10 Fakta dibawah ini ialah berdasarkan hasil pengamatan saya terhadap orang China. Sebetulnya masih banyak lagi fakta mengenai orang China, namun menurut saya ini yang paling unik 😀

1. Celana Bolong pada Bayi
Semua bayi di China pasti memakai celana yang bolong pada bagian bokong nya. Teman saya yang orang China lokal pun mengakui bahwa dulu saat ia masih kecil, ia memakai celana bolong tersebut. Katanya sih ini sudah biasa, tujuannya agar si bayi gampang buang air nya.

Source: dnews.com

2. Bulu Ketiak Lebat Wanita China
Nah, soal bulu ketiak saya rasa hampir semua wanita di dunia mau mencukur nya agar terlihat mempesona dan tidak jorok. Lain halnya dengan China, justru kalau di China itu kebalikannya. Menurut sebagian besar perempuan China, mempunyai bulu ketiak yang lebat itu justru jadi daya tariknya. Banyak wanita China yang cantik yang punya bulu ketiak lebat. Bahkan sampai ada kontes bulu ketiak wanita di China.

Source: okezone.com

3. Telanjang Perut Pria
Para pria di China, mostly sih om-om gitu yang punya perut buncit, mereka suka telanjang perut nya. Ini sih terutama saat musim panas di China. Karena panas jadi mereka telanjang di bagian perut nya saja. Katanya sih biar adem, kena angin-angin gitu perutnya.

Source: claude-c-kenni.blogspot.co.id

4. Jarang Mandi
Kalau kalian ke China saat musim dingin sih, kalian akan mencium aroma-aroma tak sedap dari orang China. Mereka itu tipe yang jarang mandi, terutama saat musim dingin. Ada yang mandi 2 hari 1x, bahkan ada juga yang 1 minggu 1x. Tergantung kota mana dulu nya sih, semakin utara semakin dingin, semakin dingin semakin jarang mandi :))

5. Toilet Jorok
Saya rasa semua orang sudah tau ya soal toilet jorok di China. Ya, toilet disana sih emang jorok banget, lebih jorok daripada di Indonesia. Saya sarankan sih kalian kalau mau ke WC mending cari hotel terdekat saja. Jangan ke toilet umum nya. Toilet umum disana itu mostly tidak ada pintu nya, di closet nya pun terdapat banyak “ranjau” nya. Ya begitulah, saya tidak usah menjelaskan secara detail lagi lah ya :))
Bahkan saya pernah ke restoran yang kelihatannya mewah, tapi toilet nya jorok banget.

Source: molon.de

6. Rajin
Orang China itu tipikal yang rajin dan pekerja keras bangeeett. Gak heran kalau mereka bisa maju seperti saat ini. Bayangkan, saat mereka sekolah saja, mereka sekolah mulai dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam lagi. Malamnya mereka masih harus mengerjakan PR dan yang lainnya. Waktu libur mereka juga biasanya dipakai untuk belajar di perpustakaan. Mereka mati-matian belajar untuk bisa lulus agar bisa cepat dapat kerja. Nah, saat kerja pun mereka masuk dari pagi sampai malam lagi, demi mengejar deadline. Mereka mati-matian kerja agar bisa cepat dipromosikan dan mendapat gaji yang lebih besar untuk menghidupi keluarga nya. Ada teman China saya yang berkata bahwa sekali nya kerja di sebuah perusahaan, itu artinya untuk selamanya. Oleh karena itu, banyak orang China yang saya temui yang sudah bekerja di sebuah perusahaan puluhan tahun dan bahkan mungkin memang untuk selamanya.

7. Nasionalisme Tinggi
Mereka tidak hanya rajin, namun juga mempunyai jiwa nasionalisme yang sangat tinggi. Di poin ini sebetulnya ada sisi positif dan negatif nya juga. Sisi positif nya ialah mereka bisa maju seperti saat ini karena jiwa nasionalisme mereka yang sangat tinggi itu. Mereka sangat cinta terhadap negaranya, sehingga rela bekerja mati-matian untuk memajukan negara nya tersebut. Perlu kita ketahui bahwa beberapa tahun silam, China termasuk negara miskin. Namun, coba kita lihat sekarang. Mengapa mereka bisa maju begitu pesat? Itu karena pola pikir dan didikan yang ditanamkan sejak saat masih kecil. Namun ada pula sisi negatifnya, yaitu mereka cenderung menolak hal-hal diluar negara mereka tersebut. Contohnya, Facebook, Twitter, Google, Instagram, semua itu diblok sama China. Mereka membuat “copy-an” dari produk luar tersebut dan “copy-an” tersebut harus dipakai oleh orang China sendiri. Salah satu contohnya ialah, Baidu, yang merupakan Google versi China.

8. Memakai Kacamata
Karena mereka orang yang rajin dan berdedikasi tinggi, tidak heran hampir semua orang China itu memakai kacamata. Ya, itu karena mereka belajar atau bekerja terus menerus. Melihat komputer atau membaca dari pagi sampai malam lagi.

9. 520
Orang China itu juga suka menyingkatkan kata. Sama seperti orang Indonesia, kita ada yang namanya “Bahasa SMS”. Nah, cara mereka untuk menyingkatkan kata ialah dengan memakai angka-angka, atau sebutan nya “kode”. Contohnya ialah “520” yang artinya ialah “I love you”. Mengapa 520? Karena cara pengucapan 520 itu mirip dengan “Wo ai ni 我爱你”. Dalam bahasa mandarin, 5 (Wu) 2 (Er) 0 (Ling). Bahasa Mandarin juga ialah bahasa yang memakai tone/nada dalam cara pengucapannya. Dari pronouncation dan nada nya itu, 520 mirip dengan “Wo ai ni”. Makanya jangan heran ketika tanggal 20 Mei, orang China suka bilang 520. Tidak hanya 520 saja, 521 juga bisa diartikan sebagai “I love you”. Selain 520 dan 521, ada banyak kode-kode lainnya. Contoh lainnya, “1314921” yang artinya “Love you for a lifetime”, “360” yang artinya “Miss you”, dll.

520 I love you!
520 I love you!

10. Nada Bicara Keras
Nah, yang satu ini juga pasti kalian sudah tau ya. Orang China terkenal suka bicara dengan nada keras. Ya, ada sebagian orang nada bicara nya keras namun bukan berarti dia sedang marah. Sama seperti orang Batak di Indonesia. Nada bicara nya juga agak keras, bukan? China juga sama, biasanya orang China bagian utara yang nada bicara keras. Kalau China selatan biasanya lebih lembut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here