Aplikasi Smartphone yang Berguna di Beijing

Ini tips buat kamu yang mau trip atau study ke Beijing. Sebelum keberangkatan, pastikan kamu sudah install aplikasi di smartphone kamu berikut ini:

1. Wechat / QQ

Ini khusus buat kamu pelajar Indonesia yang ke China. Kalau kamu belum punya Wechat/QQ, mending kamu segera bikin deh sebelum berangkat. Soalnya cuma wechat dan qq yang dipakai sebagai social media di China. Untuk berkomunikasi dengan orang China, mau ga mau kan harus punya wechat atau qq. Lagipula semua sosmed yang kita pakai di Indo, di blokir sama China. Kecuali kalau kamu pakai VPN, kamu bisa menggunakan semua sosmed yang diblokir sama China.

2. Baidu Maps 百度地图

Baidu merupakan Google nya China. Kalau tidak ada VPN, kita hanya bisa menggunakan Baidu sebagai alat search engine di China. Nah, Baidu juga ada aplikasi Baidu Maps nya, sama seperti Google Maps. Saya termasuk salah satu fans nya Baidu Maps. Waktu itu saat saya di Beijing selama 6 bulan, saya kalau kemana-mana sih selalu bergantung dengan Baidu Maps. Menurut saya, informasi nya lengkap banget, kita juga bisa pesan taksi dari sana. OK banget lah pokoknya. Yang paling oke sih yang memakai bahasa Mandarin full. Sayangnya di Android sepertinya tidak ada aplikasi ini. Kalau di iOS sih ada.

3. Explore Beijing Subway Map

Nah, aplikasi ini khusus buat liat peta nya subway Beijing. Aplikasi nya juga dalam bahasa Inggris. So useful and easy to use. Aplikasi ini akan membantu kamu untuk menentukan rute perjalanan subway kamu. Dia juga akan mencari pilihan rute beserta harganya. Pokoknya ini aplikasi wajib deh untuk di install 😀

4. Pleco Chinese Dictionary

Pleco merupakan kamus Mandarin-Inggris, Inggris-Mandarin yang wajib kamu install sebelum berangkat ke China. Ini kamus yang lengkap banget, gampang juga digunakan. Kamu bahkan bisa mencari kosa kata Mandarin dengan menulis karakter Mandarin tersebut. Saya rasa hampir semua orang asing yang belajar ke China, pasti menggunakan Pleco ini sebagai kamusnya.

5. Beijing Air Quality 北京空气质量

China itu terkenal banget sama yang namanya Polusi, apalagi kota besar seperti Beijing. Polusi di Beijing itu sangat parah. Nah, aplikasi Beijing Air Quality ini membantu kita untuk mengetahui bagaimana kondisi Air Quality di Beijing secara Real-time.

6. Dianping 点评

Dianping adalah aplikasi yang membantu kamu untuk mencari restoran terbaik dan terdekat dari lokasi kamu berada.

7. Ctrip – Hotels, Flights, Trains

Ctrip membantu kamu untuk booking hotel, tiket pesawat, dan tiket kereta di China. Kalau booking hotel via Ctrip ini, ada beberapa hotel yang menyediakan pembayaran cash saat kita sampai hotel tersebut, tidak perlu deposit atau jaminan kartu kredit. Tapi syarat dan ketentuan juga berlaku, tergantung prosedur dari hotel tersebut.

Ini website Ctrip untuk bahasa Inggris: http://english.ctrip.com/

Website Ctrip Indonesia juga ada http://www.ctrip.co.id/

jeane_rooselinehttp://jeanerooseline.com
A Travel Addict who love to share anything about travel.

Related Stories

Discover

Reschedule Rencana Liburan Ke Eropa Karena COVID-19

Seperti yang kalian semua ketahui, kalau aku tadinya mau liburan ke Eropa bulan April...

Bagaimana Aku Bisa Bangkit Dari Situasi COVID-19

Sudah lama aku tidak menulis blog lagi. Sejak COVID-19 mulai terdeteksi ada di Indonesia...

Pengalaman Membuat Visa Schengen di Kedutaan Swiss lewat VFS

Tahun 2017 lalu saya bersama keluarga jalan-jalan ke Eropa, nah tahun 2020 ini saya...

Pengalaman Jalan-Jalan Kurang Menyenangkan ke Jepang

Jepang. Negara yang satu ini sering banget saya denger yang bagus-bagus nya. Orangnya yang...

Hari 6 di Osaka, Jepang: Universal Studios Japan

Hari keenam di Jepang ini adalah hari terakhir kami jalan-jalan di Jepang, karena di...

Hari 5 di Osaka, Jepang: Kuromon Market, Osaka Castle,...

Kuromon Market Pagi itu tujuan kami ialah ke Kuromon Market karena ingin makan Sushi. Ya,...

Popular Categories

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here