Apa yang terlintas dipikiranmu ketika mendengar negara “Taiwan”? Kalau saya, langsung membayangkan night market nya disana. Di setiap kota di Taiwan itu pasti ada night market nya. Rasanya ingin sekali menjelajahi setiap night market yang ada di Taiwan. Tidak hanya menjelajahi night market, sebetulnya ada begitu banyak hal lainnya yang harus kamu lakukan ketika di Taiwan.

1. Night Market Hopping

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal, night market hopping ini wajib dilakukan ketika berada di Taiwan. Ada begitu banyak night market di setiap kota di Taiwan. Berikut saya kasih rekomendasi night market yang harus dikunjungi, berdasarkan pengalaman saya sendiri di Taipei dan Taichung.

Night market yang harus dikunjungi di Taipei: Shilin Night Market, Ximending, Raohe Night Market, dan Ningxia Night Market.

Shilin Night Market

Shilin Night Market adalah night market paling populer dan salah satu yang terbesar di Taiwan. Siapa yang tidak tahu Shilin? Karena kepopulerannya itu, Shilin jadi nama toko yang menjual fried chicken dan jajanan khas Taiwan lainnya.

Shilin Night Market [士林夜市]
– Jam buka: Sekitar pk16.00 – 00.00
– Alamat: No. 101號, Jihe Road, Shilin District, Taipei City, Taiwan 111
– Cara menuju Shilin Night Market: Naik MRT ambil jalur merah ke stasiun Jiantan dan ambil exit 1. Night Market nya ada di seberang jalan.  

Ximending

Ximending adalah pusat jajanan, shopping, dan fashion di Taipei. Oleh karena itu disini penuh dengan anak mudanya. Ximending tidak hanya bisa dikunjungi saat malam, saat siang juga banyak toko yang buka. Biasanya Ximending ini juga menjadi base penginapan selama di Taipei. Jadi kalau mencari penginapan di Taipei, carilah di daerah Ximending.

Ximending [西门町]
– Jam buka:
11am – 11pm
Alamat: Chengdu Rd., Wanhua Dist., Taipei City 108, Taiwan 
– Cara menuju Ximending:
Naik MRT ke Ximen Station (西门), Exit No. 6

Raohe Night Market

Raohe Night Market adalah night market tertua dan terkenal akan kuliner nya di Taipei. Ada begitu banyak makanan lezat disini, salah satunya ialah Monga Fried Chicken. Night market yang satu ini membentang hampir 600m.

Raohe Night Market [饒河夜市]
– Jam Buka:
Sekitar pk17.00 – 00.00
– Alamat: Raohe Street, Songshan District, Taipei City, Taiwan 105
– Cara menuju Raohe Night Market: Naik MRT ambil Jalur Hijau 3 ke stasiun terminal Songshan (松山), exit 5. Pintu masuk night market nya ada diseberang jalan, sebelahan dengan kuil.

Ningxia Night Market

Ningxia Night Market adalah pasar malam pertama di Taiwan yang memisahkan lalu lintas pejalan kaki dan lalu lintas mobil. Ningxia Night Market terkenal dengan kulinernya. Bedanya dengan Raohe, Ningxia ini lebih kecil yaitu sekitar 150m.

Ningxia Night Market [寧夏夜市]
– Jam Buka:
5pm – 12am
Alamat: Ningxia Road, Datong District, Taipei City, Taiwan 103
– Cara menuju Ningxia Night Market:
Shuanglian 雙連 Station Exit 1, ambil kiri ke Minsheng West Road 民生西路. Jalan kaki sekitar 10 menit, dan night market nya ada di sebelah kiri.

Night market yang harus dikunjungi di Taichung: Fengjia Night Market, Yizhong Night Market / Yizhong Street

Fengjia Night Market

Fengjia Night Market adalah night market terbesar di Taichung dan terbaik di Taiwan. Di Fengjia ini juga ada universitas yang bernama Fengjia University. Oleh karena itu, disini ramai dengan anak muda nya. Bagi saya pribadi juga, ini adalah night market yang terbaik di Taiwan. Highly recommended 🙂

Fengjia Night Market [逢甲夜市]
-Jam Buka:
16:00-2:00
-Alamat: Wenhua Rd., Xitun Dist, Taichung City, Taiwan
-Cara menuju Fengjia Night Market:
►Taichung bus 135 atau ibus 22/125→Fengjia University stop
►Dari Taichung train station/Luchuan W. St., naik Taichung bus 35→Fengjia University stop
►Dari Luchan E. St., naik bus 22/25/35/37/41/45→Fengjia University stop

Yizhong Street

Yizhong Night Market / Yizhong Street adalah night market yang terkenal dengan kuliner dan fashion nya. Tidak seperti Fengjia Night Market, Yizhong ini lebih kecil. Yizhong ini juga banyak anak muda nya karena dekat dengan 3 university dan 1 senior high school.

