Shanghai-Suzhou-Hangzhou

Jika kamu jalan-jalan ke Shanghai, jangan lewatkan kota dekat Shanghai ini yaitu Suzhou dan Hangzhou. Dari Shanghai ke Suzhou itu ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dengan memakai kereta cepat. Sementara kalau dari Suzhou ke Hangzhou itu ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam 35 menit dengan memakai kereta cepat. Kalau dari Shanghai ke Hangzhou ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam dengan memakai kereta cepat. Untuk jadwal kereta lebih detail beserta harganya silahkan cek sendiri di ctrip.com.

Nah, sebenarnya kenapa sih kamu harus jalan-jalan juga ke 2 kota dekat Shanghai ini? Memangnya di Suzhou dan Hangzhou ini ada apa yang special? Yuk langsung simak aja dibawah ini.

1. Suzhou dan Hangzhou mempunyai pemandangan yang sangat indah

Ada pepatah kuno Tiongkok yang berbunyi “上有天堂,下有苏杭”, yang artinya ialah “Diatas langit sana ada surga, dibawah sini ada Suzhou dan Hangzhou”. Dari jaman dulu kala, Suzhou dan Hangzhou ini memang sudah diakui keindahan alamnya itu. Bahkan di buku pelajaran Bahasa Mandarin saya juga ada pepatah kuno tersebut. Dan ketika saya berkesempatan mengunjungi kedua kota ini, saya setuju sih dengan pepatah kuno itu. Suzhou dan Hangzhou memang mempunyai pemandangan yang sangat indah. Namun, teman lokal China saya bilang dulu Suzhou dan Hangzhou lebih asri lagi dari sekarang. Sekarang mungkin karena sudah banyak turis yang kesana, jadi tidak seasri dan seindah seperti dulu lagi. Tapi bagi saya sih yang baru pertama kali kesana, bagus-bagus aja sih Suzhou dan Hangzhou ini 🙂

2. Suzhou dinobatkan sebagai “Garden City” dan “Venice of the East”

Suzhou, the Garden City

Poin kedua ini berhubungan erat dengan poin pertama diatas. Mengapa Suzhou mempunyai pemandangan yang sangat indah? Menurut saya, jawabannya ialah Suzhou ini telah dinobatkan sebagai “Garden City” dan “Venice of the East”. Suzhou mempunyai banyak sekali taman, ada 4 taman yang paling terkenal dan yang menampilkan gaya klasik China kuno di kota Suzhou, yaitu Lion Grove Garden (Shizilin 狮子林), Canglang Pavilion (Blue Wave Pavilion), Lingering Garden (Liu Yuan) dan Humble Administrator’s Garden (Zhuozheng Yuan). Baca pengalaman saya jalan-jalan di Lion Grove Garden (Shizilin 狮子林) dan Humble Administrator’s Garden (Zhuozheng Yuan) disini.

Suzhou, Venice of the East, at afternoon and night

Suzhou itu didominasi oleh sungai dan uniknya ada kanal yang mengelilingi sekitar kota. Maklum saja, selain kota pelabuhan Hangzhou, Suzhou pada masa lalu juga diketahui sebagai salah satu kota pelabuhan terkenal di China. Oleh karena itu lah, Suzhou sering di kasih julukan “Venice of the East”. Bagi saya, Suzhou itu merupakan kota kecil di provinsi Jiangsu yang sangat indah. Tapi pada faktanya sih, Suzhou merupakan kota terbesar kedua di provinsi Jiangsu setelah kota Nanjing.

