Kebanyakan orang jalan-jalan ke Jepang itu menghabiskan waktu sekitar 12 hari, malah katanya itu masih kurang. Mungkin harus sebulan kali ya, kalau mau puas jalan-jalan di Jepang nya. Tapi karena jatah cuti saya yang terbatas, saat ke Jepang kemarin saya cuma 7 hari saja disana. Kebetulan dapat tiket murah juga ke Osaka. Lagipula kalau hanya ke Osaka dan sekitarnya itu memang cukup hanya 7 hari.

Setelah baca-baca, melihat rute, dan kalkulasi budgeting, akhirnya saya dan teman-teman memutuskan hanya jalan-jalan di Osaka dan Kyoto saja. Sebenarnya ada juga kota lain di dekat situ seperti Nara dan Kobe, namun karena waktu dan budget yang terbatas, kami akhirnya tidak pergi kesana. Dari awal bikin budgeting, totalnya itu sekitar 10jt udah all-in. Budgeting yang saya bikin ternyata tepat. Baca disini untuk tips hemat jalan-jalan di Jepang. Di artikel ini saya mau bahas mengenai itinerary dan budgeting selama saya di Jepang bulan Juli 2019 lalu.

Itinerary

Hari 1: Kyoto – Gion
Hari 2: Kyoto – Fushimi Inari Taisha, Nishiki Market, Higashiyama, Yasaka Shrine
Hari 3: Kyoto – Menbaka Fire Ramen, Arashiyama Bamboo Forest
Osaka – Dotonbori, Shinsaibashi
Hari 4: Osaka – Osaka Aquarium Kaiyukan
Hari 5: Osaka – Kuromon Market, Osaka Castle
Hari 6: Osaka – Universal Studios Japan
Hari 7: Back to Jakarta

Sebenarnya waktu efektif jalan-jalan di Jepang saya itu cuma 5 hari. Hari pertama itu sampai di Kyoto nya sudah malam, dan begitu sampai juga turun hujan. Jadi tidak bisa jalan-jalan malam hari juga. Di hari terakhir sebenarnya bisa jalan-jalan setengah harian, karena pesawat kami itu sekitar jam 4 sore waktu sana. Tapi karena waktu check out airbnb kami pk10.00 pagi, jadinya kami langsung ke airport saja. Karena tidak mungkin juga jalan-jalan sambil bawa koper. Ya memang disana ada banyak loker penitipan koper. Namun karena suara vote terbanyak adalah langsung ke airport, ya saya juga ikut aja.

Itinerary diatas sebetulnya merupakan itinerary yang dadakan. Jadi kami sebelumnya sudah punya itinerary, tapi itu semua jadi berubah ketika sudah sampai disana. Ya saya rasa ini justru lebih enak dan flexible karena menyesuaikan dengan sikon dan mood mau nya kemana. Karena yang terpenting adalah journey nya itu sendiri, bukan destinasi nya.

Tapi kalau dari saya sendiri, bucket list saya di Kyoto itu Arashiyama Bamboo Forest, Fushimi Inari Taisha, dan Menbaka Fire Ramen. Kalau di Osaka, bucket list saya itu ke Universal Studios Japan dan Osaka Castle. Sisanya terserah saja. Walau itinerary nya berubah semua, yang penting bucket list saya sudah tercapai semua juga. πŸ˜€

Budgeting

Budgeting diatas adalah budgeting aktual saya selama di Jepang 7 hari. Tapi sebenarnya masih ada beberapa pengeluaran tak tercatat juga, namun itu jumlahnya tidak seberapa. Harusnya masih sekitaran 10jtan juga untuk totalnya. Maklum, saya biasanya kalau jalan-jalan itu kumpulin bon nya dan baru mencatat pengeluaran saat malam hari. Jadi kalau ada yang terlewat itu wajar lah ya. πŸ˜›

Bisa dilihat bahwa saya lebih boros di makanan. Ya, makanan di Jepang itu emang mahal-mahal. Sekali makan aja bisa abis sekitar Rp100.000 – Rp200.000. Penginapan juga mahal kalau di Jepang. Waktu itu saja kami cari-cari dapat yang termurah sekitar Rp250.000 per orang per malam. Kami awalnya kira Osaka dan Kyoto itu mungkin lebih murah dibanding Tokyo. Eh tapi ternyata tetap mahal juga. Selama di Kyoto, kami lebih sering jalan kaki muterin kota nya jadi bisa lebih hemat di transportasi.

Untuk tiket masuk wisata juga kami hanya pergi ke tempat yang benar-benar ingin dikunjungi saja. Kalau saya sih udah pasti mau ke Universal Studios Japan di Osaka. Teman saya ada yang pengen banget ke Osaka Aquarium Kaiyukan. Akhirnya kami pun hanya ke 2 tempat wisata itu saja yang berbayar. Itu pun kami mencari tiket yang termurah nya.

Waktu itu kebetulan Klook ada promo Buy 3 Get 1 Free Universal Studios Japan, langsung deh kami borong waktu itu. πŸ˜€ Eh selanjutnya dikasih kode promo lagi sebesar 3% untuk pembelian tiket Osaka Aquarium Kaiyukan di Klook, karena kami sudah membeli tiket USJ nya. Akhirnya beli tiket Osaka Aquarium Kaiyukan di Klook lagi deh. Sebenarnya ada juga produk kombo USJ dan Osaka Aquarium Kaiyukan, tapi setelah diitung-itung, lebih murah produk satuannya yang lagi promo itu.

Itulah itinerary dan budgeting saya selama 7 hari di Jepang. Jalan-jalan ke Jepang ga harus selalu mahal kan? πŸ˜‰ Semoga bermanfaat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here