My first red leaf

I love Autumn! I love when the yellow and red leaves are falling. I love that kind of feeling, the feeling of letting go.. Well, it was my first autumn in Beijing.

Excited bangeet rasanya mau liat daun-daun hijau berubah menjadi kuning dan merah. Saya pergi ke Beijing awal bulan September 2014. Saat itu, daunnya masih berwarna hijau. Sekitar bulan Oktober, daun-daun itu mulai berubah warna menjadi warna kuning. Awal bulan November sudah mulai berubah ke merah.

Tujuan saya saat musim gugur pastinya ialah hunting foto di tempat yang bagus saat musim gugur di Beijing. Kalau di Korea ada Nami Island dan Mt. Sorak sebagai tempat yang harus dikunjungi ketika musim gugur, di Beijing juga pastinya ada. Setelah research, saya pun akhirnya pergi ke beberapa tempat di Beijing untuk menikmati indahnya musim gugur disini.

1. Fragrant Hill 香山

The beauty of Fragrant Hill, taken by me

Fragrant Hill merupakan tempat paling populer untuk menikmati indahnya musim gugur. Kalau kesini sih bagusnya sekitar awal November. Waktu itu saya kesana saat akhir Oktober, daun-daunnya kebanyakan masih kuning, belum merah. Walaupun ada beberapa pohon yang sudah merah, namun kebanyakan sih masih kuning kehijau-hijauan.

Kalau mau ke Fragrant Hills ini, kamu harus datang pagi-pagi sekitar jam 8 atau 9 harusnya sudah sampai sini. Perjalanannya saja memakan sekitar 2 jam dari kampus, jadi sekitar jam 6 harusnya sudah berangkat. Tapi waktu itu saya perginya kesiangan, sekitar jam 9 baru berangkat, jam 11 atau 12 sampai. Rameeee banget soalnya orang yang mau kesini. Dalam perjananan nya saja, kami naik bus umum, dan di bus nya penuh banget sama orang yang mau wisata ke sana. Disini juga memang ada Festival Bunga yang diadakan setiap Oktober dan November.

Sayangnya karena kami datangnya kesiangan, jadi tidak terlalu banyak explore Xiang Shan ini. Padahal niatnya mau mendaki sampai atas, tapi gak jadi 🙁 Next time harus ingat bangun pagi agar lebih enjoy menikmati indahnya Xiang Shan.

Me in Fragrant Hill
How crowded it was!

2. Summer Palace & Old Summer Palace

Summer palace merupakan salah satu tempat mainstream yang harus kalian kunjungi ketika berada di China. Biasanya orang akan berwisata ke Summer Palace, bukannya ke Old Summer Palace. Kedua tempat ini letaknya berseberangan. Waktu itu saya mengunjungi Summer Palace saat akhir Oktober, tanggal 25 Oktober 2014. Kebanyakan pohon disana sih masih berwarna hijau, namun ada juga yang sudah kuning kemerah-merahan. Lalu, saat saya mengunjungi Old Summer Palace pada awal November, tanggal 7 November 2014, saya pun terkesima melihat indahnya warna dedaunan yang sudah kuning semuanya. Ada juga yang sudah merah, ada pula yang sudah rontok (tidak ada daunnya).

Saya bisa kasih kesimpulan bahwa waktu yang terbaik untuk menikmati indahnya daun kuning dan merah sepenuhnya ialah saat akhir Oktober sampai pertengahan November.

Me in Summer Palace
Old Summer Palace in Autumn
Enjoying my first autumn..

3. Zi Zhu Yuan Gongyuan 紫竹院公园

Zi Zhu Yuan Gongyuan 紫竹院公园, yang artinya Purple Bamboo Park ini menurut Wikipedia sih salah satu tujuh taman terbesar yang ada di Beijing. Ya, waktu itu sih pas saya kesana, saya tidak tahu mengenai taman ini. Saya juga diajak oleh teman saya, orang China lokal, untuk berwisata ke taman ini. Taman ini juga letaknya sangat dekat dengan kampus saya di daerah Haidian, dapat ditempuh dengan jalan kaki. Saat saya kesana tidak banyak pengunjungnya, tidak seperti taman-taman lainnya yang pernah saya kunjungi. Kebanyakan juga pengunjungnya ialah orang yang sudah lanjut usia yang sedang santai-santai menikmati harinya, atau menemani cucunya jalan-jalan, dsb. Saat itu, tanggal 2 November 2014, cuacanya memang cerah namun anginnya cukup dingin. Dedaunan hampir semuanya warna kuning, dan ada juga yang sudah merah semua. Ini salah satu taman yang recommended deh buat jalan-jalan santai saat musim gugur di Beijing 😀

Menurut info dari teman lokal saya itu, sungai di taman ini nyambung sampai Summer Palace. Kita juga bisa naik kapal sampai sana, tapi waktu itu kami tidak berkesempatan naik kapalnya, lagipula kami juga sudah pernah pergi ke Summer Palace.

Zi Zhu Yuan Gong Yuan
Local people activities

Nah, sebetulnya masih ada 1 tempat lagi nih yang pernah saya kunjungi. Nama nya ialah ‘Diao Yu Tai 钓鱼台 Gingko Boulevard’. Menurut saya, ini harus dimasukan ke dalam travel bucket list kamu kalau lagi ke Beijing saat musim gugur. Kalau Fragrant Hill terkenal sama Red Maple Leaves nya, kalau di Diaoyutai terkenal sama Yellow Gingko Leaves nya 😀

Diaoyutai Gingko Boulevard in autumn
Yellow Gingko Leaves~

These places make me fall in love too deep with Autumn. I am sure I will come back to you, Autumn!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here