3. Hangzhou mempunyai West Lake dan Lingyin Temple

West Lake at Night

Jika Suzhou itu tempatnya untuk menikmati pemandangan taman dan kanal, maka di Hangzhou yang merupakan ibukota provinsi Zhejiang ini tempatnya untuk menikmati pemandangan danau West Lake yang sudah terkenal dari jaman dulu kala. Tau dong cerita legenda “Bai Su Zhen 白素贞” atau “Siluman Ular Putih”? Ya, ini adalah legenda yang bermula dari Dinasti Song bagian selatan yang diceritakan dari mulut ke mulut di kota Hangzhou, Zhejiang. Legenda ini pun sampai di bikin film serial China nya yang terkenal pada tahun 1990an. Menurut legenda, di West Lake Hangzhou ini lah lokasi bertemunya Ular Putih dengan suaminya Xu Xian yang sampai sekarang selalu ramai didatangi wisatawan, apalagi di musim semi dan musim panas.

Ada dua tempat ikonik di West Lake yaitu Jembatan “The Broken Bridge” yang menjadi tempat pertemuan sekaligus perpisahan Ular Putih dan Suaminya, serta Pagoda Leifeng yang menjadi tempat terkurungnya Ular Putih setelah menghancurkan kota Hangzhou, juga selalu menjadi daya pikat wisawatawan.

Kebetulan nama Mandarin saya itu ialah “Cai Su Zhen 蔡素贞” Su Zhen nya ini sama dengan Su Zhen nya Bai Su Zhen alias si Siluman Ular Putih itu. Apalagi marga nya beda-beda dikit, kalau saya Cai 蔡, kalau si Siluman itu Bai 白. Kalau saya berkenalan dengan orang China, ketika saya menyebutkan nama saya dalam bahasa Mandarin, pasti mereka langsung bilang legenda Bai Su Zhen yang di Hangzhou itu. Dan karena saya juga saya sudah pernah ke Hangzhou dan mengunjungi West Lake, saya bilang rasanya seperti kembali pulang ke rumah. LOL :)))

Selain itu, di Hangzhou juga ada Lingyin Temple, wihara Chan Buddhism yang berada di tengah 2 gunung yaitu puncak Gunung Feilai dan Beigao. Baca pengalaman saya jalan-jalan di Lingyin Temple, disini.

Lingyin Temple

Oh ya, sebagai tambahan info, Hangzhou ini merupakan pusat politik, ekonomi, kebudayaan dan transportasi di provinsi Zhejiang juga kota penghasil sutera terbesar di Tiongkok dan mempunyai sejarah lebih dari 1000 tahun dalam pengolahan teh. Marco Polo yang dahulu sempat singgah ke kota Hangzhou menyatakan bahwa, “Hangzhou adalah kota yang paling indah dan luar biasa di dunia.” Saya yakin kamu juga tau Jack Ma, pengusaha terkenal dan terkaya asal Tiongkok satu ini. Jack Ma itu berasal dari kota Hangzhou, provinsi Zhejiang. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang di adakan pada tahun 2016 lalu juga diadakan di Hangzhou. Kesemua ini menjadi bukti bahwa Hangzhou merupakan kota yang layak untuk dijadikan sebagai tempat wisata terbesar di seluruh Tiongkok.

2 COMMENTS

  1. Hai Jeane,
    salam kenal ya, saya mau nanya apakah kereta cepat Shanghai – SuZhou bisa beli di stasiun sono, atau harus beli online di Ctrip ? soalnya blon pasti/ Saya baru beli Beijing – Shanghai pake kereta cepat.
    Apakah di Cina masih mau terima cash ? meningat turis kan ga punya Alipay / Wechat, denger2 sihmereka terima tapi tidak punya kembalian (nasib de)
    and the last, saya jg baru sewa passpod, moga2 bisa lancar pakenya di Beijing n Shanghai. katanya tdk perlu connect VPN lagi. Buat jaga2 sih saya udah install
    Kalo bole minta no HP buat Whatsapp.
    Thanks ya Jeane

    • Hi Sebastian,
      Maaf baru balas ya. Kereta cepat Shanghai-Hangzhou bisa di stasiun sana kok, ga harus online 🙂 cuma kalau langsung disana kan tergantung ketersediaan nya aja. Di China dulu sih terima cash yaa, harusnya sekarang juga masih terima. Untuk Passpod, iya betul tidak perlu connect VPN lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here