Saya yakin pasti dari kalian penasaran bagaimana Itinerary perjalanan saya ke Korea kemarin, beserta dengan Budgeting nya. Berikut ini, saya membuat perbandingan antara Itinerary & Budgeting yang direncanakan dan yang aktual.

Itinerary

  • Itinerary yang direncanakan:

Hari pertama — 9 Oktober 2016: Myeongdong, Dongdaemun, Insadong, Namdaemun
Hari kedua — 10 Oktober 2016: Gyeongbokgung Palace, Changyeongung Palace, Changdeokgung Palace, Deoksugung Palace, Jongmyo Shrine, National Folk Museum, Cheonggyecheon Stream, Gwanghwamun Square
Hari ketiga — 11 Oktober 2016: Everland Theme Park
Hari keempat — 12 Oktober 2016: Nami Island, Petite France, The Garden of Morning Calm
Hari kelima — 13 Oktober 2016: Mt. Seoraksan, Banpo Bridge Rainbow Fountain, Hongik University
Hari keenam — 14 Oktober 2016: Haedong Yonggungsa Temple, Jagalchi Market, Beomeo-Sa (Beomeo Temple), Busan International Film Festival Square, Haeundae Beach, Haeundae Market
Hari ketujuh — 15 Oktober 2016: Siloam Jjimbilbang, Explore Coffee Shop
Hari kedelapan — 16 Oktober 2016: Free Hanbok Experience, N-Seoul Tower, Bukchon Hanok Village, Nande Village, Samcheongdong
Hari kesembilan — 17 Oktober 2016: Free Time
Hari kesepuluh — 18 Oktober 2016: Free Time

  • Itinerary yang aktual:

Hari pertama — 09 Oktober 2016: Myeongdong, Dongdaemun (Wisata Belanja dan Kuliner di Seoul)
Hari kedua — 10 Oktober 2016: Gyeongbokgung Palace, Deoksugung Palace, Gwanghwamun Square, Cheonggyecheon Stream (Keliling Istana dan sekitarnya)
Hari ketiga — 11 Oktober 2016: Everland Theme Park (Main di Theme Park)
Hari keempat — 12 Oktober 2016: Nami Island, Petite France, The Garden of Morning Calm (Keliling kota Gapyeong, Nami Island)
Hari kelima — 13 Oktober 2016: Mt. Seoraksan (Wisata Alam alias Naik Gunung di Kota Sokcho)
Hari keenam — 14 Oktober 2016: Hongik Univ, Insadong, LINE Friends Myeongdong, Namdaemun Market, Lotte Mart (Wisata Belanja di Seoul)
Hari ketujuh — 15 Oktober 2016: Bukchon Hanok Village, N-Seoul Tower, Banpo Bridge Rainbow Fountain (Wisata Budaya di Seoul, Memakai Hanbok di Seoul, Melihat Seoul dari ketinggian, Menonton Pertunjukan Rainbow Fountain yang terkenal di Seoul)
Hari kedelapan — 16 Oktober 2016: Ehwa Womans University, Jogyesa Temple, Miss Lee Cafe, COEX Mall, Haneul Park (Keliling Universitas tercantik di Seoul, Wisata Religi, Mengunjungi Instagrammable cafe, Mall underground terbesar se-Asia, Wisata Alam)
Hari kesembilan — 17 Oktober 2016: Yeouido Hangang Park, Myeongdong, Hongdae (Wisata Alam, Wisata Kuliner di Seoul)
Hari kesepuluh — 18 Oktober 2016: Free Time

See the differences? Yes, banyak yang diubah saat kami sampai di Korea. Karena travelling itu bagi saya lebih enak yang flexible, tidak terpatok dengan itinerary tersebut. Tetapi tetap harus bikin itinerary ya, supaya kita ada bayangan saja. Well, walaupun banyak yang diubah tapi hampir semua tempat tujuan yang ingin kami kunjungi sudah kami datangi. Bahkan kami pergi ke tempat wisata tambahan yang sebelumnya tidak kami rencanakan, seperti COEX Mall, Haneul Park, dan Hangang River.

Awalnya tanggal 14 Oktober 2016, kami rencana mau ke Busan. PP Seoul-Busan gitu rencananya. Tetapi kami terpaksa harus membatalkan rencana kami tersebut, karena satu minggu sebelum keberangkatan kami mendengar berita bahwa di Busan terkena angin topan Chaba yang sudah merusak begitu banyak tempat wisata.