Yizhong Night Market [一中夜市]
-Jam buka:
11:00-00:00 
-Alamat: Yizhong St., North Dist., Taichung City, Taiwan
-Cara menuju Yizhong Night Market:
►Dari Taichung train station, naik Taichung bus 35/41/70/71/100/102→National Taichung University of Science and Technology stop
►Dari Taichung train station, naik ibus 1/20/21/25/31/61/105→National Taichung University of Science and Technology stop
►Dari Taichung train station, naik Ubus 73/81/83→National Taichung University of Science and Technology stop

2. Minum Bubble Tea

Rasanya ada yang kurang jika ke Taiwan tidak mencoba minuman bubble tea. Taiwan begitu terkenal dengan bubble tea nya. Di Indonesia sendiri ada banyak toko bubble tea asal Taiwan, seperti Cha Time, KOI, Share Tea, COCO, Tiger Sugar, dan masih banyak lagi. Nah, karena saya pecinta bubble tea, saya pun setiap hari pasti minum bubble tea. Berikut saya kasih rekomendasi bubble tea berdasarkan pengalaman saya pribadi yang harus dicoba ketika di Taiwan.

Chun Shui Tang

Chun Shui Tang

Chun Shui Tang 春水堂 merupakan bubble milk tea pertama di Taiwan yang berasal dari kota Taichung. Kalau ke Taichung, jangan lupa juga mampir ke tea house nya Chun Shui Tang ini.

Chun Shui Tang [春水堂]
Jam Buka: 11am – 10pm
– Alamat: No. 68, Gongyi Road, West District, Taichung City, Taiwan 403.

50 Lan (50嵐) 

50 嵐

50 Lan (50嵐) merupakan original nya dari KOI cafe yang terkenal di luar Taiwan. Jadi kalau di Taiwan tidak ada yang namanya KOI cafe, tapi cuma ada 50 Lan ini. KOI hanya nama lain dari 50 Lan. 50 Lan banyak dijumpai hampir di setiap kota dan tempat di Taiwan. Kalau dulu Chun Shui Tang yang paling populer, sekarang bisa dibilang 50 Lan lah yang paling populer.

COCO

COCO

Siapa yang tidak tahu COCO? Cabang nya sudah tersebar di berbagai macam negara, termasuk Indonesia. COCO ini minuman bubble tea favorit saya juga, selain 50 Lan. Di Taiwan sendiri COCO banyak tersebar di penjuru kota.

3. Makan Makanan Tradisional Taiwan

Taiwan terkenal dengan kulinernya. Ada begitu banyak jajanan khas Taiwan yang harus dicoba ketika berada di Taiwan. Ini biasanya banyak ditemukan di night market (balik lagi ke poin nomor 1). Berikut rekomendasi makanan tradisional Taiwan yang harus dicoba. Untuk rekomendasi makanan di Taiwan selengkapnya, bisa baca disini.

Tahu Busuk 臭豆腐

Kiri: Tahu Busuk Basah; Kanan: Tahu Busuk Goreng

Siapa yang tidak tahu jajanan khas Taiwan satu ini? Tahu Busuk! Ya, tahu busuk harus dicoba saat berada di Taiwan. Tahu busuk nya ada yang berkuah, ada juga yang goreng. Saya pribadi lebih bisa makan yang goreng.

Cong Zhua Bing 蔥抓餅

Cong Zhua Bing

Cong Zhua Bing 蔥抓餅 atau yang dalam bahasa Inggrisnya ialah Scallion Pancakes ini merupakan jajanan khas Taiwan yang harus dicoba. Ini banyak dijual di pinggir jalan. Bentuknya seperti roti prata tapi memakai daun bawang.

Dou Jiang You Tiao 豆浆油条

Dou Jiang You Tiao @ Fu Hang Dou Jiang

Dou Jiang You Tiao 豆浆油条 adalah cakwe dan susu kacang kedelai. Kalau di Taiwan, cakwe itu dimakan bersama susu kacang kedelai. Ada 1 restoran yang terkenal enak untuk makan Dou Jiang You Tiao ini, yaitu Fu Hang Dou Jiang.

