Harbin adalah salah satu kota di China yang terkenal saat musim dinginnya. Jika kamu mengunjungi China saat musim dingin, Harbin wajib untuk dimasukan ke dalam bucket list kamu. Nah, apa aja sih yang harus kamu lakukan di Harbin? Saya pun sudah merangkum nya ke dalam list dibawah ini.

1. Mengunjungi Harbin Ice and Snow Festival

Daya tarik kota Harbin ialah Harbin Ice and Snow Festival yang diadakan setiap awal bulan Januari sampai akhir Februari setiap tahunnya. Katanya sih festival ini adalah festival Ice and Snow terbesar di dunia. Nah, festival ini ada di beberapa tempat wisata di Harbin, namun yang paling terkenal ialah Ice and Snow World dan Sun Island.

Kalau di Ice and Snow World kamu bisa liat segala macam hal yang terbuat dari es dan salju. Disini terkenal dengan Ice Lantern dan Ice Sculpture atau dalam bahasa Mandarinnya 冰灯 (bing deng), 冰雕 (bing diao). Contohnya ada Forbidden City Beijing yang terbuat dari es, ada museum yang terbuat dari es, ada juga Heineken yang terbuat dari es. Dan itu semua ada lampu-lampu nya di dalam es tersebut. Sangat indah! Banyak hal juga yang bisa kamu lakukan disini, seperti main serodotan es (Ice Sliding), bahkan kamu punya kesempatan untuk melihat Snow Fox secara langsung!

Me&Snow Fox 雪狐
Ice Sliding

Kalau di Sun Island, kamu bisa melihat segala macam hal yang terbuat dari salju. Contohnya, ayam jago yang terbuat dari salju, minions yang terbuat dari salju, bahkan sampai ke karakter disneyland gitu juga ada yang dibuat dari salju :))

Harbin, The Ice and Snow City
Minions Snow Sculpture
‘Si Ayam Jago’ Snow Sculpture

2. Main permainan musim dingin

Nah, ini dia yang tidak boleh dilewatkan jika kamu berwisata saat musim dingin, apalagi jika kamu ke Harbin. Ada berbagai macam winter activities di Harbin, contohnya ialah Ice Sliding, Skiing, Snow Sledding, etc.

Ice Sledding
Snow Sledding
“Banana Boat” in the middle of frozen lake
Riding a horse in the middle of frozen lake

3. Melihat pertunjukan Beluga

Di Harbin ada tempat wisata bernama “Harbin Polarland”. Nah, di tempat ini ada pertunjukan Beluga yang sangat indah. Cerita pertunjukannya dibikin seperti Titanic, ada narator nya dan ada backsound nya Celine Dion – My Heart Will Go On.

Ceritanya ini membentuk LOVE gitu

Lokasi Harbin Polarland ini terletak di seberang nya Sun Island. Jadi kalau kalian ke Sun Island, kalian juga bisa sekalian mampir kesini.

4. Mengunjungi Russian Village

Harbin dan Rusia itu jaraknya berdekatan. Jadi jangan heran kalau di Harbin banyak bangunan yang arsitektur nya mirip dengan Russia. Oleh-oleh nya pun banyak yang mirip dengan Russia. Bahkan sampai ada Kampung Russia juga di Harbin ini. Nah di Russian Village ini ada banyak yang jual makanan, oleh-oleh, ice cream, coklat, dsb. Kalau lagi winter, saya sarankan untuk beli ice cream. Enak loh makan ice cream saat winter, cobain deh sensasi nya :)) Coklat nya juga enaakk, wajib bagi para pecinta coklat untuk beli coklat disini. Saat kita sudah membeli tiket masuk, kita juga dikasih “Passport” untuk masuk kesini.

Russian Village
It was cold outside, and even there’s a snow, but I love to eat ice cream during winter :))
Once upon a time in Harbin

5. Jalan-jalan di Zhongyang Street 中央大街

Di Harbin ada sebuah jalanan yang disebut Zhongyang Street. Jalanan ini dipenuhi oleh toko dan orang yang berdagang. Kalian bisa mencicipi street food, belanja, membeli oleh-oleh, dll. Kalau malam hari, Zhongyang Street ini indah sekali karena ada Ice Lantern dan Ice Sculpture nya, mirip dengan di Ice and Snow World. Disini juga banyak bangunan dengan arsitektur khas Russia. And I really loveee to stroll around Zhongyang Street 😀

Ice Lantern and Ice Sculpture in Zhongyang Street
A big snow sculpture!
A big bottle of Coca Cola!
Oh.. I love that cute ice sculpture 😀
Zhongyang Dajie 中央大街

6. Mencicipi Robot Restaurant

Pernahkah kamu mendengar Robot Restaurant? Di restoran ini pelayan yang mengantar makanannya ialah robot. Unik sih konsepnya, namun makanannya menurut saya biasa saja.