Lalu untuk tanggal 16 Oktober 2016 itu sebetulnya adalah Free Time. Kalau saya sih perginya ke Ehwa Woman’s Univ, Jogyesa Temple, Miss Lee Cafe, COEX Mall, dan Haneul Park. Sementara ada teman saya yang lain yang pergi ke tempat yang berbeda dengan saya. Ada yang pergi ke SM Town, tempat yang wajib dikunjungi bagi para pecinta K-Pop. Ada juga yang pergi ke Insadong lagi untuk berbelanja. Menurut saya, kalau kita jalan-jalan lebih baik di sediain 1 hari atau 2 hari untuk Free Time. Karena teman seperjalanan kita masing-masing pasti punya keinginannya sendiri mau jalan kemana. Ada yang cuma mau istirahat saja di penginapan, ada juga yang mau belanja, ada yang mau wisata alam, ada yang mau wisata budaya, dll.

Budgeting

  • Budgeting awal:

  • Budgeting aktual:

Total biaya yang diprediksi kurang lebih sih sama dengan yang sebenarnya, yaitu sekitar 13jt. Kalau diliat dari Total Actual Fees yang ada diatas, angkanya menunjukan Rp14.711.255 tapi itu belum dipotong dengan titipan-titipan. Kalau dipotong sama titipan, totalnya jadi Rp13.385.755. Ya, kurang lebih mirip bukan dengan yang diprediksi?

Jadi intinya ialah dengan 13 juta Rupiah kamu sudah bisa pergi ke Korea selama 10 hari. Itu juga sudah termasuk belanja, oleh-oleh, dan semua-semuanya. Sedikit tips dari saya, carilah kupon diskon untuk tempat wisata, tempat makan, dan untuk belanja. Ada banyak website yang menawarkan kupon diskon seperti itu. Kita hanya perlu download atau cetak tiket promo nya. Nanti begitu sampai di tempat tujuan, kita bisa coba tunjukan tiket promo tersebut. Jika valid, kita bisa mendapatkan promo. Contohnya, kami mendapat promo untuk tiket masuk Petite France, yang harusnya 8000 won menjadi 6000 won.

Berikut website yang menyediakan kupon diskon:

http://cn.konest.com/contents/coupon_list.html (Mandarin)
http://www.hanyouwang.com/coupon.html (Mandarin)
http://vkc.or.kr/en/special-offers/discount-coupons/ (English)

Kalau kamu tidak sempat membuka website-website tersebut, kamu juga bisa mendapatkan kupon diskon tersebut sesampainya kamu di Korea. Biasanya di stasiun subway atau MRT tersedia kupon diskon yang bisa kamu ambil secara gratis.

Atau alternatif lain ialah beli tiket online. Ada banyak website yang menyediakan pembelian tiket secara online, kalau book lewat situ biasanya suka dapat diskon. Coba cek website satu ini.

Di budgeting awal, saya juga memasukkan Airport Tax seharga Rp150.000. Ternyata Airport Tax yang harus dibayar saat di Airport sudah tidak berlaku lagi per 1 Maret 2015 lalu.

Begitulah itinerary dan budgeting saya ketika jalan-jalan ke Korea pada Oktober 2016 lalu. Semoga bermanfaat! 🙂

15 COMMENTS

  1. hai.. aku punya rencana korea taun depan tp ga ada npwp
    bisa minta contoh surat Tourist Visa Application Letter dan Statement letter orang tua ga ya?

  2. Hallo. Saya dari Malaysia. Cukup ke sehari sahaja untuk keliling Nami, Petite France dan The Garden of Morning Calm? Atau perlu dua hari baru keliling semua? Terima kasih

    • Hai Ismi, salam kenal ya 🙂
      Maaf saya tidak bisa bahasa Melayu. Saya pakai bahasa Indonesia saja ya.
      Sehari sih cukup untuk keliling ketiga tempat itu. Tapi jadinya agak terburu-buru saja. Kalau mau agak santai boleh menginap disekitar sana 🙂

  3. Selamat sore, mba mau nanya, saya kan ada rencana mau k korea, aku punya npwp, tapi karna blom smpe setahun jadi blom punya spt, itu gimana yah? Terima kasih

  4. siang ka
    bisa kirimin persayaratan buat visa nya
    ke email saya ini : immabutarbutar26@gmail com
    kalo bikin visa nya untuk 5orang sekaligus tabungannya harus satu satu atau boleh di gabung?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here