Belitung, salah satu pulau yang ada di Indonesia ini memang sangat menarik untuk dijelajahi. Belitung sudah mulai terkenal akan keindahan alamnya, sejak Laskar Pelangi booming pada tahun 2005. Bebatuan granit yang besar dan pasir nya yang lembut adalah ciri khas pantai-pantai di Belitung.

Ketika saya berencana untuk menjelajah Belitung bersama teman-teman, kami memilih hari yang ada long weekend nya yaitu tanggal 25 – 28 Mei 2017. Itu artinya 4 Hari 3 Malam di Belitung. Setelah melakukan research, kami pun menyusun itinerary dan budgeting nya. Berikut saya lampirkan perbandingan antara itinerary dan budgeting yang direncanakan dan yang aktual nya.

Itinerary

  1. Itinerary yang direncanakan
  • Secara General:

Hari 1, 25 Mei 2017 (Belitung Timur Tour): Mie Belitung Atep, Museum Kata, Kampoeng Ahok, Replika SD Muhammadiyah, Rumah Makan Fega, Vihara Dewi Kwan Im, Pantai Burung Mandi

Hari 2, 26 Mei 2017 (Island Hopping): Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas, Pulau Kepayang, Pulau Kelayang, Pulau Pasir, RM Belitong Timpo Duluk

Hari 3, 27 Mei 2017 (Tanjung Pandan Beach Tour): Danau Kaolin, Pantai Tanjung Tinggi, Kampong Dedaun, Pantai Tanjung Pendam, Pantai Bukit Berahu, Dynasty Resto

Hari 4, 28 Mei 2017 (Tanjung Pandan City Tour): Tempat Belanja Oleh-oleh Khas Belitung, Rumah Adat Belitung, Suto Belitung Mak Janah.

  • Secara Detail:

Hari 1, 25 Mei 2017 (Belitung Timur Tour):

Jakarta – Tanjung Pandan
H.A.S. Hanandjoeddin Airport – Hotel
Hotel – Mie Belitung Atep
Mie Belitung Atep – Museum Kata
Museum Kata – Kampoeng Ahok
Kampoeng Ahok – SD Muhammadiyah
SD Muhammadiyah – RM Fega
Rumah Makan Fega – Vihara Dewi Kwan Im
Vihara Dewi Kwan Im – Pantai Burung Mandi
Pantai Burung Mandi – Hotel

Hari 2, 26 Mei 2017 (Island Hopping):

Hotel – Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang – Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas – Pulau Kepayang
Pulau Kepayang – Pulau Kelayang
Pulau Kelayang – Pulau Pasir
Pulau Pasir – Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang – RM Belitong Timpo Duluk
RM Belitong Timpo Duluk – Hotel

Hari 3, 27 Mei 2017 (Tanjung Pandan Beach Tour):

Hotel – Danau Kaolin
Danau Kaolin – Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi – Kampong Dedaun
Kampong Dedaun – Pantai Tanjung Pendam
Pantai Tanjung Pendam – Pantai Bukit Berahu
Pantai Bukit Berahu – Dynasty Resto
Dynasty Resto – Hotel

Hari 4, 28 Mei 2017 (Tanjung Pandan City Tour):

Hotel – Tempat Belanja Oleh2 Khas Belitung
Tempat Belanja Oleh2 – Rumah Adat Belitung
Rumah Adat Belitung – Suto Belitung Mak Janah
Suto Belitung Mak Janah – H.A.S. Hanandjoeddin Airport

2. Itinerary aktual

  • Secara General:

Hari 1, 25 Mei 2017 (Belitung Timur Tour): Dermaga Laskar Pelangi, Replika SD Muhammadiyah, Museum Kata Andrea Hirata, Kampoeng Ahok, RM Fega, Vihara Dewi Kwan Im, Pempek “Mak Putri”

Hari 2, 26 Mei 2017 (Island Hopping): Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Batu Garuda, Pulau Pasir, Pulau Lengkuas, Pulau Babi Besar, Pulau Babi Kecil, Mie Belitung Atep, Pantai Tanjung Pendam, Kopi Kong Djie, Song Sui Belitung, Babel Central Snack, Pusat Kopi Kong Djie

Hari 3, 27 Mei 2017 (Tanjung Pandan City & Beach Tour): Danau Kaolin, Ecowisata Mangrove Kuale, Pantai Tanjung Tinggi, RM Cinta Kasih, Bakau Labuna, Pantai Tanjung Tinggi, Toko Oleh-Oleh Klapa, Dynasty Resto

Hari 4, 28 Mei 2017: Pantai Tanjung Tinggi, Resto Dapoer Belitung

  • Secara Detail:

Hari 1, 25 Mei 2017 (Belitung Timur Tour):

Jakarta – Tanjung Pandan
H.A.S. Hanandjoeddin Airport – Dermaga Laskar Pelangi
Dermaga Laskar Pelangi – Replika Sekolah Laskar Pelangi
Replika Sekolah Laskar Pelangi – Museum Kata Andrea Hirata
Museum Kata Andrea Hirata – Kampung Ahok
Kampung Ahok – RM Fega
RM Fega – Vihara Dewi Kwan Im
Vihara Dewi Kwan Im – Pempek “Mak Putri”
Pempek – Maxone Hotel

Hari 2, 26 Mei 2017 (Island Hopping):