Pelayan Robot
Cute one!
with the Robot Rangers :))

60 COMMENTS

  1. Haii… mau tanya, dari satu tempat ke tempat lainnya gampang ga? Transportasi d harbin sprti bus atau mrt gampang d jangkau ga ya? Thankyou:)

    • Nah, itu dia! Aku juga lupa nama tempatnya apa hahaha. Yang aku inget sih, waktu itu supir nya bawa kami ke kantor tour & travel lokal untuk beli tiket masuk ke tempat itu. Harganya 220 RMB untuk main 6 permainan musim dingin :))
      Oh ya kalau snow sledding itu bisa kamu cobain di tempat main ski 🙂

  2. hai mbak
    ada recomen penginapan bujet di harbin .
    dan kalau saya punya waktu hanya 2 hari full day di harbin saran tempat mana yg harus harus saya datengin .hahhaha masalahnya hari ke3 ngejar kereta ke beijing.
    Makasi ya Mbak Jean

    • Haloo Yuliani,
      Rata-rata sih kalau penginapan budget di China itu, saya bisa kasih rekomendasi Jinjiang Inn Hotel. Di Harbin juga ada Jinjiang Inn. Coba liat2 aja di ctrip.com 🙂
      Emang kalau boleh tau kamu kapan mau ke Harbin nya? Kalau pas bulan Desember sampe Maret, kamu harus ke Harbin Ice and Snow World sama Sun Island.
      Kalau di luar bulan itu, kamu bisa jalan2 di Zhongyang Street, Harbin Polarland, Russian Village, St. Sophia Cathedral Harbin. Itu cukup kok untuk 2 hari.

      • Hai Mbak Jeane

        Iyes aku tahun depan fix ke harbin 31Jan-03Feb 2018 full day waktu cuman 1-2feb saja.
        lebih baik sewa mobil atau naik umum saja disana.
        Or Darimana saya bagusnya tour dimulai .

        hehhe maap ya banyak tanya,

        kalau untuk kamera dan hape apa masalah dengan cuaca dingin

        Terima kasih ya

        • Wah mantab deh hehehe. Sekarang sih di Harbin transportasi nya sudah oke, jadi ga masalah sih kalau mau naik kendaraan umum. Tapi kalau dipikir bakal repot ya mending sewa mobil aja.
          Kalau kamera dan hape sih memang betul bakal cepet habis gitu baterai nya saat cuaca nya lagi extreme dingin (sekitar -23 derajat Celcius). Jadi siap2 bawa powerbank aja untuk hape, atau baterai tambahan untuk kamera.

  3. Sis, klo pertengahan maret masih Bisa ke ice and snow world sama sun island ga? Kira2 keliling2 harbin 3 hari cukup ga kesemua area wisata? Thanks

    • Hai Kukika,
      Biasa sih Ice and Snow Festival nya cuma sampe akhir Feb aja. Tapi untuk taun depan, coba cek lagi aja news nya nanti gimana. Siapa tau nanti ada perubahan :))) hehehe
      3 hari cukup sih sebenernya kalau di Harbin mah. Kalau ada waktu lebih, main ke Xuexiang juga sis. Itu bagus banget disana. Itu tuh Snow City gitu deh. Letaknya ga begitu jauh dari Harbin. Jadi biasanya kalau main ke Harbin, orang2 main kesana juga.

    • Kalau bulan November pertengahan gitu sih biasanya sudah turun salju di Harbin. Tapi tergantung sikon juga sih ya, ga bisa diprediksi gitu. Tapi yang jelas, kalau bulan November festival Es dan Salju nya belum mulai. Festivalnya mulai bulan Desember akhir.

  4. Hai Mbak Jeane

    tanya dunk kalau masuk snow world dan sun island berapa ya harganya, trus untuk sewa mobil 2 hari perkiraan .

    saya baru mau recalculate bujet . fix mendekati keberangkatan bulan januari nih. jadi nggak sabar . takut ada yg missing

    thank you

  5. wah dengan senang hati . kalau berkenan . aku fix neh januari cus kesana . kirakira seharian antar sun island trus ke snowwolrd gimana . thank you so much.

