Seperti yang telah kita ketahui, Belitung itu terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Belitung Barat dan Belitung Timur. Secara matahari itu terbenam nya di Barat, secara logika sudah tentu kalau mau menyaksikan sunset itu di Belitung Barat. Tapi saya punya cerita sih pas lagi dalam perjalanan dari Belitung Timur ke Belitung Barat. Posisi kami saat itu masih di dalam Belitung Timur. Lalu dari dalam mobil kami melihat matahari yang begitu besar dan bulat yang berwarna orange kemerah-merahan ada di ujung jalan. Saking besarnya, seakan-akan matahari itu sangat dekat jaraknya dengan kami. Waktu itu memang sudah waktunya untuk sunset, sekitar pk17.30. Jadi saat itu kami melihat sunset nya dari dalam mobil saja, bukan di pantai gitu. Ya, itu adalah salah satu sunset yang paling indah di Belitung bagi kami.

Menyaksikan sunset dalam perjalanan dari Belitung Timur ke Belitung Barat

Karena kami hanya 4 hari 3 malam di Belitung, jadi kesempatan untuk menyaksikan sunset ada 3 kali. Hari pertama ialah saat di mobil dalam perjalanan dari Belitung Timur ke Belitung Barat, yang sudah saya ceritakan diatas. Nah di hari-hari selanjutnya, kami mengejar sunset di pantai yang ada di Belitung Barat, yaitu Pantai Tanjung Pendam dan Pantai Tanjung Tinggi.

Pantai Tanjung Pendam ini memang terkenal akan sunset nya yang indah. Ya, pantai ini adalah spot yang paling bagus untuk menyaksikan matahari terbenam di Belitung. Pantai ini juga ialah pantai yang berlokasi paling dekat dari kota Tanjung Pandan. Waktu itu kami makan dulu di Mie Atep sebelum ke Pantai Tanjung Pendam. Dari Mie Atep Belitung ke Pantai Tanjung Pendam ini memakan waktu sekitar 20 menit. Kami sampai di Tanjung Pendam sekitar pk17.20. Sambil menunggu sunset, kami foto-foto dulu di Tanjung Pendam ini. Sebenarnya pantai Tanjung Pendam itu kurang bagus, agak kotor gitu. Cuma sunset nya saja yang bagus disini.

Berlari-lari di bibir pantai
Waiting for Sunset at Tanjung Pendam

Sekitar pk17.47, matahari nya masih malu-malu untuk keluar. Ia masih nyumput-nyumput dibalik awan. Kami pun jadi khawatir, apakah kami bisa melihat sunset yang terkenal indah itu di Pantai Tanjung Pendam? Akhirnya 3 menit kemudian, yaitu pk17.50, mataharinya pelan-pelan keluar dari balik awan. Kami pun dengan segera mengabadikan moment-moment bersama sunset di Tanjung Pendam ini. Karena fenomena sunset itu berlangsung dengan sangat cepat, yaitu sekitar 3-4 menit saja.

Fenomena Sunset yang tadinya masih nyumput di balik awan, beberapa menit kemudian ia pun keluar dari balik awan
Aku dan Sunset Tanjung Pendam Belitung
GB Girls di Pantai Tanjung Pendam

Lain halnya dengan sunset di Pantai Tanjung Tinggi. Berdasarkan pengalaman kami sih, sunset di Pantai Tanjung Tinggi tidak seindah dengan sunset di Pantai Tanjung Pendam. Tapi pantai Tanjung Tinggi ini jauh lebih indah dari pantai Tanjung Pendam. Disini pantainya bersih, pasirnya putih dan lembut, banyak bebatuan granit yang besar dan berwarna-warni, dan gradasi warna laut yang indah. Pantai yang berlokasi di dekat Pantai Tanjung Kelayang ini adalah Pantai nya Laskar Pelangi dan juga merupakan Pantai favorit kami.

Supir kami, Pak Wawan, mengantar kami ke spot yang paling bagus (versi Pak Wawan) di Pantai Tanjung Tinggi untuk menyaksikan sunset. Spot nya sih tempatnya bagus, sepi, dan banyak bebatuannya. Tapi sayangnya sunset disini itu tidak begitu kelihatan matahari nya, yang ada malah awan-awan yang berwarna orange saja. Sekitar pk17.24 kami pun mulai foto-foto dengan awan yang berwarna orange tersebut. Kemudian pk17.46 kami meninggalkan Pantai Tanjung Tinggi.

Sunset di Pantai Tanjung Tinggi
Our kind of Yoga Poses 😀
Pantai Tanjung Tinggi setelah Sunset berakhir

Sebenarnya masih ada 1 tempat lagi yang katanya bagus untuk menikmati sunset di Belitung, yaitu di Pantai Bukit Berahu. Tapi sayangnya, karena kami cuma punya kesempatan 3 kali sunset, kami tidak bisa menikmati sunset di Pantai Bukit Berahu tersebut. Pantai yang berada di atas bukit ini terletak di Desa Tanjung Binga (Kabupaten Belitung Barat). Untuk mencapai pantai Bukit Berahu kita harus menuruni kurang lebih 62 anak tangga. Kita bisa menikmati Sunset dari bawah maupun diatas bukit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here