Bagi kalian pencinta kuliner, pasti tidak akan melewatkan kesempatan kuliner street food ketika kalian sedang berkunjung ke suatu tempat baru. Nah, kalau di Beijing kalian bisa mencicipi 10 street food dibawah ini.

1. Jidan Guanbing 鸡蛋灌饼

Jidan guanbing adalah salah satu jajanan yang wajib kalian coba ketika kalian berada di China. Jajanan ini tersebar di seluruh penjuru China, tidak hanya di Beijing saja. Ini juga biasanya menjadi jajanan favorit anak-anak sekolah lokal di China. Oleh karena itu, Jidan guanbing ini biasanya dijual di daerah sekolah atau universitas. Di kampus saya juga ada yang jual Jidan guanbing. Hampir setiap pagi ini menjadi sarapan saya 😛

Jidan guanbing ini isinya bisa milih, mau pakai sosis saja atau selada saja atau dua-dua nya. Saya sih biasanya pakai sosis ayam dan selada. Ada 2 pilihan sosis juga, sosis ayam dan babi. Kalau yang pakai sosis ayam dan selada, harganya hanya 5 kuai saja, alias Rp10.000. Mungkin bisa dibilang Jidan guanbing ini seperti ‘Chinese Sandwich’, alias sandwich ala China.

My favorite Jidan Guanbing

2. Shou Zhua Bing 手抓饼

Shou Zhua Bing juga mirip dengan Jidan Guanbing. Isi nya bisa milih juga, mau pakai daging ayam atau selada, atau bisa juga dua-duanya. Bedanya dengan Jidan guanbing sih di isi dan adonan luar nya itu. Shouzhuabing biasanya tidak menyediakan sosis. Adonan luar nya juga lebih tebal dari Jidan guanbing, ukurannya juga lebih besar. Lalu, Shou Zhua Bing ini juga bisa ditambahkan Mayonaise. Di toko yang saya biasa beli Shouzhuabing ini juga ada jual Ayam-Ayam seperti Ayam Shihlin. Ayam nya disini juga enaakk~Harganya sendiri, kalau tambah daging ayam dan selada, jadi 10 kuai, alias Rp20.000.

Shou Zhua Bing
Making a Shou Zhua Bing
Ayi penjual Shou Zhua Bing
Shou Zhua Bing Shop

3. Chinese Traditional Snacks

 

Chinese Traditional Snacks

Kue Pia, kue Bulan, dan kue tradisional China lainnya juga tidak boleh kalian lewatkan. Walaupun kue-kue seperti ini juga sudah sering kita makan di Indonesia, tetapi kalian pencinta kuliner pasti penasaran juga dong bagaimana rasa kue-kue tersebut di negara asalnya?

4. Tanghulu 糖葫芦

Tanghulu

Tanghulu yang berarti Manisan Buah-buahan ini merupakan salah satu Chinese Street Food yang harus kalian coba. Rasanya terkadang manis dan terkadang asem. Tanghulu ini terdiri dari buah-buahan yang dicelupkan ke dalam sirup gula. Oleh karena itu, Tanghulu memiliki lapisan gula yang keras. Buah nya bermacam-macam, bisa di mix juga, apakah mau tomat, jeruk, stroberi, dll. Tanghulu bisa kalian temukan dimana saja di China.

5. Kembang Gula Ala China

Kembang Gula ini bentuknya unik-unik. Ada yang berbentuk seperti jamur, ada juga yang bentuknya seperti bunga, dan berbagai macam bentuk lainnya. Lalu ada juga yang dibuat dari gula merah, kemudian dibentuk sesuai keinginan, bisa dibentuk menjadi hewan atau bentuk artistic lainnya.

6. Chestnut Cake 板栗糕

Chestnut Cake merupakan salah satu jajanan khas kota Beijing. Kalau kamu pergi ke Beijing, kamu akan menemukan banyak gerobak yang menjual Chestnut Cake ini. Bagi saya sih ini tidak recommended ya. Rasanya hambar dan aneh.

Chestnut Cake

7. Telur khas China

Berhubung saya juga tidak tahu snack ini namanya apa, jadi saya namakan saja, Telur khas China 😀 Yang pasti ini telur rasanya enak. hehehe

8. Kerupuk khas China

Snack yang satu ini juga saya kurang tau nama asli nya apa, jadi saya beri nama Kerupuk khas China saja 😀

Ini kerupuk super unik, bentuknya panjang, lalu diujungnya seperti dibundel gitu. Kita juga bisa liat sendiri bagaimana si abang penjual nya membuat kerupuk yang satu ini.

9. Shao Kao 烧烤

Shao Kao adalah sate China yang asalnya dari Xinjiang, daerah khusus Muslim di China. Oleh karena itu, jangan heran kalau kebanyakan penjual Shao Kao ini adalah Muslim, alias yang berjilbab atau pakai topi peci. Mereka juga tentunya tidak menjual daging babi. Yang ada daging kambing, ayam, ikan, tahu, sayuran, dll. Di Jakarta juga sudah ada yang jual Shao Kao ini.

Shao Kao

10. Egg Waffle

Well, walaupun egg waffle sebetulnya bukan khas China, tapi egg waffle di Beijing yang satu ini enak bangett~ Saya paling suka egg waffle chocolate.

Egg Waffle

Itulah 10 street food yang pernah saya coba di Beijing. Sebetulnya masih banyak lagi street food di Beijing yang bisa kalian coba. Yuk boleh dishare, apa lagi ya street food yang menarik di Beijing? 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here