Salah satu to-do-list yang sudah saya buat sebelum berangkat ke Beijing ialah menonton bioskop di Beijing 😀

Saya cukup penasaran bagaimana rasanya menonton bioskop disana yang katanya super mahal. Katanya bisa sampai 100 kuai, alias sekitar Rp200.000 untuk sekali nonton. Ternyata setelah sampai di Beijing, saya menemukan banyak bioskop yang murah juga, sekitar 30-40 kuai (atau sekitar Rp60.000-80.000). Bahkan ada yang 20an kuai (atau sekitar Rp40.000). Tapi itu sepertinya di bioskop yang agak terpencil dari keramaian. Kalau bioskop yang 100 kuai itu biasanya terletak di mall-mall besar seperti di Xidan. Nah kalau bioskop murah ini saya temukan dari Baidu Maps, suatu aplikasi map di handphone. Di Baidu Maps kita bisa search bioskop terdekat dari lokasi kita berada, lengkap dengan informasi mengenai bioskop nya beserta harganya. Kita juga bisa booking tiket dari sana, dibantu dengan guru saya yang asli orang China, saya beserta teman saya pun pergi menonton film The Hobbit: The Battle of the Five Armies (霍比特人: 五军之战). FYI, film-film dari luar China itu agak lama masuk ke China nya. Misalnya, kalau di Indonesia masuknya bulan Maret, nah kalau di China masuknya bulan Mei atau Juni atau Juli. Oleh karena itu, begitu tau di Indonesia sudah tayang The Hobbit: The Battle of the Five Armies, saya harus bersabar ketika berada di China.

Poster film The Hobbit

Di bioskop yang kami pilih ini harga tiket film The Hobbit nya ialah 35 kuai. Saya mengambil waktu yang agak sore yaitu pk17.35. Jadi begitu selesai pulang sekolah, kami langsung pergi ke bioskop itu. Kami hanya perlu naik bus beberapa stop, sangat dekat dari kampus kami. Kami sempat kebingungan awalnya karena di Baidu Maps bilang kami sudah sampai bioskop, namun kami tidak menemukan pintu masuk bioskop nya. Lagipula tempatnya sepi banget, jarang ada orang yang lalu lalang. Kami pun akhirnya masuk ke gedung di belakang, awalnya sempat ragu apakah benar gedung ini ialah gedung bioskop nya. Untungnya kami tidak salah gedung, di lantai atas gedung ini ialah bioskop yang kami maksud.

Bioskop yang bernama Sunwah Kadokawa Cinema 新华国际影城 ini menurut saya lumayan juga, terjangkau pula harga tiket bioskopnya. Begitu kami sampai disana, kami melihat ada beberapa pilihan film lainnya. Kemudian kami saling bertatapan, dan memikirkan hal yang sama, yaitu Movie Marathon! Yeaahh, kami akhirnya beli tiket film yang lainnya yaitu Night at The Museum 3 (博物馆奇妙夜 3) yang jadwal tayangnya pk20.00, sedangkan The Hobbit selesai nya juga sekitar pk20.00. Jadi begitu selesai nonton The Hobbit, kami langsung pindah studio ke film nya Night at The Museum. Harga tiket Night at The Museum ini ialah 40 kuai (atau sekitar Rp80.000).

Sunwah Kadokawa Tickets Movie
Movie Schedule
Poster film Miss Granny versi China

Menurut saya, bioskop ini termasuk kecil namun nyaman. Saya sebetulnya masih mau nonton lagi, Miss Granny nya versi China, yang judulnya “20 Once Again 重返20岁”. Tetapi sayangnya waktu tidak memungkinkan kami untuk nonton bioskop lagi 🙁

Saya juga sebelumnya pernah nonton film China di bioskop bersama teman-teman kelas saya, beserta laoshi nya juga. Bioskop yang bernama Jinyi International Cinemas 金逸国际影城 ini terletak di salah satu mall di Zhongguancun. Harga tiketnya cukup mahal, kalau beli di internet harganya lebih murah. Laoshi saya menemukan tiket 60 kuai di internet, katanya kalau beli langsung harganya bisa sampai 100 kuai. Wajar sih mahal, bioskop nya di mall soalnya.

Jinyi International Cinemas Tickets Movie
Jinyi International Cinemas

Film yang saya tonton bersama mereka ialah film China yang lagi nge-hits waktu itu, judulnya ialah Xin Hua Lu Fang 心花路放. Disini ada dua subtitle nya, Inggris dan Mandarin. Di setiap film China pasti ditampilkan juga subtitle Mandarinnya, alias karakter Hanzi nya. Menurut saya dan teman-teman kelas (ada yang dari Korea dan Polandia), film ini aneh dan tidak jelas akhir cerita nya bagaimana. Anehnya lagi kebanyakan orang China suka dengan film ini. Ini siapa yang aneh ya? Orang asing atau orang China? 😛 Kata orang China sih, mereka suka dengan film ini karena aktor yang memerankannya sangat bagus aktingnya.

Xin Hua Lu Fang 心花路放

Alamat Sunwah Kadokawa Cinema: 5 Zao Jun Miao Lu, Haidian Qu, Beijing Shi, China

Alamat Jinyi International Cinema: B1/F, The Gate City Mall, 19 Zhongguancun Dajie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here