Hutong 胡同

Hutong 胡同 yang artinya ialah gang-gang kecil ini merupakan ikon kota Beijing. Jika ingin melihat sisi kuno dari Beijing, Hutong inilah tempatnya. Kita semua seakan-akan diajak masuk ke suasana kota Beijing jaman dulu. Kita bisa keliling Hutong dengan jalan kaki, bisa juga dengan becak. Hutong tersebar di kota Beijing. Salah satu hutong yang terkenal ialah Nanluoguxiang atau South Gong and Drum Lane, yang terletak di Dongcheng District. Di penghujung jalan Nanluoguxiang masih ada jalanan lainnya yang masih termasuk Hutong. Kalau kita jalan terus menyusuri Hutong di daerah ini, kita bisa sampai ke Shichahai dan Houhai. Yandai Xiejie atau Skewed Tobacco Pouch Street merupakan Hutong yang dekat dengan Shichahai dan Houhai.

炒豆胡同

Hutong juga tidak terlepas dari yang namanya Siheyuan, atau rumah kuno China yang berbentuk persegi empat. Basically, antar satu Siheyuan dan Siheyuan lainnya itu dihubungkan oleh Hutong ini.

Siheyuan 四合院
Siheyuan 四合院

Menelurusi Hutong dan Siheyuan ini adalah salah satu kegiatan favorit saya selama di Beijing. Saya suka dengan suasana kuno kota Beijing. Saya juga suka dengan suasana ramai nya orang lokal yang berpadu dengan orang asing di Hutong. Saya suka dengan adanya restoran, cafe, bar, dsb disini, seperti adanya perpaduan sempurna dari dua budaya yang berbeda. Biasanya jalur yang saya lalui ialah mulai dari stasiun Nanluoguxiang yang terletak di Line 6 dan Line 8 Exit A, lalu menyebrang jalan ke gerbang masuk nya Nanluoguxiang, melewati Bell and Drum Towers, terus sampai ke Shichahai.

Menyebrang jalan ke gerbang Nanluoguxiang
Nanluoguxiang 南锣鼓巷

Hutong adalah salah satu tempat yang harus kamu kunjungi kalau kamu lagi jalan jalan ke Beijing. Ada banyak barang-barang lucu, unik dan menarik disini. Kita juga bisa beli oleh-oleh khas Beijing, jajanan khas Beijing, jajanan macam churos dan es krim juga ada, dll. Bahkan ada juga loh toko yang menjual postcards di Hutong ini. Kita juga bisa langsung kirim postcards nya di toko tersebut. Harganya sendiri kalau kita mau kirim ke luar kota Beijing, 5RMB/lembar. Kalau mau kirim ke luar negeri, biayanya 10RMB/lembar. Waktu itu saya sempat kirim postcards juga ke teman-teman saya di Indonesia, Korea, Thailand, dan beberapa negara lainnya. Kalau yang Indonesia, postcards nya sampai sekitar 2 bulan setelah saya mengirimnya. Kalau yang Korea, sampainya sekitar 1 bulan. Tapi ada juga beberapa postcards yang tidak sampai ke teman-teman saya 🙁 Lalu ada juga teman saya dari berbagai negara kirim balik postcards nya mereka ke saya di Beijing. Tapi sayangnya saya tidak menerimanya. Mungkin karena mereka hanya menulis alamat saya dalam bahasa Inggris, harusnya ditulis dalam bahasa Mandarin karena orang China kan jarang ada yang bisa bahasa Inggris. Atau mungkin juga ketahan di post office nya yang entah ada dimana.

We can found many unique things in Hutong
Unique Beverage, isn’t it?
Beijing Postcards
My favorite Postcards place

Local people activity

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here