Yellow and Red Leaves in Seoul

Autumn selalu menjadi musim favorit saya. Keindahan daun yang berubah dari hijau menjadi kuning lalu menjadi merah selalu menarik perhatian saya. Saya masih ingat bagaimana autumn pertama saya saat saya di Beijing 2014 lalu. Waktu itu saya janji pada diri sendiri bahwa saya akan menemui Autumn lagi, tapi mungkin di negara yang berbeda. Akhirnya di tahun 2016 saya pun bertemu dengan Autumn lagi di Korea Selatan. Katanya sih kalau ke Korea Selatan itu bagusnya saat Autumn atau musim gugur. Biar kelihatannya seperti di K-Drama gitu deh, romantis-romantis gimana gitu 😛

Oleh karena itulah, saat saya ingin booking tiket pesawat, saya memilih di bulan Oktober. Sayangnya saya salah pilih tanggal. Waktu itu saya pilih awal Oktober yaitu dari tanggal 8 Oktober sampai 19 Oktober 2016. Harusnya saya pilih tanggal di akhir Oktober sampai awal November, dimana itu saatnya Peak Autumn. Kalau awal sampai pertengahan Oktober itu masih termasuk Early Autumn. Tapi ya namanya juga sudah terlanjur, setidaknya di Korea saya masih bisa melihat indahnya daun Maple dan Ginkgo saat musim gugur.

Seperti yang dikutip dari visitkorea.or.id, Musim Gugur di Korea itu dimulai pada bulan September hingga bulan November. Udara di musim gugur dingin juga kering, dan langit biru dengan sedikit awan. Orang Korea menyebut musim gugur dengan sebutan Cheon-go-mabi. Panasnya musim panas sepertinya masih bersisa di bulan September. Udaranya panas pada waktu siang, tetapi udara di pagi hari dan sore dingin. Pada bulan Oktober, terdapat sedikit curah hujan dan tingkat kelembaban di udara pun menurun, sehingga cuacanya kering dan menyenangkan. Di akhir musim panas hingga awal musim gugur, angin topan muncul dari arah Pasifik Selatan. Musim gugur merupakan musim yang indah dengan dedaunan yang berjatuhan. Pohon Gingko dan pohon Maple berubah warna daunnya menjadi kuning dan merah di seluruh Korea. Selama musim gugur, masyarakat Korea senang pergi memanjat gunung untuk menikmati pemandangan indah yang diciptakan oleh dedaunan di musim gugur.

Waktu itu sebelum berangkat, saya sempat browsing mengenai tempat-tempat mana saja di Korea Selatan yang bagus untuk menikmati indahnya musim gugur. Karena waktu yang terbatas, saya hanya pergi ke beberapa tempat saja. Berikut tempat-tempat di Korsel (mostly di Seoul) yang bagus untuk menikmati indahnya autumn berdasarkan pengalaman dan hasil browsing saya.

1. Nami Island

Nami Island sih memang sudah terkenal banget ya, gara-gara jadi tempat syuting nya Winter Sonata. Nami Island ini bagus banget pemandangannya ketika Autumn dan Winter. Saat saya kesana awal Autumn (awal bulan Oktober), ada banyak pohon yang masih hijau, ada juga yang sudah mulai kekuning-kuningan. Apalagi karena tempatnya yang romantis, jadi bikin nambah suasana aja gitu. Pokoknya Nami Island is a must visit! 😉

Baca pengalaman saya di Nami Island selengkapnya disini.

Prewed Photo Session in Nami Island
Winter Sonata

2. Mt. Seoraksan / Seoraksan National Park

Mt. Seoraksan / Seoraksan National Park ini juga harus banget dimasukin ke bucket list kamu jika kamu mengunjungi Korsel. Karena disini lah kamu bisa menikmati indahnya daun Maple. Mungkin kamu bisa melihat pohon Maple di tempat lain di Korsel, tapi disini terdapat banyaaakk sekali pohon Maple.

