Tepat 1 tahun yang lalu, saya dan keluarga jalan-jalan ke Eropa Barat yaitu Perancis, Belanda dan Swiss. Kami merencanakan liburan ini 1 tahun sebelumnya. Karena jalan-jalan sama keluarga, dimana ada 3 orang tua nya, saya pun merencanakan liburan ke Eropa dengan sangat matang. Kami totalnya ada 5 orang dari Indonesia, yaitu saya, mama, papa, tante, dan adik sepupu. Ada 2 orang lagi yang ikut kami jalan-jalan selama di Eropa, yaitu koko sepupu dan temannya si koko sepupu saya. Jadi totalnya ada 7 orang.

Saya membuat detail itinerary yang disertai dengan transportasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain itu, saya juga membuat detail budgeting nya. Biaya liburan ke Eropa biasanya sangat mahal, tapi saya berhasil menekan biaya nya di biaya pesawat. Waktu itu saya dapat tiket pesawat murah ke Eropa, yaitu cuma 6jt Rupiah PP.

Buat kamu yang penasaran bagaimana saya merancang detail itinerary ke Eropa bersama keluarga ini dan budgeting nya, saya kasih bocorannya dibawah ini ya.

ITINERARY

Travel Itinerary Eropa Barat 10 Hari

Travel Itinerary diatas ini merupakan itinerary secara umum nya. Kalau yang dibawah ini, sudah saya bagi per masing-masing negara.

Travel Itinerary France

ITINERARY PERANCIS 

Day 1, 25 September 2017: Jakarta – Bangkok
Day 2, 26 September 2017: Bangkok – Paris, Paris 
Day 3, 27 September 2017: Paris, Paris – Bordeaux, Bordeaux – St. Foy La Grande
Day 4, 28 September 2017: Plum Village
Day 5, 29 September 2017: Plum Village
Day 6, 30 September 2017: La Roque-Gageac and Sarlat-la-Canéda

Travel Itinerary Netherlands

ITINERARY BELANDA 

Day 7, 1 October 2017: Toulouse – Amsterdam, Amsterdam
Day 8, 2 October 2017: Zaanse Schans, Volendam, Edam, Amsterdam

Travel Itinerary Switzerland

ITINERARY SWISS 

Day 9, 3 October 2017: Amsterdam – Basel, Interlaken
Day 10, 4 October 2017: Jungfraujoch, Lauterbrunnen, Mürren
Day 11, 5 October 2017: Zurich – Bangkok
Day 12, 6 October 2017: Bangkok – Jakarta

BUDGETING

Berikut pengeluaran kami selama di Eropa 10 Hari dengan total 12 Hari (2 hari nya dipesawat). Saya sudah bagi jadi per bagian.

Flight Ticket Return, Local Flight/Train, Hotel, Visa, Travel Insurance
Transportation
Meals & Entrance Fee
Shopping
Others & Total Actual Fees

Bisa dilihat dari budgeting diatas bahwa total pengeluaran per orangnya ialah Rp24,722,657. Ya lebih kurang sekitar 25jt lah, karena pasti ada beberapa pengeluaran yang saya lupa catat juga.

Banyak yang tidak percaya saya menghabiskan hanya 25jt untuk perjalanan ke Eropa selama 10 hari. Banyak cara yang saya lakukan untuk menekan budget jalan-jalan ke Eropa ini, misalnya gonta ganti rute penerbangan atau jadwal perjalanan, mencari penerbangan murah ke Eropa, dsb. Karena kami menginap 5 hari di Plum Village, sebuah pusat meditasi Zen Buddhism di Perancis, jadi kami bisa sekalian menghemat biaya hotel nya juga.

Ya harusnya sih kalau menginap di Plum Village itu bayar juga, tapi karena koko sepupu saya saat ini sedang belajar disana (baca: calon biksu), kami pun dikasih gratis untuk biaya penginapannya. Bahkan kami juga mendapat surat undangan khusus dari Plum Village nya, agar saat apply visa nya lebih mudah untuk di approve 🙂

View this post on Instagram

Before 2017 ends, I'd like to share my most memorable journey in 2017 (and perhaps in my entire life). It was when I and family stayed at Plum Village France for a few days. It is a Buddhist monastery and meditation center in Dordogne, Southern France. And it's also the home of Master Zen Thich Nhat Hanh, our spiritual teacher. The main purpose to go there was to visit my cousin who is now living as a novice monk at Plum Village France. . It was lovely and peaceful to stay at Plum Village. We met so many monks and nuns who live there. They come from various countries, such as Vietnam, Indonesia, Germany, Netherlands, France, etc. Because my cousin is a part of them, so they are automatically become my family too. I've found new family members there❤️❤️❤️ Such a blessing to have family like this🙏😇 . "Tak bergaul dengan orang-orang dungu, bergaul dengan para bijaksana. Dan menghormat yang patut dihormat, Itulah berkah utama." (Mangala Sutta) . #jeanetravelstory #jeaneineurope #plumvillage #villagedespruniers

A post shared by Jeane Rooseline 蔡素贞 (@jeanerooseline) on

Bagi saya, perjalanan ke Eropa bersama keluarga ini sungguh sangat bermakna. Karena kami bukan hanya sekedar jalan-jalan biasa, namun ada perjalanan spiritual nya juga. “Journey to the West” mungkin bisa jadi judul yang cocok untuk perjalanan kami ke Eropa ini. Ketika kami sekeluarga sama-sama “pulang ke rumah” di Perancis. Maksud dari “pulang ke rumah” ini adalah karena Plum Village bisa dibilang sebagai tanah suci. Bahkan, memang sudah merupakan bagian dari keluarga kami juga.

Rasanya sangat bersyukur saya bisa membawa kedua orangtua “pulang” ke Plum Village, menjalin jodoh baik dengan keluarga besar Plum Village, dan juga bisa mengajak mereka jalan-jalan di Eropa, terutama Swiss.

Ya, itulah itinerary, budgeting, dan sedikit cerita mengenai apa yang saya rasakan dibalik perjalanan kami ke Eropa. Semoga itinerary dan budgeting ini berguna buat kamu yang sedang menyusun liburan ke Eropa bersama orangtua ya 😉

8 COMMENTS

  1. Hallo Jeane, salam Kenal aku Della
    aku berencana solo trip ke eropa tahun depan haha (msh nabung)
    boleh aku minta itin kamukah ? terimakasi Jeane 🙂

  2. cuma mau bilang terima kasih banyak untuk penjelasannya, bener2 detail.
    helpful banget untuk yg berencana ke Swiss 🙂
    salut juga sama Mbanya, mudah2an aku juga bisa ngajak ortu jalan2.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here