4. Beli oleh-oleh khas Taiwan

Sebagai orang Indonesia yang kalau jalan-jalan ke luar negeri itu harus bawa oleh-oleh, nah berikut rekomendasi oleh-oleh yang harus dibeli ketika di Taiwan.

Pineapple Cakes

Pineapple Cakes alias Nastar ini sangat terkenal sebagai oleh-oleh khas Taiwan. Nastar nya Taiwan berbeda dengan yang di Indonesia. Bentuknya itu kotak, berukuran besar, isi nanas nya kebanyakan itu kering-kering lengket gitu, dan rasanya juga tidak terlalu manis.

Ada begitu banyak merk pineapple cakes yang dijual di Taiwan, yaitu Chia Te, Vigor Kobo, Ijysheng, dan masih banyak lagi. Saya sendiri sudah cobain beberapa pineapple cakes dengan merk yang berbeda-beda, tapi bagi saya sih semuanya hampir sama. LOL. Karena Chia Te itu yang paling terkenal dan katanya favorit semua orang, akhirnya waktu itu saya beli Chia Te.

Chia Te Bakery
– Jam Buka: 8am – 9.30pm
– Alamat: No. 88號, Section 5, Nanjing East Road, Songshan District, Taipei City, Taiwan 105

Sun Cakes (Tai Yang Bing 太阳饼)

Sesuai dengan namanya, Sun Cakes, ini biskuit bentuknya bulat seperti matahari. Sun Cakes berasal dari kota Taichung. Sun Cakes ini dijual juga di Chia Te Bakery. Jadi kalau kamu beli Pineapple Cakes di Chia Te, jangan lupa beli sun cakes nya. 🙂

Chia Te Bakery
Jam Buka: 8am – 9.30pm
– Alamat: No. 88號, Section 5, Nanjing East Road, Songshan District, Taipei City, Taiwan 105

Mini Sky Lantern

Mini Sky Lantern

Sky Lantern atau Menerbangkan lampion (lihat poin nomor 6) merupakan pengalaman yang harus dicoba ketika di Taiwan. Sebelum menerbangkan lampion, kita harus menulis harapan di lampion tersebut, baru kemudian lampion beserta harapan diterbangkan ke atas langit.

Membawa lampion harapan mini pulang ke rumah bisa dibilang membawa harapan untuk orang-orang di rumah. Lampion mini ini juga ada banyak macamnya. Ada yang biasa, ada juga yang pakai lampu LED, jadi akan menyala jika dalam keadaan gelap. Oleh karena itu, ini cocok untuk dijadikan souvenir yang unik dari Taiwan. Souvenir ini bisa ditemukan di Shifen Old Street, karena memang disitulah tempat menerbangkan lampion nya.

Shifen Old Street [十分老街]
Alamat: 226, Taiwan, New Taipei City, Pingxi District, 十分老街
– Cara menuju Shifen Old Street: Dari Taipei Main Station, naik kereta yang ke arah utara menuju Ruifang Station. Transfer ke Pingxi Line (平溪線) dan berhenti di Shifen Station.

5. Mengunjungi Taipei 101, menara tertinggi kedua di dunia

Taipei 101

Taipei 101 merupakan salah satu gedung pencakar langit di dunia. Menara tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai ini memiliki tinggi 1,667 feet (508 meters). Total lantai nya ada 101 lantai, namun pengunjung hanya bisa sampai lantai ke 91. Waktu itu saya juga iseng naik sampai lantai 90/91. Disini outdoor, tapi pemandangannya kurang keliatan soalnya ada beton-beton tinggi gitu. Indoor Observatory nya sendiri ada di lantai ke-89.

Di Taipei 101 kita tidak hanya bisa mengunjungi observatory nya, namun bisa juga mengunjungi mall atau pusat perbelanjaan mewah nya. Sebelum bernama Taipei 101, bangunan ini pun dikenal sebagai Taipei World Financial Center. Jangan lupa, disini ada restoran Din Tai Fung yang terkenal. Bahkan ada juga Starbucks di lantai 35 Taipei 101 ini. Karena itulah, Starbucks di Taipei 101 terkenal dengan sebutan “Starbucks tertinggi di dunia” 😀

Taipei 101 [台北 101]
Biaya Masuk: 600 NTD (on the spot), 510 NTD (online)
– Jam Buka: 9am – 10pm
– Alamat: No.7, Sec. 5, Xinyi Rd., Xinyi Dist., Taipei City 110, Taiwan
– Cara menuju Taipei 101: Naik MRT Tamsui–Xinyi line (Red line) ke Taipei 101 / World Trade Center station Exit No. 4