Maxone Hotel – Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang – Pulau Batu Garuda
Pulau Batu Garuda – Pulau Pasir
Pulau Pasir – Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas – Pulau Babi Besar
Pulau Babi Besar – Pulau Babi Kecil
Pulau Babi Kecil – Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang – Maxone Hotel
Maxone Hotel – Mie Belitung Atep
Mie Belitung Atep – Pantai Tanjung Pendam
Pantai Tanjung Pendam – Kopi Kong Djie
Kopi Kong Djie – Song Sui Belitung
Song Sui Belitung –  Babel Central Snack
Babel Central Snack – Pusat Kopi Kong Djie
Pusat Kopi Kong Djie – Maxone Hotel

Hari 3, 27 Mei 2017 (Tanjung Pandan City & Beach Tour):

Maxone Hotel – Danau Kaolin
Danau Kaolin – Ecowisata Mangrove Kuale
Ecowisata Mangrove Kuale – Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi – RM Cinta Kasih
RM Cinta Kasih – Bakau Labuna
Bakau Labuna – Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi – Toko Oleh-oleh Klapa
Toko Oleh-oleh Klapa – Dynasty Resto
Dynasty Resto – Maxone Hotel

Hari 4, 28 Mei 2017:

Maxone Hotel – Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi – Maxone Hotel
Maxone Hotel – Resto Dapoer Belitung
Resto Dapoer Belitung – H.A.S. Hanandjoeddin Airport

Dari perbandingan itinerary diatas, kita bisa melihat ada beberapa perbedaan. Misalnya, awalnya kami mau ke Rumah Adat Belitung di hari keempat. Namun kami malah ke Pantai Tanjung Tinggi lagi, padahal di hari ketiga kami sudah ke Pantai Tanjung Tinggi. Itu karena kami suka banget sama Pantai Tanjung Tinggi, dan kami pikir kalau sempat saja baru ke Rumah Adat, eh tapi emang tidak sempat kesana. Tapi kami ada pergi ke tempat wisata yang sebelumnya tidak ada di itinerary awal, yaitu ke Ecowisata Mangrove Kuale dan Bakau Labuna.

Selain itu, ada beberapa rumah makan yang tidak sempat kami cobain juga, seperti RM Belitong Timpo Duluk, Kampong Dedaun, dan Suto Belitung Mak Janah. FYI, kata guide kami RM Belitong Timpo Duluk itu sudah tidak seenak dulu lagi karena koki nya sudah pindah ke restoran lain. Mereka hanya menang suasana saja. Jadi kami waktu itu putuskan untuk mencicipi restoran lain, yaitu seperti Resto Dapoer Belitung, Songsui, dll. Pokoknya restorannya sih kebanyakan di rekomendasikan oleh supir kami, Pak Wawan.

Budgeting

  1. Budgeting awal

2. Budgeting aktual

Kami pergi ke Belitung itu dengan naik pesawat NAM Air dan pulangnya naik pesawat Sriwijaya Air. Waktu itu kami pesan lewat Traveloka, dengan harga Rp788.000 PP Jakarta-Tanjung Pandan, bagasi 20kg. Lalu kami juga pesan hotel lewat Traveloka juga. Kami memilih Maxone Hotel, dengan harga Rp726.396 untuk 3 malam per orang. Jadi per malam per orang nya ialah Rp242.132.

Untuk transportasi di Belitung, kami menyewa mobil dan supir nya juga. Karena di Belitung itu tidak ada angkutan umum, jadi mau tidak mau harus sewa mobil atau motor, atau bisa juga naik taxi. Kalau tidak mau capek nyetir, ya sewa supir nya juga. Untungnya ada kenalan nya teman saya yang punya tour & travel di Belitung, jadi kami contact dia dan kami dapat harga Rp350.000 untuk 3 hari per orang. Awalnya sih kami rencana cuma sewa mobil dan supir 3 hari saja, karena di hari terakhir nya kami rencana untuk naik taxi saja. Tapi akhirnya di hari terakhir kami sewa mobil dan supir nya lagi karena takut rempong gitu kalau naik taxi. Dan akhirnya kami pun mendapat harga total Rp437.500 untuk 4 hari per orang. Karena ada 1 hari kami island hopping, jadi harus sewa boat. Sewa nya juga melalui dia dengan harga Rp500.000/boat. Karena kami berempat, jadi per orang nya Rp125.000 untuk sewa boat.

Lalu ada banyak biaya tak terduga juga saat di Belitung, misalnya seperti sewa Gopro, dll. Jadi total pengeluaran yang aktual ialah Rp3.071.146, untuk 4 Hari 3 Malam di Belitung. Itu sih pengeluaran saya pribadi ya. Karena saya belanja oleh-oleh nya hanya Rp346.000. Kalau teman-teman saya yang lain sih lebih dari itu.

 

Itulah itinerary dan budgeting saya selama 4 Hari 3 Malam di Belitung. Saya bisa simpulkan bahwa dengan biaya 3jt kamu sudah bisa keliling Belitung 4 Hari 3 Malam, dengan catatan jalan sendiri ya, bukan sama tour & travel. Jalan-jalannya sudah pasti lebih puas daripada ikut tour. Karena bisa atur itinerary sendiri. Mau lamaan di Pantai juga terserah kita. Ada plus minus nya sih kalau ikut tour. Tapi kalau saya pribadi sih lebih senang jalan sendiri. Lebih seru dan lebih puas 😀

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here