  6. hallo mba..salam kenal ya..kebetulan sy ad rencana ke harbin akhir desember ini..sy bisa minta dikirim detail sewa supir dan mobil di harbin ke email sy mba?
    terima kasih banyak sebelumnya ya

  7. Halo Mba Jeane,

    Boleh minta detail sewa mobil dan supir di harbin? Sama Kira2 naik kereta Beijing – Harbin PP berapa ya? Kalo ada itinerary kalo boleh juga.. maaf banyak nanya.. Terima kasih banyak sebelumnya, sukses selalu 🙂

  8. hello sis jeane , aku rencana mau ke harbin dan xuexiang di bulan Des ini , boleh minta detail sewa mobil dan supir di Harbin? thankyou

  9. Hi Sis Jeane..salam kenal ya…seneng banget nemu blog ini. Rencana akhr tahun ke Harbin bawa orangtua. mau nanya, kalo pas ke harbin tgl 3 jan gitu, apa sudah rame banget ya kereta dan hotel? Kira kira sekitar awla januari, turus salju nd y?

    oh ya, saya juga minta nama sewa mobil dan supir ya

    Thank you sebelumnya
    Chenny

    • Haii Chenny,
      Kalau tanggal 3 Januari iya sudah rame. Turun salju ga bisa diprediksi kapan akan turunnya, tapi biasanya bulan Januari ada turun salju.
      Untuk sewa mobil dan supir, aku kirim lewat email aja ya.

  10. Hi sis Jeane, salam kenal ya…
    blh minta detail sewa mobil n sopir di Harbin?
    sy kan rencana nya pergi 8 org bisa ga ya sewa bus kecil atau mobil yg muat utk 8 org.
    Thanks sebelumnya

  11. Hai mba jeane.. boleh minta detail sewa mobil dan supir nya yg di harbin.

    Sekalian jg mau nanya kalo kita ke great wall bulan januari apakah aman mba? Atau susah karena dingin sekali?
    Dan apakh turis lumayan byk dibulan januari, krn kalo sepi sy takut jg mba

    Makasih mba info nya

  12. Ha jeanne….salam kenal…
    boleh gak minta itenarynya selama diharbin contac sewa mobil dan sopirnya…dan juga tempat2 untuk anak2 main salju
    Aku ada rencana des besok kesana
    Thx before😊

  13. Hai Jeanne, bole nanya kalo kl januari 2019 keharbin bawa ortu dan bayi 18bln kira2 dingin bgt gak ya? Soalnya sy dengar2 katanya dingin bgt ya smpi minus? Apa iya sis? Dan nanya lagi, kira2 temat wisata disana bagus bagus gak ya? Tq Jeanne

    • Hai Sunarti,
      Januari sih biasanya emang paling dingin, bisa sampai -20 atau -30.
      Harbin itu kota kecil, tp kalau musim dingin banyak yang bagus buat dikunjungi, salah satunya festival es dan salju.

  14. Hi Jeane…
    Salam kenal, mau info ttg sewa mobil dan supir utk di harbin dan beijing, prefer english spoken.
    Rencana saya brkt tgl 18-21 des beijing, 22-26 des harbin
    Thx before 😊

  15. Hi Mbak Jeane…

    liat ada notice mengenai harbin lagi , jadi inget tahun lalu tanya tanya terus sama Mbak Jeane..
    seru disana waktu itu februari 2018 dan -20 an… apa aja jadi es , beli minuman panas ngak berapa udah cepet dingin, Makan Ubi Cilembu di pinggir jalan nikmat sekali. Akhirnya nginap di Ibis hotel samping Mall. cobain transportasi umum bus . dan dapat supir taxi yg ramah dan sangat membantu , karena sulitnya komunikasi . tetapi disana supir taxi sudah punya aplikasi translate….. mantab.
    Makasi ya Mbak Jeane …

    • Haii Julian! 😀
      Thank you for sharing loh.
      Wahh seru banget ya.. Pasti jadi pengalaman yang ga akan terlupakan ya hehehe.
      Aku juga jadi kangen Harbin nih. Dinginnya luar biasa. Di Indo ga bisa begitu soalnya 😀

  16. iyesss bener banget . disana ketemu juga pelajar surabaya yg kuliah di daerah china juga , jadi sharing info mengenai harbin and trip sekitar china.
    Trip Harbin nggak akan pernah lupaaaaaaaaa karena jauhhhhhhh perjalanan kesanaaa xixixixiixi

  17. halo..

    desember ini saya juga mau ke harbin nih. gara2 baca blog2 termasuk mbak jeane 🙂
    ada referensi driver or sewa kendaraan ngga mbak jeane di sana?
    jika tidak keberatan untuk di share. thanks a lot

  18. Hi Kak Jeane

    mau infoin referensi driver atau rent car di harbin untuk Ibu endang .
    Tahun lalu aku inap di IBIS hotel MYKAL enak dekat kemana mana jalan kaki saja … nah kendaraan saya minta pihak hotel untuk arrange kendaraan di kasih taxi untuk seharian beberapa obyek wisata , harga ok nggak mahal juga .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here