6. Menerbangkan Lampion Harapan di Shifen Old Street atau Pingxi Old Street

Sky Lantern Experience 😀

Tidak lengkap rasanya jika ke Taiwan tidak merasakan pengalaman menerbangkan lampion harapan, apalagi jika kamu sudah menonton film Taiwan legendaris “You’re The Apple of My Eye”. Ada 2 tempat terkenal untuk menerbangkan lampion, yaitu di Shifen Old Street dan Pingxi Old Street. Lokasi keduanya juga berdekatan, masih 1 jalur kereta yang sama. Kalau Pingxi lebih baik datang saat ada hari Cap Go Meh (hari ke-15 setelah Imlek) karena ada Sky Lantern Festival disana. Kalau kesana nya bukan pas Cap Go Meh, saya sarankan ke Shifen Old Street saja karena lebih ramai.

Price List Sky Lantern at Shifen

Lampion yang diterbangkan ada berbagi macam warna: Merah, Kuning, Biru, Ungu, Putih, Orange, Hijau, Peach, Pink. Masing-masing warna ini punya arti yang berbeda-beda, misalnya warna merah melambangkan “health & prosperous”, warna kuning melambangkan Money & Wealth, dst. Kalau mau menerbangkan kombinasi 4 warna juga bisa. Harganya kalau 1 warna itu 150 NTD, kalau 4 warna 200 NTD.

Shifen Old Street [十分老街]
Alamat: 226, Taiwan, New Taipei City, Pingxi District, 十分老街
– Cara menuju Shifen Old Street: Dari Taipei Main Station, naik kereta yang ke arah utara menuju Ruifang Station. Transfer ke Pingxi Line (平溪線) dan berhenti di Shifen Station.

Pingxi Old Street [平溪老街]
– Alamat: Pingxi Street, Pingxi District, New Taipei City, Taiwan 226
– Cara menuju Pingxi Old Street: Dari Taipei Main Station, naik kereta yang ke arah utara menuju Ruifang Station. Transfer ke Pingxi Line (平溪線) dan berhenti di Pingxi Station.

7. Menikmati indahnya kota pelabuhan Tamsui

Tamsui

Tamsui atau Danshui 淡水 merupakan kota kecil di New Taipei City, bagian utara Taiwan, yang terkenal dengan pelabuhannya. Disini kita bisa mengunjungi Tamsui Fisherman’s Wharf, dimana katanya mempunyai sunset yang indah. Kita juga menikmati Fisherman’s Wharf ini dengan naik ferry.

Di Fisherman’s Wharf itu juga ada Lover’s Bridge yang menarik untuk dikunjungi. Lalu kita juga bisa mengunjungi Tamsui Old Street. Disini ada banyak bangunan tua yang cantik, bisa jadi tempat OOTD buat mempercantik instagram juga. Entah mengapa saya seakan-akan terhipnotis oleh kecantikan kota yang satu ini. Ini adalah tempat favorit saya selama di Taiwan. Saya sepertinya bisa berlama-lama menikmati indahnya kota ini.

Tamsui [淡水]
Cara menuju Tamsui: Naik Red Line 2 ke Tamsui (淡水), stasiun terminal utara. Setelah keluar dari stasiun, belok ke kiri untuk ke Tamsui Old Street dan waterfront.

8. Melihat Formasi Batuan Unik di Yehliu Geopark

Yehliu Geopark

Salah satu tempat wisata yang lagi hits dan ngetrend di Taiwan saat ini ialah Yehliu Geopark. Yehliu merupakan kota nelayan kecil dan mempunyai pantai dengan banyak formasi batuan unik. Ada yang berbentuk jamur raksasa, sepatu sendal, ekor paus, bahkan ada juga yang menyerupai kepala seorang ratu (Queen’s Head).

Bebatuan unik di Yehliu ini sebenarnya ialah batu kapur yang terbentuk akibat erosi Samudera Pasifik yang arusnya sangat deras. Selain itu juga terbentuk akibat pergerakan lempeng bumi Pulau Taiwan yang juga termasuk dalam jalur cincin api. Jadi bentuk bebatuan ini terjadi secara alami.

