Taiwan begitu terkenal dengan kuliner dan night market nya. Tujuan utama saya ke Taiwan waktu itu memang untuk kuliner. Ada begitu banyak makanan yang ingin saya cicipi di Taiwan. Sebelum ke Taiwan, saya sempat list begitu banyak rekomendasi makanan atau restoran enak di Taiwan.

Karena keterbatasan waktu juga, saya tidak bisa mencicipi makanan yang ada di dalam list. Tapi saat disana, saya mencicipi berbagai macam makanan yang enak-enak lainnya yang bahkan tidak ada di dalam list. Nah, saya pun sudah merangkum 10 makanan yang sudah saya coba sendiri ketika di Taiwan dan yang paling saya rekomendasikan.

1. Tahu Busuk 臭豆腐

Kiri: Tahu Busuk Basah; Kanan: Tahu Busuk Goreng

Siapa yang tidak tahu jajanan khas Taiwan satu ini? Tahu Busuk! Ya, tahu busuk atau stinky tofu 臭豆腐 harus dicoba saat berada di Taiwan. Indonesia memiliki Jengkol dan Pete sebagai makanan yang paling bau nya, sedangkan Taiwan memiliki Tahu Busuk ini. Bau khas yang dimiliki oleh stinky tofu ini adalah karena proses fermentasinya.

Tahu busuk ada yang basah, ada juga yang goreng. Saya pribadi lebih bisa makan yang goreng. Tahu busuk ini banyak dijual di night market di Taiwan, seperti Shilin Night Market, Ningxia Night Market, Fengjia Night Market, dll. Harganya beda-beda tiap toko, berkisar diantara 50-70 NTD.

Shilin Night Market 士林夜市
– Alamat: No. 101號, Jihe Road, Shilin District, Taipei City, Taiwan 111 
– Jam buka: Sekitar pk16.00 – 00.00 

Ningxia Night Market 寧夏夜市
– Alamat: Ningxia Road, Datong District, Taipei City, Taiwan 103
– Jam Buka: 5pm – 12am 

Fengjia Night Market 逢甲夜市
-Alamat: Wenhua Rd., Xitun Dist, Taichung City, Taiwan
-Jam Buka: 16:00-2:00

2. Cong Zhua Bing 蔥抓餅

Cong Zhua Bing

Cong Zhua Bing 蔥抓餅 atau yang dalam bahasa Inggrisnya ialah Onion Pancakes ini merupakan jajanan khas Taiwan yang harus dicoba. Bentuknya seperti roti prata tapi memakai daun bawang. Ini banyak dijual di pinggir jalan.

Cong Zhua Bing bisa ditemukan di dekat Raohe Night Market, persisnya di sebelah Songshan Ciyou Temple. Selain itu bisa juga di Yong Kang Street. Untuk harganya, 25 NTD untuk original. Kalau mau tambah yang lain seperti telur, ham, dll itu harganya sekitar 35-50 NTD.

Tianjin Cong Zhua Bing 天津蔥抓餅
Alamat: 
No. 1號, Lane 6, Yongkang Street, Da’an District, Taipei City, Taiwan 106

A Ming Cong Zhua Bing 阿銘蔥抓餅
Alamat: No. 761號, Section 4, Bade Road, Songshan District, Taipei City, Taiwan 105

3. Dan Bing 蛋饼

Dan Bing @麦而美

Tidak hanya ada Cong Zhua Bing, di Taiwan juga ada makanan tradisional yang namanya Dan Bing 蛋饼 atau egg pancake. Dan Bing merupakan pancake dengan telur dan daun bawang. Bisa juga ditambah dengan bacon, ham, tuna, pork, cheese, corn, dll.

Typical breakfast di Taiwan ini banyak ditemukan di restoran-restoran khusus breakfast di Taiwan. Untuk harganya, 20-25 NTD untuk original. Kalau mau tambah yang lain seperti cheese, corn, ham, dll itu harganya sekitar 30-45 NTD.

麦而美
– Alamat: No. 119, Chengdu Road, Wanhua District, Taipei City, Taiwan 108
– Jam Buka: 6.20am – 1pm, tutup Minggu

4. Dou Jiang You Tiao 豆浆油条

Dou Jiang You Tiao

Dou Jiang You Tiao 豆浆油条 adalah cakwe dan susu kacang kedelai. Ini adalah typical breakfast khas Taiwan, selain Dan Bing. Kalau di Taiwan, cakwe itu dimakan bersama susu kacang kedelai. Ada 1 restoran yang terkenal enak untuk makan Dou Jiang You Tiao ini, yaitu Fu Hang Dou Jiang.

Karena restoran ini sangat terkenal, mau makan disini biasanya harus antri panjang, bisa sampai 1-2 jam. Saya sarankan untuk datang pagi-pagi di hari weekdays, atau bisa juga pesan online lewat Klook.

Fu Hang Dou Jiang 阜杭豆漿
– Alamat:
Hua Shan Market Level 2, No. 108, Zhongxiao East Road, Sec. 1 (Shandao Temple Station)
– Jam Buka:
5.30am – 12.30pm (Selasa – Minggu), Tutup Senin

5. Taiwanese Fried Chicken

A must eat in Taiwan: Monga Chicken

Siapa yang suka ayam-ayam Taiwan macam Shihlin atau Shida? Saya sendiri salah satu pencinta ayam goreng nya Taiwan. Jadi pas di Taiwan nya langsung harus makan fried chicken nya. Fried chicken Taiwan itu biasanya ukurannya gede, ayam nya juga empuk, tebel dan juicy.

