Musim Semi telah tiba! Di negara empat musim seperti Korea, kamu bisa menikmati indahnya cherry blossom atau bunga sakura. Musim semi di Korea berlangsung dari akhir Maret sampai pertengahan April. Namun tiap tempat pasti berbeda-beda tanggal mekar nya, ada yang lebih cepat, ada juga yang lebih lambat.

Korea’s Cherry Blossoms Forecast 2018, by Tripzilla.com

Katanya sih musim terbaik untuk berkunjung ke Korea ialah musim semi atau musim gugur. Saya sih baru pernah cobain yang musim gugur nya. Kalau musim semi belum pernah, oleh karena itu saya menulis ini agar jika suatu saat nanti saya ke Korea saat musim semi, saya sudah tau mau ke tempat mana saja untuk bisa menikmati indahnya musim semi di Korea 😀

1. Yeouido Spring Flower Festival: Yeouiso-ro Road

Source: Timeout.com

Terdapat lebih dari 1.800 pohon sakura mekar saat musim semi yang berada di jalan Yeouiso-ro, tepat di belakang National Assembly Building. Festival bunga musim semi di Yeouido ini berlangsung setiap tahunnya di awal April hingga pertengahan April. Sepanjang jalan dihiasi deretan pohon-pohon sakura yang berubah menjadi sebuah terowongan bunga. Selain itu, kita juga bisa menikmati jalan di sepanjang pinggiran Hangang River melalui terowongan bunga yang cantik ini. Indah bukan? Ini memang merupakan salah satu tujuan paling populer untuk menikmati indahnya bunga sakura di Korea.

Transportasi: National Assembly Station (Subway Line 9), Exit 6, Jalan lurus sekitar 300m (sekitar 5 menit)
Yeouinaru Station (Subway Line 5), Exit 1 atau Exit 2, Jalan lurus sekitar 1km (sekitar 15 menit)

2. Jinhae Gunhangje Festival: Changwon, Jinhae

Yeojwacheon Stream during Jinhae Cherry Blossom Festival. Source: Trazy.com

Berada di kota Changwon, seluruh wilayah Jinhae dihiasi oleh kira-kira sebanyak 360 ribu pohon sakura yang mekar saat awal April setiap tahunnya. Jinhae Gunhangje Fesival ini disebut-sebut sebagai festival sakura terbesar di Korea. Bukit Anmingogae, taman Jehwangsan, dan jembatan Yeojwacheon (atau disebut juga sebagai Romance Bridge) merupakan tempat paling favorit untuk melihat sakura di wilayah Jinhae ini. Lalu ada juga Gyeonghwa Station yang Instagrammable banget 😉

Transportasi: 
Dari Seoul Nambu Bus Terminal, naik bus antarkota ke Jinhae.
– Dari Jinhae Intercity Bus Terminal, jalan lurus sekitar 30m dan belok kanan ke Jungwondong-ro Road.
– Jalan lurus sekitar 350m, dan tetap di kiri di persimpangan.
– Jalan lurus sekitar 230m untuk mencapai lokasi festival.

3. Hwagae Cherry Blossom Festival: The Simni (10ri) Cherry Blossom Road

Source: Trazy.com

Selain itu, yang tidak kalah cantiknya adalah The Simni (10ri) Cherry Blossom Road. Jalanan ini terbentang sejauh 4 km dari pasar Hwagae sampai ke kuil Ssanggyesa di Hadong, Gyeongsangnam-do. Acara tahunan Hwagae Cherry Blossom Festival digelar disini setiap awal April dan menawarkan pemandangan yang sangat indah. Ada mitos yang mengatakan bahwa jika sepasang kekasih jalan di sepanjang jalanan ini sambil memegang tangan pasangannya, hubungan mereka akan langgeng sampai maut memisahkan mereka 😀 Oleh karena itu, jalanan ini juga sering disebut sebagai “The Wedding Road”.

Transportasi: 
Dari Seoul Nambu Bus Terminal, naik bus antarkota ke Hwagae. Setelah sampai Hwagae Bus Terminal (화개 버스터미널), lalu melewati jembatan dan jalan sekitar 100m, sampai melihat Hwagae Market.

4. Jeju Cherry Blossom Festival 

Cherry blossoms and canola flowers in full bloom in Jeju Island. Source: Trazy.com

Jeju Cherry Blossom Festival ini merupakan festival bunga sakura pertama yang bisa kita saksikan saat musim semi di Korea. Hal yang menarik disini ialah kita bisa menikmati tidak hanya bunga sakura, melainkan juga bunga canola yang berwarna kuning nan indah itu. Cherry blossom bisa ditemukan dimana saja di pulau Jeju ini, termasuk Jeju-si dan Seogwipo-si. Namun yang paling terkenal ialah Gunung Sanbansan, Seongsan Ilchulbong Sunrise Peak, dan Noksan-ro. Nah di Noksan-ro itulah kita bisa menikmati bunga sakura dan canola secara bersamaan.

Transportasi:
Turun di Jeju National University Bus Stop.
Bus No. 6, 7, 10, 11, 37, 46, 55, 97, 500, 502

5. Gyeongpodae Sakura Festival: Gyeongpo, Gangwon-do

Source: Trazy.com

Gyeongpo Cherry Blossom Festival berlangsung di area Gyeongpo Lake, dimana kita bisa berjalan menyusuri 4.3 km yang dipenuhi pohon sakura. Gyeongpodae Pavilion yang ada di ujung danau merupakan spot foto yang paling bagus untuk foto dan menikmati pemandangan danau. Karena Danau Gyeongpo berada tepat di seberang Pantai Gyeongpo, kita bisa mampir ke pantai dan menikmati pemandangan laut Timur yang indah.

Transportasi:
Dari Gangneung Intercity Bus Terminal atau Gangneung Express Bus Terminal, naik Bus 202 dan turun di Gyeongpodae Bus Stop.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Korea yang indah untuk menikmati cherry blossom. Namun menurut saya, kelima tempat wisata tersebut yang paling indah. Saya pribadi sih paling suka yang ketiga, Jeju Cherry Blossom Festival, dimana kita bisa menikmati sakura dan canola secara bersamaan 😀

4 COMMENTS

  1. Halo kak kenalin ak Evan
    Ak kn Juni awal mau ke Korea kak ak mau tny klu d Korea itu lbh enak pake modem apa simcard aj y
    Dan merek modem n simcard yg bgs apa ya kak makasih

    • Hai Evan, salam kenal juga.
      Kamu ke Korea nya sendiri apa rame2 sama temen? Kalau sendiri, better pake SIM Card. Kalau rame2, better pake Modem Wifi.
      SIM Card nya yang 4G LTE katanya sih bagus ya. Aku jg blm pernah pake. Kalau modem wifi, bisa pake Passpod (https://passpod.id/).

  2. Aku ke Koreany bareng tour kak dan bareng mama jg sih
    Em kira2 klu ak mau beli simcard 4G / modem hargany brp ya kak mahal atau gak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here