Yehliu Geopark [野柳地質公園]
– Jam Buka:
8am – 5pm
Tiket masuk: 80 NTD
– Alamat: No 167-1, Gangdong Rd., Yeliu Village, Wanli District, New Taipei City (Yehliu Visitor Center)
Cara menuju Yehliu Geopark:
► Naik Bus Kuo-Kuang (no.1815):
Naik bus ekspres (tujuan Jinshan Youth Activity Center) di Pintu Timur 3 Stasiun Utama Taipei, lalu turun di halte Yehliu, bus datang setiap 20 menit.
► Naik Shuttle Bus:
Naik shuttle bus dari Ximen ke Yehliu, dilanjutkan ke Ying Yang Sea, 13-Layer Remains, Golden Waterfall, Jiufen (九份), dan Shifen Old Streets (十分老街).

9. Mengunjungi Jiufen, Santorini of Taiwan

Jiufen: the Santorini of Taiwan

Jiufen 九份 merupakan sebuah desa kecil yang terletak di atas pegunungan bagian timur laut Taiwan yang menghadap ke Samudera Pasifik. Jiufen yang terletak di distrik Ruifang, New Taipei City ini dulunya ialah desa yang ditempati oleh 9 keluarga sejak masa dinasti Qing. Saat penjajahan Jepang, desa ini menjadi pusat penambangan emas. Setelah penjajahan selesai, penambangan emas pun berhenti namun bangunan asli yang tradisional itu masih tetap terjaga sampai saat ini. Karena masih tradisional itulah, disini kita bisa sewa Qipao, alias Cheong sam atau Chinese traditional clothes.

Jiufen ini juga sering disebut sebagai “Santorini of Taiwan” karena adanya rumah yang bertumpuk-tumpuk dengan background pegunungan dan laut, seperti di Santorini. Jiufen menjadi sangat terkenal karena menjadi inspirasi latar film anime Spirited Away karya animator dan sutradara Jepang, Hayao Miyazaki. Di Jiufen ini ada Jiufen Old Street, dimana kita bisa menyusuri gang-gang kecil yang dipenuhi oleh restoran, cafe, makanan, jajanan lokal, toko souvenir, tea house, dll. Ada 1 tea house yang terkenal bernama “A Mei Tea House“. Ini biasanya menjadi spot foto ketika berada di Jiufen.

Jiufen [九份]
Jam buka: 08 AM – 10 PM
– Cara menuju Jiufen:
► Naik MRT & Bus: Dari Taipei Main Station (台北車站), naik kereta yang ke arah utara ke Ruifang Station. Setelah keluar dari stasiun, dan melihat Wellcome supermarket, ambil kiri dan jalan kaki sekitar 200m di Mingdeng Road. Di sebelah police station ada stasiun bus bernama Local Residents Plaza 區民廣場 dengan rute 827 and 788 menuju Jiufen.
► Naik Shuttle Bus: Naik shuttle bus dari Ximen ke Jiufen, berangkat pk09.30 dan kembali pk16.30.

10. Foto-foto di Rainbow Village Taichung

Rainbow Village

Rainbow Village merupakan salah satu tempat instagrammable di Taiwan. Wajib banget datang kesini untuk foto-foto OOTD agar instagram kamu semakin warna-warni 😀 Awalnya Rainbow Village 彩虹眷村 yang berada di kota Taichung ini merupakan pemukiman veteran, nah ada seorang kakek bernama Huang Yung Fu yang dulu tinggal disini. Lalu untuk membuat lingkungannya menjadi lebih cantik, ia mulai melukis rumahnya. Kemudian diteruskan hingga ke rumah-rumah lain yang ada di kawasan tersebut.

Jadi harus berterima kasih kepada si kakek Huang 黄爷爷 yang mengubah desa veteran menjadi desa Rainbow 彩虹眷村, yang penuh warna-warni seperti rainbow. Maka dari itu, si kakek Huang suka disebut sebagai Rainbow Grandpa 彩虹爷爷. Kakek Huang melukis desa ini dengan gambar-gambar lucu dan penuh dengan warna-warni. Tidak hanya itu ada juga banyak kata-kata baik nya, seperti 感恩的心 (Hati yang Bersyukur), 身体保重才是本钱 (Menjaga tubuh merupakan sebuah aset), 一分耕耘,一分收获 (no gains without pains), 工作顺利 (kerjaan lancar). Saya merasa si kakek Huang ini seakan-akan memberikan doa yang baik buat kita semua.

Rainbow Village [彩虹眷村]
Jam Buka: 8am – 6pm
– Alamat: 408, Taiwan, Taichung City, Nantun District, 春安路56巷25號

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here