Fried Chicken favorit saya selama di Taiwan ialah Monga Fried Chicken. Ini saya temukan di Raohe Night Market. Harganya 75 NTD. Ada rasa original, seaweed, dan chili. Ada juga juicy chicken nuggets yang harganya 70 NTD.

Monga Fried Chicken 艋舺雞排
– Alamat: No. 79, Raohe Street, Songshan District, Taipei City, Taiwan 105

6. Pineapple Cake

Ke Taiwan tidak komplit rasanya jika tidak mencicipi Pineapple Cake. Ini juga biasanya snack wajib yang dibeli untuk oleh-oleh khas Taiwan. Nastar nya Taiwan berbeda dengan yang di Indonesia. Bentuknya itu kotak, berukuran besar, isi nanas nya kebanyakan itu kering-kering lengket gitu, dan rasanya juga tidak terlalu manis.

Ada begitu banyak merk pineapple cakes yang dijual di Taiwan, yaitu Chia Te, Vigor Kobo, Ijysheng, dan masih banyak lagi. Dari semua merk itu yang paling terkenal ialah Chia Te. Hampir semua teman saya juga merekomendasikan Chia Te.

Chia Te Bakery
– Alamat: No. 88號, Section 5, Nanjing East Road, Songshan District, Taipei City, Taiwan 105
– Jam Buka: 8am – 9.30pm

7. Xiao Long Bao 小笼包

Dimsum and How to eat Dimsum at Din Tai Fung

Berbicara mengenai Xiao Long Bao atau Chinese dumplings di Taiwan, saya merekomendasikan restoran Din Tai Fung yang berada di Taipei 101 atau Xinyi Road. Kalau saya waktu itu ke Din Tai Fung yang di Taipei 101 nya, karena memang sekalian mau ke Taipei 101 Observatory nya.

Karena restoran Din Tai Fung ini terkenal, jadi nunggu nya lumayan lama. Saya sarankan untuk membeli voucher makan nya dulu online lewat Klook, biar bisa langsung masuk tanpa harus antri.

Din Tai Fung (Taipei 101 Branch)
– Alamat:
B1F., No.45, Shifu Rd., Xinyi Dist., Taipei City 110, Taiwan
– Jam Buka: 11:00am-9:30pm, Minggu-Kamis; 11:00am-10:00pm, Jumat-Sabtu

8. Liu Yu Zai Fried Taro Ball 劉芋仔芋餅

Liu Yu Zai Fried Taro Ball

Salah satu jajanan yang harus dicoba ketika di Taiwan ialah Liu Yu Zai Fried Taro Ball, alias bola-bola ubi. Liu Yu Zai Fried Taro Ball yang ternyata merupakan salah satu Taipei Michelin Bib Gourmand ini bisa ditemukan di Ningxia Night Market.

Saya sangat merekomendasikan Liu Yu Zai Fried Taro Ball yang isinya Salted Egg. Harganya kalau yang original 15 NTD, kalau yang salted egg 20 NTD. Waktu saya kesana, penjualnya ramah sekali. Saya bahkan diberikan bonus 1 taro ball gratis dengan bentuk muka Babi yang lucu.

Liu Yu Zai Fried Taro Ball 劉芋仔芋餅
– Alamat:
Stall 19, Ningxia Road, Datong District, Taipei, Taiwan
– Jam Buka:
5pm – 1am (Senin-Sabtu), 5pm – 12am (Minggu)

9. Radish Cake / Turnip Cake (Luo Bo Gao 蘿蔔糕)

Luo Bo Gao

Radish Cake atau yang sering juga disebut sebagai Turnip Cake adalah Chinese dimsum dish. Kalau bahasa Indonesia nya sih kue lobak. Ini adalah salah satu makanan tradisional untuk breakfast di Hong Kong, China, Taiwan.

Kalau di Taiwan sendiri waktu itu saya menemukan ini di restoran breakfast di Ximending. Restoran yang sama dengan poin nomor 3, yang menjual Dan Bing juga. Di restoran ini ada menu bahasa Inggris nya juga, jadi tidak usah khawatir bagi yang tidak bisa bahasa Mandarin. Ssttt, disini juga sambelnya enak banget loh! 😉

麦而美
– Alamat: No. 119, Chengdu Road, Wanhua District, Taipei City, Taiwan 108
– Jam Buka: 6.20am – 1pm, tutup Minggu

10. Hot Pot 火锅

Hot Pot

Buat yang mau makan kuah-kuah biar badan anget, di Taiwan ada banyak restoran Hot Pot. Kebetulan di dekat penginapan saya di Ximending, ada satu restoran Hot Pot yang selalu ramai oleh pengunjung. Bahkan sampai tengah malam juga ramai terus.

Ternyata memang benar, hotpot di restoran yang bernama Yaxiang Stone Huoguo 雅香石頭火鍋 ini sangat enak. Waktu itu kami mengambil beberapa sayuran, daging, mie yang kemudian direbus dengan kuah kaldu.

Yaxiang Stone Huoguo 雅香石頭火鍋
– Alamat: 108, Taiwan, Taipei City, Wanhua District, 成都路159號

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here