemput kami di stasiun kereta nya. Kami pun harus beli tiket kereta on the spot di stasiun kereta Bordeaux St. Jean nya.

Bordeaux St. Jean Station

Setelah turun dari kereta TGV Paris – Bordeaux pk13.56, kami pun segera mencari cara bagaimana membeli tiket kereta on the spot di stasiun kereta Bordeaux St.Jean tersebut. Untungnya ada teman nya sepupu saya yang bisa berbahasa Perancis, jadi dia tanya ke bagian Informasi di stasiun. Ini adalah pertama kalinya juga dia beli tiket kereta langsung di stasiun nya. Biasanya selalu beli tiket kereta online. Ternyata beli tiket kereta disana itu ribet banget! Stasiun kereta Bordeaux St. Jean ini juga besar dan luas. Sempet bingung juga dimana bagian Informasi, dimana loket penjualan tiket kereta nya.

Loket penjualan tiket di stasiun Bordeaux St. Jean

Akhirnya setelah mendapat informasi dari bagian Informasi, kami segera menuju ke loket penjualan tiket yang letaknya di paling ujung stasiun. Kami pun mendapat nomor antrian, tapi antri nya sih super duper panjang. Akhirnya kami putuskan untuk coba beli tiket dari mesinnya. Awalnya sempat bingung juga, karena transaksi nya gagal gitu. Tapi kami terus mencoba, eh akhirnya bisa! Tiket untuk 7 orang itu seharga 100.8 Euro, berarti per orang nya ialah 14.4 Euro (atau sekitar Rp230,400). Transaksi nya waktu itu memakai Kartu Kredit, karena kalau cash bisa lebih ribet lagi. Tiket itu ternyata masih harus di Validasi lagi. Ada satu mesin khusus untuk validasi tiket. Kalau belum di validasi, tiket itu tidak bisa dipakai. Jadi inget ya, setelah beli tiket kereta, tiketnya harus di validasi lagi. Ribet kan?! Kalau beli online bisa langsung tunjukin e-ticket aja, seperti yang saya lakukan saat naik kereta TGV Paris – Bordeaux.

Mesin untuk beli tiket kereta
Tiket kereta dan Mesin Validasi tiket

Setelah validasi tiket, kami segera menuju Paul Bakery & Cafe untuk late lunch. Kami sama sekali belum makan siang, untung ada Paul yang letaknya persis di depan stasiun Bordeaux. Di Perancis segala sesuatu nya itu serba cepat dan harus cepat. Kebiasaan di Indo, kalau milih makanan itu pasti lama banget. Si penjual nya udah nanya terus ke kami sampai berkali-kali, mau beli apa, tapi kami masih belum memutuskan. Akhirnya setelah memesan, kami pun langsung cari tempat duduk. Yeah, akhirnya saya mencicipi Baguette khas Perancis itu. Pain Au Chocolat juga, alias Roti Coklat khas Perancis, yang satunya seharga 1.5 Euro (atau sekitar Rp24,000). Kami beli lumayan banyak juga sih roti-roti nya, untuk bertujuh kami menghabiskan 46 Euro (atau sekitar Rp736.000).

Paul Bordeaux St. Jean Interior

Setelah makan, masih ada waktu 1 jam untuk menunggu jadwal kereta kami. Saya pikir, apa naik city train aja, setidaknya di Bordeaux ada jalan-jalan nya sedikit. Tapi karena keluarga merasa waktunya terlalu mepet, jadi akhirnya kami hanya menunggu saja di stasiun. Sayang sekali sih padahal pengen keliling kota Bordeaux juga. Maybe next time! 🙂

City Train Bordeaux, yang akan mengantar kamu keliling Bordeaux

Ketika berada di Stasiun kereta Bordeaux St. Jean ini saya merasa nya seperti di stasiun Kota Jakarta. Bangunan nya tua, megah, dan indah! Tapi ya tentu, lebih bagus stasiun ini daripada stasiun Kota 😛

Gare Bordeaux St. Jean entrance
Gare Bordeaux St. Jean
Inside Bordeaux St. Jean station
Waiting room at Bordeaux St. Jean station. It’s a cozy place, and most importantly have Free WiFi here

Akhirnya sekitar pk16.00, kereta kami pun tiba. Kami segera bergegas menuju kereta, karena kami pasti rempong bawa-bawa koper yang banyak dan berat banget itu. Kereta regional TER tentu lebih kecil daripada kereta cepat TGV. Kursi nya kebanyakan untuk berempat, hadap-hadapan gitu, tapi tidak ada meja atau lampu nya, tidak seperti di TGV. Disini ada tempat khusus untuk menaruh koper nya juga.

Inside TER Regional Train

Kereta Regional TER ini walaupun kecil, tapi nyaman, seperti Kereta Executive gitu deh. Perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam setengah. Dari kereta, terlihat pemandangan sawah-sawah gitu. Mirip-mirip deh sama pemandangan dari Paris ke Bordeaux. Dan akhirnya sekitar pk17.30 kami pun sampai di stasiun kereta St. Foy La Grande. Dari situ kami dijemput untuk ke tempat tujuan kami di daerah Dordogne 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here