Dari tahun 2016 kemarin saya bersama dengan keluarga punya rencana untuk pergi ke Eropa tahun 2017 ini. Tujuan utama nya sih untuk mengunjungi sepupu saya di Perancis. Sekalian jalan-jalan juga di Eropa bersama sepupu saya yang lagi di Perancis itu. Jadi mulai dari tahun 2016 kemarin, saya mulai cari tau soal Eropa, bikin itinerary nya, kira-kira negara mana saja yang ingin dikunjungi. Berapa hari di setiap negara, dan tetek bengek lainnya. Saya juga mulai cari tau berapa sih harga tiket murah ke Eropa. Harga normal nya berapa saya juga harus cari tau, untuk perbandingan gitu. Lalu maskapai penerbangan apa saja yang melayani penerbangan dari Jakarta ke Eropa.

Singkat cerita, beginilah rute perjalanan kami: Jakarta-Paris-Bordeaux-Amsterdam-Zurich-Jakarta. Total hari nya pengennya sih 14 hari, termasuk di perjalanan. Jadi cuma 12 hari di Eropa, 2 hari nya di perjalanan. Rencananya di pertengahan September sampai akhir September atau awal Oktober 2017. Setelah mengetahui itu semua, saya baru bisa mulai berburu tiket pesawat murah. Jadi ini tips pertama: Menentukan rute perjalanan, total hari perjalanan, dan kapan perjalanan nya dimulai (tanggal, bulan).

Dari hasil browsing dan tanya sana-sini, katanya kalau mau ke Eropa itu tiket pesawatnya sekitar 10jt PP naik KLM, itu sudah termasuk murah. Karena kalau harga normal KLM, 10jt itu cuma one way, jadi bisa sampai 20jt PP. Bahkan saya sempat cek, one way itu bisa sampai 15jt naik KLM. KLM itu maskapai penerbangan nya Belanda, katanya enak sih naik itu, cuma ya memang harganya sepadan ya, alias mahal. Selain naik KLM, sebetulnya kita bisa naik Qatar Airways, Etihad Airways, Cathay Pacific, dll. Nah, gimana sih caranya untuk tau harga promo tiket pesawat dari maskapai penerbangan itu? Ini tips kedua: Subscribe Newsletter Maskapai Penerbangan yang kamu inginkan. Dengan subscribe newsletter maskapai penerbangan, kamu jadi bisa langsung tau kalau mereka lagi ada tiket promo. Saya sih sudah subscribe Qatar Airways, Etihad Airways, Emirates, dan Air France.

Sebenarnya ada cara yang lebih oke lagi untuk bisa pantau tiket pesawat murah daripada subscribe newsletter, yaitu lewat website pihak ketiga. Jadi ini tips ketiga: Track harga tiket dari Kayak.com atau Skyscanner atau Google FlightKalau track harga tiket dari website pihak ketiga seperti ini, kita jadi bisa tau sebetulnya ada maskapai penerbangan apa saja yang melayani penerbangan dari Jakarta ke Eropa. Karena saya track harga tiket dari Skyscanner, saya jadi tau ternyata Turkish Airlines itu melayani penerbangan dari Jakarta ke Eropa juga, transit di Istanbul. Waktu itu saya cek harganya juga terjangkau, sekitar 9jt PP. Mungkin lagi ada promo. Bahkan Turkish Airlines melayani penerbangan dari Jakarta-Bordeaux. Yang saya tau sih, jarang ada yang melayani penerbangan ke Bordeaux dari Jakarta. Saya juga track harga tiket nya dari Google Flight, lalu jadi tau ternyata Thai Airways melayani penerbangan dari Jakarta ke Eropa. Salah satu teman saya ada yang mendapat tiket Jakarta-Paris PP di harga 7jt naik Thai Airways, karena track harga dari Google Flights.