Waktu itu saya melihat pohon-pohon Maple yang warnanya sudah merah-merah. Terus daun-daun Maple nya ada juga yang tumbuh menjalar di tembok-tembok bebatuan di Wihara yang ada di Mt. Seoraksan ini. I really really love Maple leaves! And Mt. Seoraksan is a must must visit during Autumn 😉

Baca pengalaman saya di Mt. Seoraksan selengkapnya disini.

Maple Leaves in Korea

3. Yeouido Hangang Park

Yeouido Hangang Park yang terletak di sepanjang tepian sungai Han ini juga indah banget saat Autumn. Taman ini juga menjadi tempat berkumpulnya orang-orang dari kota untuk beristirahat dan menikmati pemandangan di sekeliling, melakukan olahraga, dan berbagai acara budaya.

Bayangkan diri kamu berjalan di taman yang sebelah kirinya ialah pemandangan sungai dan sebelah kanannya ialah pemandangan taman dengan banyaknya pepohonan yang indah. Apalagi kalau musim gugur itu cuacanya sejuk-sejuk berangin gitu. Tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

Baca pengalaman saya di Yeouido Hangang Park selengkapnya disini.

Ginkgo Leaves in Korea

4. Ehwa Womans University

Ehwa Womans University merupakan salah satu universitas paling cantik di Seoul. Bukan hanya karena universitas yang khusus perempuan semua, melainkan juga karena pemandangan di sekitar kampus ini yang sangat indah. Waktu itu sih saat saya kesana, pepohonannya masih banyak yang warna hijau, tapi ada juga yang sudah kuning dan merah.

Baca pengalaman saya di Ehwa Womans University selengkapnya disini.

Jalanan menuju Ehwa Woman’s University

I love to stroll around Ehwa Womans University

5. Gyeongui Line Forest Park

Gyeongui Line Forest Park ini saya temukan sendiri saat saya berada di Seoul. Sebelum berangkat saya sama sekali tidak tahu ada tempat ini. Eh tau-taunya taman ini berada sangat dekat dengan penginapan kami di daerah Hongdae. Setiap harinya kami selalu melewati taman ini. Jadi bagi kami, taman ini sangat berkesan. Taman ini sangat indah saat Autumn. Karena disini ada Ginkgo trees line nya juga.

Karena melewatinya setiap hari, saya pun mempunyai kesempatan untuk melihat sendiri perubahan warna dedaunan pohon dari hijau menjadi kuning. Waktu itu saat saya sampai di Korea (9 Oktober 2016), pohon-pohon di Gyeongui Line Forest Park ini masih hijau-hijau. Lalu lama kelamaan berubah warna menjadi kuning.

Gyeongui Line Forest Park
Ginkgo Trees 😀

6. Sinsadong Garosu-gil

Garosu-gil merupakan tempat wajib yang harus kamu datangi di Seoul ketika musim gugur. Dari namanya saja, Garosugil yang artinya “Street with Trees”. Jadi ini tuh jalanan yang dipenuhi dengan pepohonan. Kalau musim gugur itu disini ada Ginkgo Tree-Line Street. Jadi kamu bisa melihat pepohonan Ginkgo yang indah itu, dan bisa foto-foto cantik yang Instagrammable gitu deh 😀

Sayangnya saya tidak sempat ke Sinsadong Garosu-gil ini. Padahal diliat dari fotonya sih bagus banget.

Sinsa dong Garosu-gil, Source: visitseoul.net

7. Samcheongdong

Samcheongdong mirip dengan Garosu-gil. Disini ada Ginkgo Tree-Line Street nya juga. Samcheongdong merupakan jalanan yang menghubungkan antara Gyeongbokgung dan National Folk Museum. Samcheongdong ini indah banget saat Spring Cherry Blossoms dan Autumn Ginkgo Trees. Katanya sih ini harus banget dikunjungi saat musim gugur ya, dan terutama buat kamu yang demen nongkrong di cafe-cafe gitu. Karena disini juga ada banyak cafe-cafe dan art galleries gitu.

Sayangnya saya juga tidak sempat ke Samcheongdong ini. Pokoknya next time kalau ke Seoul saat musim gugur lagi, saya harus banget ke Samcheongdong dan Sinsadong Garosu-gil.

Samcheongdong, Source: visitkorea.or.kr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here