Anyway, kalau track harga tiket gitu biasanya ada trik nya, biar bisa dapat yang paling murah. Jadi ini tips keempat: Otak-atik rute perjalanan. Misalnya nih, rute perjalanan awal saya itu kan: Jakarta-Paris, Zurich-Jakarta. Coba aja track juga rute perjalanan seperti ini misalnya, KL-Paris, Zurich-Jakarta. Biasanya kalau dari KL itu tiket pesawatnya lebih murah. Tapi konsekuensi nya harus beli tiket terpisah lagi dari Jakarta-KL, mungkin bisa pakai Budget Airlines seperti Airasia biar lebih murah.

Jadi, so far saya sudah tau nih maskapai penerbangan mana yang melayani penerbangan Jakarta-Eropa. Dan kisaran harga normal dan harga promo nya berapa. Lalu maskapai penerbangan mana saja yang biasanya kasih harga tiket murah.

Inilah tips yang kelima dan yang terakhir, tips yang paling ampuh bagi saya: Datang ke Travel Fair. Baca pengalaman saya membeli tiket pesawat murah ke Eropa di Travel Fair disini.

Karena saya sebelumnya sudah tau maskapai penerbangan dari Jakarta ke Eropa beserta harga-harganya, jadi saat saya datang ke Travel Fair saya bisa membandingkan harga tiket nya tersebut. Akhirnya pilihan saya pun jatuh di Thai Airways saat Astindo Travel Fair Maret 2017 di JCC Jakarta kemarin. Saya mendapat harga tiket PP Rp6.290.000/orang, Jakarta-Paris dan Zurich-Jakarta. Karena harganya yang sangat sangat murah, saya berani langsung beli di Travel Fair saat itu juga. Terus enaknya lagi, saya bisa refund tiket (kemungkinan 50%) kalau amit-amit visa nya ditolak. Coba bayangkan, kalau saya beli tiket nya di website nya langsung atau di website pihak ketiga, saya yakin tiketnya tidak bisa di refund kalau visa ditolak.

Makanya banyak yang bilang kalau beli tiket ke Eropa itu harusnya setelah visa nya diterima, kecuali kalau dapat yang murah banget. Soalnya sayang kan, kalau amit-amit visa nya ditolak, tiketnya yang sudah dibeli angus deh. Tapi untungnya, saya bisa beli tiket murah ke Eropa dan dengan catatan tiket nya bisa di refund juga kalau visa nya ditolak, walau tidak 100% juga sih. Ya, semoga saja visa kami sekeluarga bisa lolos semua 😀

Nah, rute perjalanan saya itu kan Jakarta-Paris-Bordeaux-Amsterdam-Zurich-Jakarta. Tiket pesawat untuk Jakarta-Paris dan Zurich-Jakarta sudah ditangan. Sisanya untuk yang di dalam Eropa, saya akan beli secara online. Saya tinggal track harga nya di Google Flight. Jadi begitu harganya turun, nanti saya baru beli. Saya sih sempat cek harga nya sekitar 400-700rb sekali jalan untuk di dalam Eropa. Jadi saya ambil rata-rata sekitar 500rb per sekali jalan. Karena ada 3x jalan (Paris-Bordeaux, Bordeaux-Amsterdam, Amsterdam-Zurich), jadi kira-kira butuh Rp1.500.000 lagi. Kalau di total sama harga tiket PP yang saya sudah beli itu, jadi perkiraan total biaya untuk tiket pesawat ialah Rp7.790.000 (Rp6.290.000 + Rp1.500.000).

Kalau kenyataannya sih, akhirnya total biaya untuk tiket pesawat dan kereta di dalam Eropa nya ialah Rp2.236.000. Karena akhirnya saya itu menunggu visanya keluar dulu, jadi belinya sudah agak mepet, lebih mahal dikit deh jatohnya 🙁 Jadi kalau di total sama harga tiket PP nya, total biaya aktual untuk seluruh tiket pesawat dan tiket kereta ialah Rp8.526.000.

Itulah tips dan cara mendapat tiket murah ke Eropa versi Jeane. Kalau kamu punya tips dan cara yang lebih jitu lagi, boleh di share disini ya 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here